ASUS Zenbook 14 OLED UM3406
Aplikasi Berita

Google Dorong Pemanfaatan AI untuk Kemajuan Indonesia di Era Digital

Google Dorong Pemanfaatan AI untuk Kemajuan Indonesia di Era Digital

Gadgetren – Sejalan dengan gencarnya adopsi teknologi AI, Google Indonesia dalam ajang Google AI untuk Indonesia Emas 2045 memperkenalkan program-programnya yang telah maupun sedang berjalan dalam memperkuat kehadiran dan penggunaan kecerdasan buatan (AI) di Indonesia.

Google AI untuk Indonesia Emas 2045 merupakan inisiatif dari Google yang berupaya untuk mendukung pertumbuhan ekonomi dan peningkatan kesejahteraan masyarakat khususnya di tengah gempuran era digital.

Dengan mengadopsi teknologi AI, Google membawa pemanfaatan AI untuk pengembangan untuk berbagai sektor di Indonesia seperti kesehatan untuk semua, pendidikan yang merata, ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK), inovasi, dan produktivitas ekonomi, penerapan ekonomi hijau, transformasi digital, serta perkotaan dan pedesaan sebagai pusat pertumbuhan ekonomi.

Kemudian tak ketinggalan Google juga melalui inisiatif ini berupaya untuk melakukan investasi AI pada sektor infrastruktur untuk Cloud First guna mendorong penggunaan AI, modernisasi sistem data Indonesia menuju era AI, dan lainnya.

Pada sektor pendidikan, Google AI telah melaksanakan pelatihan pengenalan AI melalui program Gemini Academy yang ditujukan untuk para pengajar. Para pengajar diberikan 10 modul yang mudah dipelajari untuk memudahkan mereka membuat beragam perencanaan pembelajaran dengan bantuan AI seperti untuk rancangan pembelajaran kelas dan lainnya.

Gemini Academy diketahui pertama kali hadir di Indonesia dan telah melakukan pelatihan kepada 7000 guru. Kini pelatihan Gemini Academy tahun 2024 dibuka kembali mulai tanggal 13, 20, 27 Juli 2024 dan 3 dan 10 Agustus 2024.

Peserta pelatihan harus mendaftar terlebih dahulu melalui s.id/geminiacademy2024 dan seleksi akan ditutup pada tanggal 1 Juli 2024. Pengumuman peserta akan dilaksanakan pada tanggal 8 Juli 2024. Selain mendapatkan pelatihan intensif dan modul Gemini Academy, para peserta juga akan mendapatkan sertifikat partisipasi Gemini Academy 32 jam dan kesempatan berkolaborasi dengan komunitas belajar.id.

Gemini-AI.

Diharapkan Gemini Academy dapat memenuhi kebutuhan Guru untuk membangun literasi AI, mengetahui cara penggunaan Gemini dan alat AI lainnya dengan aman, menjelajahi peluang dan tantangan untuk menghubungkan AI dengan pendidikan sehingga mereka dapat mengembangkan keterampilan yang diperlukan dalam bidang ini.

Sebagai informasi, Gemini adalah model AI generatif yang dikembangkan Google yang dapat menjawab beragam pertanyaan maupun perintah pengguna dari prompt teks. Gemini dapat membantu pengguna untuk menulis, merencanakan sesuatu, belajar dan masih banyak lagi.

Dalam acara Google AI untuk Indonesia Emas, Google juga memperkenalkan dua platform yang lolos dalam program Bangkit Academy tahun 2023 yakni aplikasi pencarian destinasi wisata dan traveling bernama  Wisnu dan Go Dentist, aplikasi cerdas layanan kesehatan gigi.

Wisnu-AI

Kedua aplikasi buatan anak Bangsa ini sudah didukung teknologi AI. Aplikasi Wisnu mengandalkan AI untuk rekomendasi destinasi wisata yang unik di kota tertentu dengan Wisnu AI. Selain itu juga menyediakan tempat kuliner dan atraksi lainnya.

Sedangkan Go Dentist membantu pengguna dapat mendeteksi kesehatan gigi mereka dengan bantuan AI dengan hanya memotret area gigi depan, rahang atas dan bawah. Setelah itu Go Dentist akan memberikan perawatan yang diharuskan dan rekomendasi dokter Gigi untuk konsultasi via chat lebih jauh. Pembayaran konsultasi juga dilakukan secara online dengan metode Virtual Account.

periksa-Gigi-AI-Go-Dentist-.

Program Bangkit Academy sebelumnya dirilis pada tahun 2021 oleh Google, Gojek, Tokopedia, dan Traveloka. Ini adalah program pelatihan teknologi yang bertujuan untuk meningkatkan keterampilan teknis dan mempersiapkan peserta untuk karir di bidang teknologi.

Program ini mencakup berbagai topik, termasuk rekayasa perangkat lunak, sains data, kecerdasan buatan, dan pengembangan aplikasi. Peserta yang berhasil menyelesaikan program ini memiliki kesempatan untuk mendapatkan kesempatan kerja atau magang di perusahaan mitra program.

 diskusi-Google-Indonesia-untuk-Indonesia-Emas

Disamping program-program di atas, Google AI untuk Indonesia Emas tahun 2045 telah melatih 200.000 developer dan game developer, pemberdayaan lebih dari 800.000 UMKM lokal perempuan di Indonesia dalam program Google Gapura Digital X Women Will, melatih lebih dari 3800 kanal edukasi  sejak tahun 2020 dan masih banyak lagi.

Tujuan dari program Google AI untuk Indonesia Emas 2045 ini untuk mempercepat adopsi dan pengembangan teknologi AI di Indonesia, sehingga negara tersebut dapat memanfaatkan potensi penuhnya dalam menghadapi tantangan dan peluang di era digital.

Tentang penulis

Ageng Wuri

Reporter Gadgetren yang aktif menulis seputar berita terbaru di dunia smartphone, tablet, IoT, laptop, hingga peralatan elektronik rumahan.

Tinggalkan Komentar