ASUS TUF Gaming F15
Berita Laptop / PC

Di Balik Layar Proses Produksi Laptop Karya Anak Bangsa, Axioo

Axioo Pabrik - Feature

Gadgetren – PT. Tera Data Indonusa Tbk yang menaungi merek laptop Axioo serta memori Visipro mengajak tim Gadgetren untuk menghadiri rangkaian acara dari mengunjungi Pabrik dan Axioo Platinum Cara di Jakarta sekaligus melihat Axioo Class Program di Kuningan dan Axioo Creator Hub di Bandung.

Sebelum memulai rangkaian tersebut, Sugiyanto Sutikno selaku President Commisioner PT Tera Data Indonesia Tbk, turut memberikan sambutan sekaligus menceritakan kiprah perusahaan tersebut selama 33 tahun berdiri sejak tahun 1991.

Sugiyanto mengungkapkan bahwa pada 33 tahun silam, cikal bakal dari Tera Data Indonusa ini merupakan perusahaan software. Hal ini disebabkan oleh semua founder atau pendirinya yang memiliki latar belakang sebagai programmer.

Awalnya perusahaan ini dibangun dengan apapun yang mengandung layanan teknologi, termasuk operasionalnya di mana keseluruhannya tim kembangkan sendiri.

Axioo Pabrik - President Commisioner

“Pada tahun 1993, perusahaan akhirnya memulai kiprahnya dalam mendistribusikan hardware. Selanjutnya perkembangannya pun terus terjadi hingga pada tahun 1997 meluncurkan produk perdananya yang terdiri dari RAM (memori) dan SSD di bawah merek Visipro,” tambah Sugiyanto.

Sugiyanto pun menuturkan bahwa pada tahun 1998, perusahaannya ditunjuk menjadi salah satu distributor Intel. Kemudian pada tahun 2004, barulah mendirikan brand Axioo dengan produk utamanya yang terdiri dari laptop dan PC.

Pada tahun 2018, Sugiyanto beserta timnya resmi pindah ke gedung baru di Cakung, Jakarta Timur yang mampu menampung banyak orang.

“Sebelumnya, lokasi untuk sales, manajemen, dan gudang perusahaan berbeda-beda. Namun memasuki tahun 2018, semuanya bersatu di Gedung Cakung yang juga termasuk RnD (Research & Development) dan Pabrik,” imbuh Sugiyanto.

Berkat pertumbuhan perusahaan yang signifikan, Sugiyanto mengatakan bahwa pada tahun 2022 diciptakan PT Tera Data Indonusa Tbk. Kini mimpi perusahaan pada tahun 2024 menjadikan Axioo menjadi PC Brand nomor 1 di Indonesia.

Axioo Pabrik - Ekosistem

Tidak hanya produk memori dan laptop saja, PT Tera Data Indonusa Tbk pun telah bersaing dengan menghadirkan beragam produk, mulai dari Drone, solusi robotika untuk pendidikan, server, PC Desktop, dam notebook komersial. Bahkan kini terdapat Axioo Ecosystem dengan berbagai macam solusi yang telah terintegrasi dengan partner-partner PT Tera Data Indonusa Tbk.

Kini PT Tera Data Indonusa Tbk sudah mempunyai dua merek laptop, yakni Axioo dan Pongo, yang bersaing di jajaran laptop merek luar. Pada awal tahun 2024, perusahaan melalui merek Axioo meluncurkan Axioo Hype Series yang mengusung tema desain Hype Up Your Life dan tersedia dalam 6 varian sekaligus dengan kelebihannya tersendiri.

Menurut pihak PT Tera Data Indonusa Tbk, beberapa seri produk Hype dikeluarkan secara bersamaan untuk menjawab kebutuhan masyarakat akan laptop yang dirancang dengan desain terkini dan performa menarik di kelasnya, namun dengan harga yang kompetitif.

Sementara seri pada tahun 2024 ini, beberapa seri laptop Pongo telah dirilis di Indonesia untuk menjawab kebutuhan para gamer, kreator konten, dan pekerja kreatif. Pongo hadir dengan desain yang kekinian, performa yang bertenaga, dan harganya yang bersaing.

Timmy Theopelus selaku Vice President Business Development & Strategic Partnership PT Tera Data Indonusa Tbk menuturkan bahwa Axioo dan Pongo ke depannya akan terus mengeluarkan jajaran produk baru sesuai dengan kebutuhan pasar. Kedua merek tersebut diharapkan menjadi pilihan terbaik untuk anak muda, pekerja profesional,dan gamer untuk dapat meningkatkan produktivitas sehari-hari.

“Kami optimis dengan beberapa seri Axioo dan Pongo yang diluncurkan akan dapat menggarap pasar yang lebih luas lagi karena didukung oleh inovasi terbaru, harga terjangkau, dan layanan purna jual yang optimal, tambah Timmy.

Bagian paling menariknya, tim Gadgetren diajak oleh PT Tera Data Indonusa Tbk untuk memasuki pabrik pembuatan laptop maupun PC Axioo yang berada di kawasan Cakung Barat, Cakung, Jakarta Timur.

Axioo Pabrik - Produksi

Sebelum memasuki pabrik, kami diminta untuk memenuhi beberapa aturan yang berlaku agar tidak mengganggu jalannya produksi. Awalnya kami diajak untuk menyaksikan proses produksi yang sedang berjalan, yakni laptop Axioo MyBook Hype 1.

Pada lini produksi Axioo MyBook Hype 1 ini terdapat operator yang bertugas pada setiap pos mulai dari perakitan hardware, pemberian sistem operasi, perakitan layar, Quailty Control untuk menjaga kualitas, hingga proses paling terakhir terdapat pada QA (Quality Assurance) Area yang melakukan tes tahap akhir selama 6 jam dengan sekitar 20% sampel unit dari 1 batch produksi setiap harinya.

Menariknya Axioo mampu memproduksi 25 unit hingga 40 unit laptop maupun PC All-in One setiap jamnya, tergantung dari seri yang diproduksi dan permintaan saat itu. Dengan beberapa lini produksi, diperkirakan antara 1.600 hingga 2.000 unit dapat diproduksi setiap harinya.

Axioo Pabrik - QA Tes 6 Jam

PT Tera Data Indonusa Tbk sendiri menerapkan beberapa kali tes ketika produksi laptop maupun PC Axioo, dimana pertama terdapat tes hardware serta software pada saat proses perakitan berlangsung. Sementara tes keduanya dilakukan pada bagian QA (Quality Assurance) yang dilakukan lebih terperinci lagi dengan waktu 6 jam.

Bahkan pada ruangan yang sama, terdapat juga lini produksi khusus yang didedikasi untuk pembelian laptop atau PC dengan jumlah sedikit agar produksinya menjadi cepat karena salah satunya untuk diberikan kepada pembeli yang melakukan pemesanan laptop atau produk lainnya pada Official Store Axioo di e-commerce atau toko online.

Dengan adanya lini produksi khusus ini, membuat laptop dapat dikirimkan ke pembeli menjadi lebih cepat. Namun tentunya, proses rangkaian produksi dari awal hingga akhir tetap dijaga kualitasnya oleh perusahaan agar laptop maupun produk yang sampai ke tangan pembeli berkualitas bagus.

Axioo Pabrik - Service Center

Untuk menghadirkan layanan After Sale terbaik kepada penggunanya, kini Axioo telah mempunyai 177 titik Service Point yang tersebar di seluruh Indonesai dan ini menjadikan Axioo sebagai salah satu yang mempunyai jaringan service point terluas di Indonesia.

Axioo akan terus menambah jaringan service point di seluruh pelosok Indonesai agar dapat lebih banyak menjangkau dan melayani pelanggan lebih baik lagi.

Bambang Sugiarto selaku Service manager PT Tera Data Indonesia Tbk mengatakan bahwa melihat antusiasme masyarakat terhadap produk Axioo, maka perusahaannya berkomitmen untuk memberikan pelayanan terbaik melalui Axioo Care Platinum Center.

“Axioo Care Platinum Center ini memiliki kelebihan layanan Same Day Service yang memungkinkan pelanggan dapat memperbaiki notebook dalam rentang waktu kurang dari 6 jam. Apabila lewat dari 6 jam, maka perusahaan akan meminjamkan unit pengganti sementara untuk dapat digunakan dahulu oleh pelanggan. Hal ini dilakukan untuk memastikan kepuasan dari pelanggan Axioo,” tambah Bambang.

Tentang penulis

Adhitya W. P.

Penulis pertama di Gadgetren yang biasa dikenal dengan Agan Adhit. Pengalaman belasan tahun menulis membuatnya hafal berbagai keunggulan dan kelemahan produk teknologi terutama handphone.

Tinggalkan Komentar