ASUS TUF Gaming FX507
Berita Smartphone

Qualcomm Rilis Chipset Snapdragon 7+ Gen 2, Ini Fitur-Fitur Unggulannya

Snapdragon 7+ Gen 2 Qualcomm

Gadgetren –  Setelah mengeluarkan chipset Snapdragon 8 Gen 2 melalui perangkat Samsung Galaxy seri S23 beberapa waktu lalu, Qualcomm kembali secara resmi meluncurkan chipset terbarunya yakni Snapdragon 7+ Gen 2.

Chipset baru tersebut membawa sejumlah keunggulan fitur-fitur menarik yang memberikan peningkatan kinerja performa di seluruh sistem. Pada bagian CPU, chipset Snapdragon 7+ Gen 2 menggunakan Qualcomm Kryo yang menyajikan kecepatan hingga 2,91GHz.

Pihak Qualcomm menyebutkan CPU pada chipset Snapdragon 7+ Gen 2 menawarkan performa lebih dari 50 persen dan GPU Qualcomm Adreno-nya juga turut memberikan peningkatan performa mencapai dua kali lipat dibanding generasi sebelumnya.

Selain itu chipset Snapdragon 7+ Gen 2 memberikan peningkatan efisiensi daya hingga 13 persen di seluruh sistem untuk penggunaan harian yang lebih lama. Chipset ini pun ditunjang dengan Qualcomm AI Engine yang bisa menghubungkan kinerja di seluruh sistem dengan performa 40 persen per Watt lebih baik dibandingkan pendahulunya.

Untuk mengoptimalkan pengalaman bermain game yang memanjakan mata, chipset ini mempunyai fitur Snapdragon Elite Gaming. Fitur tersebut menyajikan Auto Variable Rate Shading (VRS) yang memungkinkan pengguna bisa menikmati konten visual pada layar perangkat dengan resolusi penuh dan gambar yang realistis.

Bahkan dengan teknologi Volumetric Rendering yang diberikan pada VRS, perangkat dengan chipset Snapdragon 7+ Gen 2 mampu menampilkan gambar visual dalam game seperti kabut dan asap secara detail. Chipset ini juga mampu menaikkan level resolusi pada adegan game secara cerdas dengan AI dari 1080p ke 4K.

Tak ketinggalan suara yang dihasilkan ketika bermain game, mendengarkan musik, dan menonton film akan terdengar jernih. Hal ini dikarenakan chipset Snapdragon 7+ Gen 2 didukung fitur Snapdragon Sound dengan Qualcomm aptX sehingga transmisi suara dari handphone ke perangkat audio bisa berjalan dengan mulus tanpa terputus-putus.

Qualcomm-Snapdragon-7-Gen-2-Key-Visua

Pada sistem fotografi mendukung resolusi hingga 200MP dan perekaman video HDR dengan eksposur tiga kali lipat dari dua kamera secara bersamaan. Untuk menghasilkan gambar yang jelas di situasi apapun, chipset Snapdragon 7+ Gen 2 memiliki fitur Triple ISP 18-bit.

Dengan fitur tersebut kameranya mengambil gambar sebanyak 30 dan menggabungkan bagian-bagian terbaiknya menjadi satu foto untuk hasil yang diinginkan seperti lebih terang dan cerah.

Di samping itu, kamera yang dibekali chipset Snapdragon 7+ Gen 2 diklaim mampu menyerap 4.000x lebih banyak data dengan rentang dinamis tinggi serta warna detail dan gambar yang cerah.

Soal konektivitas terdapat Qualcomm FastConnect 6900 Mobile Connectivity System untuk menghadirkan Wi-Fi yang cepat dan responsif hingga 3,6 Gbps. Kemudian untuk menjangkau jaringan 5G, chipset tersebut menggunakan Snapdragon X62 5G Modem-RF System yang menawarkan kecepatan unduh hingga 4,4 Gbps.

 Qualcomm-Snapdragon-7+ Gen-2

Chipset Snapdragon 7+ Gen 2 untuk pertama kalinya dalam seri Snapdragon 7 mendukung 4G/5G Dual-Sim Dual Active (DSDA) sehingga pengguna bisa menggunakan dua SIM sekaligus pada saat bepergian atau untuk memisahkan komunikasi pekerjaan dan pribadi mereka.

Mengenai ketersediaan pada perangkat, chipset Snapdragon 7+ Gen 2 dikabarkan akan menyokong perangkat baru Xiaomi Redmi dan realme pada bulan Maret 2023.

Christopher Patrick selaku Senior Vice President dan General Manager of Mobile Handsets, Qualcomm Technologies, Inc. menyampaikan bahwa peluncuran Snapdragon 7+ Gen 2 menggambarkan kemampuan pihaknya untuk menghadirkan beberapa fitur unggulan yang paling banyak diminati ke dalam seri Snapdragon 7 yang membuatnya dapat diakses oleh lebih banyak orang.

Tentang penulis

Ageng Wuri

Reporter Gadgetren yang aktif menulis seputar berita terbaru di dunia smartphone, tablet, IoT, laptop, hingga peralatan elektronik rumahan.

Tinggalkan Komentar