ASUS TUF Gaming F15
Aplikasi Berita

Google Segera Sematkan Teknologi Deteksi Telepon Penipuan di Handphone Android

Google Segera Sematkan Teknologi Deteksi Telepon Penipuan di Handphone Android

Gadgetren – Selain membawa model video AI generatif melalui Veo, Google dalam konferensi developer I/O 2024 juga turut memberikan sejumlah pembaruan fitur-fitur pada penggunaan perangkat Android.

Salah satunya ialah pemberitahuan indikasi penipuan atau SPAM ketika ada panggilan telepon masuk. Pembaruan ini dihadirkan melalui asisten baru AI generatif khusus Android bernama Gemini.

Melalui keterangan resmi Google, Gemini akan menyediakan fitur-fitur yang memungkinkan pengguna lebih kreatif dan produktif terutama dalam memahami konteks dari apa yang ada di layar dan aplikasi yang sedang digunakan.

Lebih jauh, fitur pendeteksi panggilan penipuan yang akan hadir di perangkat Android dikembangkan berdasarkan pengembangan Gemini Nano. Dengan Gemini Nano, Google ingin menghadirkan pengalaman pengguna menggunakan perangkat untuk membantu menyelesaikan tugas dengan cepat sekaligus dapat menjaga kerahasiaan informasi mereka.

Dalam penerapannya, Gemini Nano membuat ponsel memiliki beragam kemampuan seperti dapat memproses input teks tetapi juga bisa memahami lebih banyak informasi dalam konteks seperti cara pangan, suara dan bahasa lisan.

Adanya fitur ini pun tak begitu saja hadir. Disebut-sebut dalam 12 bulan disebut terakhir telah terjadi penipuan yang menyebabkan pengguna handphone kehilangan lebih dari $1 triliun karena hal tersebut.

Jika ada panggilan masuk yang terdeteksi penipuan dengan tanda percakapan permintaan dana, pembayaran kartu hadiah, meminta informasi PIN atau kata sandi maka pengguna akan menerima peringatan.

Hal tersebut dikarenakan permintaan yang tidak biasa dilakukan oleh bank sehingga perangkat mendeteksi untuk segera memberikan perlindungan sehingga pengguna tidak terjerat dari kerugian finansial dan sekaligus menjaga percakapan terkait data pribadi.

Sementara di layar akan menampakkan kotak merah sebagai petunjuk peringatan deteksi penipuan dengan teks bertuliskan ‘Kemungkinan Penipuan, Bank tidak akan pernah meminta Anda untuk memindahkan uang Anda untuk menjaganya tetap aman.”¬†Kemudian pengguna harus memilih tombol ‘Abaikan & Lanjutkan” atau “Akhiri Panggilan”.

Tentang penulis

Ageng Wuri

Reporter Gadgetren yang aktif menulis seputar berita terbaru di dunia smartphone, tablet, IoT, laptop, hingga peralatan elektronik rumahan.

Tinggalkan Komentar