ASUS TUF Gaming FX507
Aplikasi

Ini 5 Aplikasi Jadwal Imsak dan Buka Puasa Supaya Tidak Tertinggal Waktunya

 Aplikasi Jadwal Imsak dan Buka Puasa  Header[Ilustrasi: Pexels]

Gadgetren – Bulan Ramadhan merupakan bulan suci bagi umat muslim karena menjalankan perintah Allah SWT untuk menahan hawa nafsu, haus, dan lapar.

Pada bulan Ramadhan, kamu pastinya akan berpuasa mulai dari waktu Subuh hingga Maghrib yang tentunya waktu serta jadwal akan berbeda-beda di setiap daerah maupun seiring berjalannya tanggal.

Supaya kamu tidak repot untuk mengetahui jadwal yang pasti memasuki waktu Imsak, Puasa, dan Berbuka bisa memasang beberapa aplikasi berikut yang tersedia di ponsel.

Muslim Pro

Muslim Pro

Musilm Pro merupakan salah satu aplikasi islami yang dapat memperlihatkan jadwal imsakiyah, puasa, maupun shalat. Bahkan pada halaman utamanya sudah terdapat jadwal imsakiyah dan puasa yang akan berganti setiap harinya.

Nantinya aplikasi ini akan meminta akses lokasi di ponsel agar bisa menampilkan data akurat untuk jadwal imsak, puasa, dan shalat. Bahkan kamu juga dapat mengaktifkan suara adzan sesuai dengan kebutuhan di setiap waktu shalat.

Untuk lebih mendekatkan diri dengan Allah SWT, aplikasi Muslim Pro sendiri sudah menyediakan Al-Qur’an dan beragam kajian islami pada fitur Qalbox. Kamu dapat mengunduh aplikasi ini dari Google Play Store atau Apple App Store.

Muslim Expert

Muslim Expert

Aplikasi islami yang satu ini pun sudah menghadirkan jadwal imsak, puasa, dan shalat secara langsung pada halaman utamanya. Selain itu, terdapat juga informasi mengenai jadwal puasa yang akan berubah seiring berjalannya hari.

Kamu juga dapat melihat arah kiblat secara langsung pada aplikasi yang satu ini sehingga memudahkan dalam mengetahui arah shalat ketika berada di tempat yang baru pertama kali dikunjungi.

Terdapat juga Al-Qur’an dan beragam macam doa yang dapat mendekatkan dirimu terhadap Allah SWT. Bahkan pada aplikasi ini pun terdapat fitur Tasbih untuk berdzikir. Muslim Expert dapat diunduh secara langsung dari Google Play Store. atau Apple App Store.

Muslim

Muslim

Muslim merupakan salah satu aplikasi islami yang lengkap karena menghadirkan beragam fitur seperti jadwal imsak, shalat, doa harian, kajian serta wawasan islami, doa-doa, peta islami, Tasbih, Al-Qur’an, hingga arah kiblat.

Pada halaman utamanya, kamu akan diperlihatkan mengenai waktu Imsak dan jadwal shalat yang akan segera masuk. Kamu pun dapat mengetahui arah kiblat dengan kompas yang terdapat di fitur Kiblat.

Adapun fitur Peta Islam yang bisa digunakan untuk mengetahui masjid dan restoran halal terdekat dari lokasi kamu berada. Lalu pada menu Salah tersedia tanggal beserta jadwal imsak, puasa, dan shalat pada hari tersebut.

Kamu juga dapat menghadirkan widget mengenai jadwal shalat secara langsung di Home Screen ponsel. Aplikasi Muslim sudah tersedia untuk diunduh dari Google Play Store.

Prayer Time and Qibla

Prayer Time and Qibla

Sejatinya aplikasi ini memang digunakan untuk memperlihatkan jadwal shalat dan arah kiblat. Namun tentunya pada bulan Ramadhan, aplikasi ini menjadi sangat berguna karena dapat memperlihatkan jadwal shalat subuh yang merupakan waktu mulainya berpuasa dan maghrib yang menjadi waktu berbuka.

Pada halaman utama, kamu akan melihat jadwal shalat mulai dari Subuh hingga Isya. Selanjutnya, kamu dapat memanfaatkan fitur Kiblat untuk menentukan arah shalat sehingga berguna ketika sedang bepergian ke lokasi yang baru dikunjungi.

Terdapat juga kalender Hjiriah serta Masehi yang dapat memperlihatkan jadwal-jadwal penting bagi umat muslim seperti jadwal Puasa di setiap bulan, seperti Ramadhan, Syawal, Ashura, Ayyamul Bidh, dan masih banyak lagi.

Kamu juga dapat membuat agenda penting seperti sahur dan berbuka yang nantinya dapat memunculkan notifikasi serta alarm setiap harinya sesuai dengan kebutuhan masing-masing. Aplikasi ini bisa kamu unduh dari Google Play Store.

Muslim Muna

Muslim Muna

Pada halaman utama Muslim Muna, kamu langsung dihadapkan pada jadwal shalat selanjutnya. Tentunya pada saat kondisi malam hari, maka kamu akan menemukan jadwal Subuh berikutnya yang akan menjadi patokan waktu untuk mulai berpuasa.

Kamu juga akan mendapatkan banner mengenai bulan Ramadhan, halaman untuk berdonasi, wawasan islami seputar bulan Ramadhan, doa-doa, Zakat Kalkulator, pemantau shalat, kalender, hadist, Asmaul Husna, dan lainnya di halaman utama.

Pada halaman Quran, kamu dapat melihat beragam surat dan ayat Al-Qur’an yang dapat langsung dibaca. Sementara pada halaman Prayer, kamu dapat menemukan secara lengkap jadwal imsak, puasa, dan shalat.

Tak perlu khawatir sedang berada di daerah yang baru dikunjungi karena kamu melihat arah kiblat untuk shalat pada halaman Qibla. Dengan fitur yang cukup lengkap ini, kamu dapat mengunduh Muslim Muna di Google Play Store atau Apple App store.

Tentang penulis

Adhitya W. P.

Penulis pertama di Gadgetren yang biasa dikenal dengan Agan Adhit. Pengalaman belasan tahun menulis membuatnya hafal berbagai keunggulan dan kelemahan produk teknologi terutama handphone.

Tinggalkan Komentar