Berita Smartphone

UFS 3.1 Sudah Diumumkan, IQOO 3 Akan Jadi Smartphone Pertama yang Menggunakannya?

IQOO 3 UFS 3.1 Header

Gadgetren – Smartphone gaming IQOO 3 akan segera meluncur bulan Februari 2020 ini. Smartphone tersebut tampaknya akan hadir sebagai smartphone pertama dengan teknologi penyimpanan UFS 3.1.

Akun resmi IQOO Phone sendiri yang mengungkapkan bahwa mereka akan membawa teknologi penyimpanan terbaru itu. Di dalam halaman Weibo, mereka menggoda pengguna lain dengan kalimat “UFS 3.1 sangat cepat digunakan, sampai jumpa di bulan Februari!”

UFS 3.1 merupakan standar baru teknologi penyimpanan sebagai bentuk peningkatan dari teknologi penyimpanan UFS 3.0 yang diumumkan pada tahun 2019 kemarin.

Teknologi penyimpanan UFS 3.1 menariknya baru diperkenalkan pada minggu kemarin oleh JEDEC Solid State Technology Association selaku penanggung jawab pengembangan standar industri mikroelektronika.

Secara teknis, teknologi penyimpanan baru ini memang tidak membawa kecepatan transfer data maksimal yang lebih tinggi daripada UFS 3.0. Namun berdasarkan keterangan Gizmochina, kemampuannya secara nyata bisa lebih cepat karena beberapa keuntungan baru yang dibawanya.

Seperti yang dilaporkan oleh Gizmochina, salah satunya adalah SLC non-volatile cache yang memungkinkan UFS 3.1 bisa menulis data dengan lebih cepat sehingga memiliki kemampuan yang diklaim mendekati teknologi penyimpanan SSD.

Jika melihat pengumuman yang begitu berdekatan, IQOO 3 kemungkinan bakal menjadi smartphone pertama yang menggunakan teknologi penyimpanan terbaru ini dimana sebelumnya OnePlus 7 menjadi yang pertama mengandalkan UFS 3.0 pada tahun 2019 lalu.

Secara teori, smartphone gaming vivo ini akan memiliki kemampuan yang lebih unggul dibandingkan smartphone flagship dengan Snapdragon 865 lainnya yang masih menggunakan solusi penyimpanan UFS 3.0.

Berdasarkan bocoran lain yang berasal dari TENAA, IQOO 3 sendiri kemungkinan akan membawa serangkaian fitur dan spesifikasi unggulan selayaknya smartphone flagship pada umumnya.

Smartphone ini kabarnya akan membawa layar OLED 6,44 inci FHD+, RAM hingga 12 GB, kapasitas penyimpanan hingga 256 GB, kamera utama 64 MP + sudut lebar 13 MP + telephoto 13 MP + kedalaman 2 MP, kamera depan 16 MP, dan baterai 4.370mAh lengkap dengan teknologi pengisian cepat 55 Watt.

Sementara untuk membuatnya semakin lengkap, smartphone khusus gaming ini juga dikabarkan akan mengemas sistem operasi terbaru Android 10. Kehadiran IQOO 3 sepertinya akan membuat segmen smartphone gaming kian menjadi lebih panas karena mulai banyak yang menawarkan performa setinggi mungkin.

Tinggalkan Komentar