ASUS Zenbook 14 OLED UM3406
Berita Laptop / PC

Bisa Bantu Cari Strategi Bermain Game, NVIDIA Perkenalkan Project G-Assist

Bisa Bantu Cari Strategi Bermain Game, NVIDIA Perkenalkan Project G-Assist

Gadgetren – Dalam ajang pameran teknologi tahunan Taiwan, Computex 2024, NVIDIA telah memperkenalkan teknologi barunya yang bernama Project G-Assist.

Teknologi baru ini akan dihadirkan dalam GPU kartu grafis seri RTX 40 dalam bentuk teknologi akselerasi Artificial Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan yang dapat mengoptimalkan permainan dan aplikasi di komputer.

Tujuan Project G-Assist ini adalah untuk memberikan kecanggihan AI dalam game PC sehingga pemain dapat berinteraksi dengan permainannya melalui akses instan ke pengetahuan tentang permainan dan sistem.

Dengan memanfaatkan teknologi AI, pemain hanya perlu bertanya tentang kinerja permainan atau sistem mereka dan secara instan akan menerima jawaban yang relevan secara kontekstual serta lengkap.

Adapun cara kerja dari Project G-Assist menggunakan AI untuk memproses input suara atau teks dari pengguna. Selain itu pemain juga bisa mengunggah tangkapan layar atau screenshot dari jendela permainan mereka.

Semua input tersebut kemudian dimasukkan ke dalam model AI khusus, yang terhubung ke basis data pengetahuan permainan. Hasilnya adalah respon yang dipersonalisasi dan berwawasan, baik dalam bentuk teks maupun ucapan, berdasarkan konteks permainan yang sedang berlangsung.

Model bahasa Project G-Assist ini dapat disesuaikan oleh pengembang untuk permainan atau aplikasi tertentu sehingga dapat dihasilkan lebih akurat.

Model AI ini dapat dijalankan di cloud atau dipercepat secara lokal oleh PC dan laptop yang dilengkapi dengan GeForce RTX AI.

 project-g-assist-ark-survival-ascended-spend-skill-points.

Untuk memperkenalkan Project G-Assist, NVIDIA juga berkolaborasi dengan Studio Wildcard menggunakan game ARK: Survival Ascended. Game ini merupakan permainan bertahan hidup dengan dunia terbuka bersama dinosaurus yang dikembangkan oleh Unreal Engine 5.

Dengan mengaktifkan asisten AI pada game ini, pemain dapat menerima bantuan dengan pertanyaan umum tentang misi, item, pengetahuan, atau bos yang menantang.  Asisten AI dapat menyarankan apakah dinosaurus di layar harus dihindari atau didekati dengan cara yang berbeda.

Selain itu, asisten AI dapat menyesuaikan rekomendasinya berdasarkan permainan pengguna, menganalisis poin keterampilan, menu kerajinan, dan cetakan yang terkunci. Ini dapat menyarankan langkah selanjutnya untuk membantu pemain menaklukkan area dan musuh yang lebih tinggi.

Di samping dapat memberikan kemudahan untuk pencarian berbagai item dalam game dan strategi, asisten AI  dapat membantu pemain untuk mengoptimalkan sistem dan pengaturan PC dalam permainan sehingga dapat menikmati gameplay yang mulus dan maksimal.

 project-g-assist-overclocking

Untuk penyetelan performa, asisten AI dapat mengevaluasi konfigurasi dan performa PC GeForce RTX yang menjalankan permainan. Sebagai contoh seperti Cyberpunk 2077 yang menggunakan asisten AI melalui perintah sederhana dapat mengevaluasi konfigurasi dan performa sistem dan langsung menyetelnya untuk mendapatkan pengalaman yang optimal.

Pemain dapat mengaktifkan penyetelan performa untuk menerapkan overclock GPU yang aman,  mengaktifkan NVIDIA Reflex untuk mengurangi latensi sistem agar game lebih responsif, dan masih banyak lagi.

Kemudian untuk penyetelan performa, asisten AI dapat melacak dan membuat grafik frame rate, penggunaan daya, latensi PC, dan statistik perangkat keras lainnya. Asisten AI dapat secara cerdas  menemukan cara untuk meningkatkan kinerja per watt seperti menurunkan voltase GPU secara dinamis dengan tetap memperhatikan target frame rate.

Asisten AI juga dapat memindai sistem untuk melihat apakah ada sesuatu yang tidak beres, seperti tidak memanfaatkan resolusi layar, kecepatan refresh, atau kemampuan lainnya, termasuk HDR dan G-SYNC.

project-g-assist-display-settings

Bagi pemain baru asisten AI terbantukan untuk mendapatkan penjelasan yang komprehensif terkait beberapa istilah dalam game seperti perbedaan antara DLAA dan DLSS, Mode Latensi Ultra Rendah di Panel Kontrol NVIDIA dan NVIDIA Reflex dalam game.

Pelibatan asisten AI pada game dan aplikasi khususnya untuk PC ini akan menjadi temuan baru dan juga akan memudahkan serta meningkatkan pengalaman bermain pemain terutama untuk memenangkan sebuah game maupun untuk meningkatkan alur kerja kreatif yang kompleks dalam aplikasi foto atau video.

Tentang penulis

Ageng Wuri

Reporter Gadgetren yang aktif menulis seputar berita terbaru di dunia smartphone, tablet, IoT, laptop, hingga peralatan elektronik rumahan.

Tinggalkan Komentar