ASUS TUF Gaming FX507
Tekno

Apa Fungsi Mode Pesawat? Ini Penjelasannya!

Apa Fungsi Mode Pesawat - Header

Gadgetren – Kita umumnya akan menemukan sebuah dukungan bawaan bernama mode pesawat atau airplane mode pada berbagai macam perangkat seluler mulai dari ponsel, tablet, hingga laptop.

Sesuai dengan namanya, mode khusus ini memungkinkan kita bepergian menggunakan pesawat secara lebih aman. Kita tidak perlu khawatir ponsel, tablet, maupun laptop akan mengganggu jalannya penerbangan.

Meskipun awalnya dirancang untuk keamanan penerbangan, mode pesawat menariknya kini bisa difungsikan untuk melakukan sejumlah hal. Termasuk di antaranya untuk mengatasi sejumlah masalah yang muncul di dalam perangkat.

Apa Fungsi Mode Pesawat?

Bagi kamu yang belum tahu, mode pesawat merupakan sebuah dukungan yang memungkinkan kita menonaktifkan berbagai fitur nirkabel di dalam sebuah perangkat. Kadang-kadang disebut juga dengan aeroplane mode, flight mode, offline mode, atau standalone mode.

Fitur ini secara khusus akan mematikan teknologi transmisi sinyal radio milik perangkat yang mana dapat memengaruhi berbagai macam peralatan di pesawat. Termasuk di antaranya meliputi Bluetooth, Wi-Fi, maupun jaringan seluler.

Saat mengaktifkan mode pesawat, perangkat terkait akan kehilangan fungsi-fungsi nirkabel tersebut. Kita nanti makanya tidak akan dapat memakai fitur-fitur seperti menelepon, mengirim atau menerima pesan SMS, hingga mengakses sambungan internet.

Perlu dicatat bahwa kita tetap bisa menyalakan satu per satu fungsi Bluetooth, Wi-Fi, maupun jaringan seluler secara manual saat mode pesawat diaktifkan. Contohnya mengaktifkan Wi-Fi untuk mengakses sambungan internet pesawat yang disediakan maskapai penerbangan.

Selain untuk menempuh penerbangan dengan lebih aman, mode pesawat kini bisa difungsikan untuk melakukan sejumlah hal. Adapun sebagian di antaranya adalah sebagai berikut:

1. Menyegarkan Jaringan

Kita salah satunya dapat memanfaatkan mode pesawat untuk mengatasi masalah sambungan di dalam perangkat. Dukungan tersebut dapat dipakai untuk menyegarkan jaringan seluler, Wi-Fi, maupun Bluetooth agar koneksi kembali lancar.

Misalnya saat kita berada di wilayah yang susah sinyal, kita dapat mengaktifkan mode pesawat selama beberapa saat lalu kemudian mematikannya. Perangkat pun nanti akan memindai ulang jaringan dari operator untuk mendapatkan sambungan yang lebih baik.

2. Memperpanjang Siklus Pemakaian Harian

Mode pesawat pun dapat menjadi solusi bagi kita yang memerlukan perangkat dengan siklus pemakaian panjang. Dukungan tersebut memungkinkan konsumsi baterai menjadi lebih hemat karena tidak perlu menyediakan daya untuk WiFi, Bluetooth, maupun jaringan seluler.

Seperti apa yang kita tahu, konsumsi daya untuk menggunakan WiFi, Bluetooth, maupun jaringan seluler umumnya sangat besar. Terlebih lagi apabila perangkat berada di wilayah yang sulit untuk mendapat sinyal dari fungsi terkait.

3. Menghemat Konsumsi Data

Dengan menggunakan mode pesawat, kita juga dapat menghemat pemakaian data seluler. Layanan dan aplikasi yang beroperasi memakai internet soalnya sama sekali tidak akan tersambung ke jaringan selama dukungan tersebut diaktifkan.

Hal ini tentu akan sangat berguna saat kita melakukan perjalanan jauh misalnya keluar negeri. Kita tidak akan langsung terkena tarif roaming yang mana sangat mahal jika belum berlangganan paket khusus dari operator seluler bersangkutan.

4. Alternatif Mode DND

Mengaktifkan mode pesawat juga dapat membatasi gangguan yang dapat muncul dari berbagai macam layanan. SMS, panggilan, e-mail, hingga pemberitahuan dari aplikasi media sosial yang terpasang soalnya tidak akan masuk ke dalam perangkat.

Mirip seperti fungsi Mode DND (Do Not Disturb) yang kini disediakan oleh berbagai macam model ponsel. Hanya saja tidak akan sekadar membatasi suara dan notifikasi melainkan langsung dari sambungan baik seluler maupun internet.

Tentang penulis

Sukindar

Penulis Gadgetren yang aktif membuat konten tentang panduan teknologi mulai dari cara menggunakan hingga membahas istilah-istilah khusus di dalamnya.

Tinggalkan Komentar