ASUS TUF Gaming FX507
Smartphone

8 Kelebihan dan Kekurangan vivo Y03, Murah Rp1 Jutaan!

Kelebihan dan Kekurangan vivo Y03 Header

Gadgetren – Menambah amunisi di segmen ponsel entry-level, vivo secara resmi telah meluncurkan vivo Y03 di Indonesia.

Hadir dengan dua varian, vivo Y03 dibanderol dengan harga yang mencapai Rp1.299.000 untuk varian RAM 4 GB + penyimpanan internal 64 GB dan Rp1.499.000 untuk RAM 4 GB + penyimpanan internal 128 GB.

Sertifikasi IP54 membuktikan bahwa vivo Y03 mampu bertahan dari debu dan cipratan air. Desain yang dihadirkan pun bisa dibilang menarik untuk ponsel di kelas bawah.

Kelebihan vivo Y03

1. Layar 90Hz yang Mulus

vivo Y03 dilengkapi layar penuh 6,56 inci dengan bezel yang tidak besar untuk menampilkan konten dengan luas. Sementara layarnya menggunakan teknologi LCD, 70% NTSC, dan resolusi HD+ (1612 x 720 piksel).

Berkat refresh rate 90Hz, layarnya dapat menampilkan gerakan transisi antar menu maupun animasi game dengan halus. Selain responsif, layar ponsel ini mampu mendukung sentuhan 10 jari secara bersamaan.

2. Desain Tidak Murahan

Walaupun masuk kategori entry-level, namun desain dari vivo Y03 tidak terasa murahan. Apalagi desain perangkat ini terlihat menawan karena hadir dengan dua pilihan warna yang terdiri dari warna Hitam Angkasa dan Hijau Permata.

Varian Hitam Angkasa memiliki desain trendi dengan teknik dip-dye yang menghasilkan warna-warna alami seperti indahnya bintang-bintang di langit malam. Apalagi dua cincin besar pada bagian atas belakangnya disematkan dua kamera. Sementara pinggirannya memberikan nuansa mewah karena menggunakan garis lingkaran berwarna emas.

Sementara varian Hijau Permata menggunakan Crystalline Matte Finishing sehingga mampu menawarkan tampilan natural seperti permata yang berkilau di bawah sinar matahari, bebas dari goresan, dan bebas dari noda sidik jari.

3, Game dan Aplikasi Lancar

Dengan harga Rp1 jutaan, vivo Y03 sudah dilengkapi dengan chipset MediaTek helio G85 (12nm) Octa-Core 2 GHz yang didukung fitur MediaTek HyperEngine sehingga dapat meningkatkan performa ketika game sedang berjalan.

Sementara RAM 4 GB didaulat untuk menangani aktivitas multitasking yang berjalan di ponsel ini dengan lancar. Adapun fitur Extended RAM hingga 4 GB turut menemaninya.

Hadir juga fitur RAM Saver yang dapat menghemat ruang hingga 500 MB agar memastikan pengalaman menggunakan apliaski yang lebih cepat dan lancar. Untuk penyimpanan internalnya pun hadir dengan dua pilihan yang terdiri dari 64 GB atau 128 GB sehingga dapat menampung cukup banyak data.

4. Baterai Besar dan 15W FlashCharge

Untuk membuat penggunanya nyaman dalam menggunakan vivo Y03 dengan nyaman, vivo membenamkan baterai berkapasitas besar mencapai 5.000mAh di dalamnya.

Dengan kapasitas baterai sebesar itu, vivo Y03 dapat bertahan selama 7 jam untuk memainkan game online, 19 jam untuk streaming video online, atau 21 hari dalam kondisi siaga.

Terdapat juga fitur Fitur 15W FlashCharge yang diklaim dapat membuat pengisian daya baterai vivo Y03 berjalan dengan cepat. Hadirnya Battery Saver membuat perangkat ini mampu bertahan lama ketika daya baterai ponsel berada dalam kondisi kritis antara 5% hingga 15%.

5. Dua Kamera Untuk Bokeh Instan

vivo Y03 hadir dengan dukungan dua kamera belakang yang terdiri dari kamera utama 13 MP dan kamera depth. Berkat kombinasi kamera tersebut, ponsel ini dapat menghasilkan foto dengan latar belakang bokeh secara instan.

Terdapat juga fitur Night Mode yang memungkinkan hasil foto di malam hari menjadi lebih terang serta minim noise dibandingkan menggunakan Auto Mode. Terdapat beberapa fitur dukungan lain pada aplikasi kamera bawaan seperti Dokumen, Slow Motion, Time-lapse, Profesional, Live, dan lainnya.

Kekurangan vivo Y03

1. Kamera Depan Hanya 5 MP

Selain mengandalkan kamera belakang, ponsel masa kini juga turut menonjolkan kamera depan karena dapat digunakan untuk berbagai kebutuhan seperti foto selfie, vlogging, video call, dan lainnya.

Sayangnya vivo Y03 masih menggunakan kamera depan dengan resolusi 5 MP. Pada ponsel kompetitor di kisaran harga yang sama sudah banyak yang menggunakan kamera depan 8 MP maupun 13 MP.

2. Tampilan Depan Kurang Modern

Meskipun mengurangi bezel layar bagian atas, namun penggunaan dari poni waterdrop membuat ponsel vivo Y03 terasa kurang modern. Apalagi perangkat masa kini dengan harga murah juga sudah banyak menghadirkan punch hole di atas layarnya.

3. Tidak Ada Fingerprint

Perangkat ini sama sekali tidak dilengkapi dengan sensor fingerprint sehingga kamu tidak bisa menggunakan sidik jari untuk membuka secara cepat kunci layar dari vivo Y03.

Walaupun begitu fitur Face Unlock masih tersedia untuk membuka kunci layar dengan wajah. Namun fitur sensor fingerprint tentunya lebih baik yang mana disayangkan tidak hadir.

Tentang penulis

Adhitya W. P.

Penulis pertama di Gadgetren yang biasa dikenal dengan Agan Adhit. Pengalaman belasan tahun menulis membuatnya hafal berbagai keunggulan dan kelemahan produk teknologi terutama handphone.

Tinggalkan Komentar