ASUS Zenbook 14 OLED UM3406
Smartphone

8 Kelebihan dan Kekurangan realme C63, Layak Dipertimbangkan!

Kelebihan dan Kekurangan realme C63 - Header

Gadgetren – Ikut meramaikan pasar entri, perangkat realme C63 mempunyai berbagai keunggulan yang membuatnya cukup layak untuk dipertimbangkan saat kita memerlukan sebuah ponsel baru.

Perangkat baru dari realme tersebut memungkinkan kita menjalani rutinitas dengan lebih tenang. Spesifikasi dan fitur yang dibawanya sudah cukup mumpuni untuk mengerjakan berbagai macam aktivitas sehari-hari.

Banderol harga realme C63 juga ramah di kantong. Dengan berbagai macam kelebihannya, varian terendah dari perangkat tersebut sudah dapat dibawa pulang ke rumah dengan mengeluarkan dana mulai dari Rp1.999.000.

Kelebihan realme C63

1. Pengisi Daya Sangat Cepat di Kelasnya

Meskipun dibanderol dengan kisaran harga Rp2 juta, realme C63 menariknya dilengkapi dengan fitur pengisian daya yang sangat cepat. Perangkat tersebut bahkan mempunyai dukungan yang lebih baik jika dibandingkan ponsel-ponsel sekelasnya.

Saat kebanyakan ponsel di kelasnya masih mengandalkan pengisian 18W, realme C63 sudah menggunakan teknologi 45W Fast Charge. Dukungan ini memungkinkan perangkat melakukan panggilan hingga 1 jam hanya dengan mengisi baterai selama 1 menit.

Yang cukup menarik, pengisian cepat yang ditawarkan oleh realme C63 diklaim bisa digunakan dengan sangat aman. Pihak realme menyematkan hingga 38 jenis perlindungan dengan sistem yang telah memenuhi standar keamanan tinggi dari TÜV Rheinland.

2. Baterai Besar

Teknologi pengisian cepat realme C63 tentu bisa sangat membantu pengguna karena perangkat mempunyai baterai berkapasitas besar. Apabila hanya memakai teknologi standar, kita mungkin memerlukan waktu yang sangat lama untuk mengisi daya.

Sektor baterai di sisi lain juga menjadi salah satu keunggulan utama realme C63. Perangkat tersebut mempunyai kapasitas penyimpanan daya 5.000mAh yang diklaim dapat bertahan hingga selama 38 hari dalam mode siaga.

Untuk pemakaian intensif, baterai realme C63 juga sangat bisa diandalkan. Kapasitasnya sudah cukup untuk menonton video selama 17,4 jam, melakukan panggilan telepon selama 34 jam, atau memutar musik selama 91,4 jam.

3. Desain Mewah dan Tahan Banting

Sama seperti berbagai ponsel masa kini, realme C63 juga membawa desain yang terlihat menggoda. Perangkat kelas entri tersebut mempunyai bodi sangat tipis dengan balutan penutup belakang yang premium.

Varian Leather Blue dari perangkat tersebut bahkan secara khusus sudah menggunakan desain kulit vegan premium yang diklaim sangat lembut, tahan lama, dan tidak mudah kotor. Sudah cukup untuk membuat bodi perangkat terasa mewah.

Kelebihan dan Kekurangan realme C63 - 1

Menambah kemewahan dari material dan desain bodi realme C63, Pihak realme juga sudah menyematkan fitur tahan percikan air dan debu untuk pemakaian yang lebih nyaman. Mereka secara khusus telah menggunakan IP54.

Selain sertifikasi IP54, realme C63 juga diklaim sudah berhasil melewati berbagai macam pengujian ketat seperti pemakaian dalam suhu dan kelembaban tinggi hingga selama 14 hari. Perangkat tersebut juga mampu bertahan tanpa cacat terlihat setelah diuji dengan pelat tranit.

4. Konfigurasi Memori Mumpuni

Pada bagian mesinnya, perangkat tersebut juga sudah membawa memori yang sangat mumpuni. Pihak realme sudah menggunakan RAM dan media penyimpanan internal berkapasitas besar yang cukup untuk menangani berbagai kebutuhan di masa sekarang.

Di Indonesia, perangkat realme C63 mempunyai varian dengan konfigurasi RAM yang bisa dipilih antara 6GB atau 8GB. Terdapat opsi untuk mengekspansinya dengan teknologi DRE (Dynamic RAM Expansion) jika masih terasa kurang.

Sementara untuk media penyimpanannya, perangkat tersebut tersedia dalan varian berkapasitas sebesar 128GB. Kita pun dapat menambahkan kartu MicroSD apabila masih memerlukan lebih banyak ruang untuk menyimpan data.

Dengan konfigurasi memori yang besar, realme C63 pun bisa digunakan dengan lancar untuk menangani berbagai macam tugas. Pengoptimalan peranti keras dan lunak yang diterapkan Pihak realme menjamin perangkat bisa dipakai seperti ponsel baru hingga selama 48 bulan.

5. Animasi Layar Tinggi

Meluncur di kelas entri, realme C63 sudah dilengkapi dengan layar beranimasi tinggi. Perangkat tersebut mampu menampilkan berbagai konten mulai dari video hingga game dengan pergerakan gambar yang terlihat lebih halus.

Layar perangkat tersebut sudah dapat menangani refresh rate hingga 90Hz. Jadi, secara teori sudah bisa mendukung pengaturan animasi tinggi yang ditawarkan oleh berbagai judul game maupun tayangan video.

6. Bawa Sejumlah Fitur Pendukung yang Menarik

realme C63 juga dilengkapi dengan sejumlah fitur pendukung yang dapat meningkatkan pengalaman pemakaian para pengguna. Sebagian di antaranya pun terlihat cukup menarik untuk dipertimbangkan.

Salah satunya, perangkat tersebut sudah menggunakan dukungan NFC 360 derajat. Memungkinkan kita menghubungkan kartu e-money atau aksesori yang mendukung dari bagian depan, belakang, maupun sisi-sisi sampingnya.

Terdapat juga fitur Speaker UltraBoom. Dengan menggabung peranti keras speaker ultra-linear dan algoritma suara khusus, kita dapat menjadikan realme C63 sebagai speaker portable dengan tingkat volume hingga 200 persen.

Mengikuti jejak pendahulunya, realme C63 juga mengemas fitur Mini Capsule. Perangkat tersebut secara khusus menggunakan versi 2.0 yang membawa peningkatan fungsionalitas dan fungsi baru untuk berinteraksi dengan notifikasi.

Kelebihan dan Kekurangan realme C63 - 2

Bersama fitur tahan percikan air dan debu miliknya, realme C63 juga mengemas Rainwater Smart Touch. Dukungan ini memungkinkan kita mengoperasikan perangkat dengan nyaman meskipun tangan atau layar sedang basah.

Kekurangan realme C63

1. Layar Masih HD

Sayang dengan berbagai keunggulan yang dimilikinya, realme C63 bukan perangkat yang benar-benar sempurna. Ponsel kelas entri tersebut masih membawa sejumlah kekurangan yang sebenarnya cukup wajar jika melihat banderol harganya.

Dari berbagai kekurangan yang perlu diperhatikan, bagian layar menjadi salah satu di antaranya. Panel perangkat tersebut soalnya hanya mendukung tampilan dengan resolusi gambar hingga HD+ (1600 x 720 piksel).

Dukungan ini tergolong cukup rendah jika melihat banderol harganya. Kebanyakan perangkat dengan harga kisaran Rp2 juta umumnya sudah mendukung layar Full HD+ yang mampu menampilkan gambar dengan lebih baik.

2. Chipset Bisa Lebih Baik

Dapur pacu realme C63 juga di bawah kebanyakan ponsel di kelasnya. Perangkat tersebut masih menggunakan chipset Unisoc T612 yang menggunakan perpaduan ARM Cortex-A75 dan Cortex-A55 berkecepatan hingga 1,8Ghz dengan manufaktur 12nm.

Chipset realme C63 ini memang masih cukup bisa diandalkan untuk pemakaian sekarang. Namun, bakalan kalah bertenaga jika dibandingkan dengan chipset-chipset yang mempersenjatai perangkat Rp2 jutaan lainnya.

ASUS Zenfone 11 Ultra

Tentang penulis

Sukindar

Penulis Gadgetren yang aktif membuat konten tentang panduan teknologi mulai dari cara menggunakan hingga membahas istilah-istilah khusus di dalamnya.

Tinggalkan Komentar