ASUS TUF Gaming FX507
Aplikasi Berita

Telkomsel Tawarkan Solusi Digital untuk Pelanggan Korporasi dengan Keamanan Lebih Tinggi

Telkomsel Tawarkan Solusi Digital untuk Pelanggan Korporasi dengan Keamanan Lebih Tinggi

Gadgetren – Dalam ajang Solution Day 2024, Telkom dan Telkomsel melalui Telkomsel Enterprise menggelar acara untuk pelanggan industri dan korporasinya untuk memberikan solusi di tengah transformasi digital.

Salah satu sektor yang dihadirkan dalam kolaborasi ialah sektor digital yang memberikan solusi kepada bisnis digital seperti Connectivity, IoT, Advance Connectivity, Customer Engagement, Emerging Solution, Innovation dan Data Center, Cloud and Security Solution.

Terdapat lebih dari 40 showcase solusi digital unggulan yang dihadirkan bagi segmen korporasi pada Solution Day 2024. Solusi tersebut dibagi ke dalam 12 kategori vertikal dan horizontal.

Solusi bisnis digital yang disebut sebelumnya termasuk dalam kategori horizontal sedangkan lima showcase vertikal bisnis pada ajang Solution Day 2024 mencakup Pertambangan, Manufaktur, Layanan Keuangan, Transportasi & Logistic, dan Agrikultur.

Bersamaan dengan perhelatan ini, Telkomsel juga memperkenalkan dua solusi baru berupa Ted dan Digihub. Adapun Ted adalah sebuah solusi virtual account manager B2B Telkom Group dengan memanfaatkan teknologi AI Generatif guna meningkatkan kualitas layanan kepada pelanggan.

Sementara DigiHub merupakan sebuah platfrom yang menyediakan akses pada API (Application Programming Interface) telekomunikasi yang sudah ditawarkan Telkomsel seperti API Insight (API Location Verification), API layanan telekomunikasi (API SMS), API Dynamic Profile (API SIM Swap), dan API Autentikasi (API Mobile Network Verification).

Lebih jauh, Digihub disebut dapat mewadahi pelaku bisnis, korporasi maupun developer dalam mengintegrasikan berbagai layanan dan fungsi bisnisnya melalui API Telkomsel yang mudah diakses dan efisien. Dengan Digihub harapannya dapat membuka berbagai peluang pengembangan dan pertumbuhan solusi inovasi layanan digital.

Sejalan dengan hadirnya Digihub, Telkomsel kemudian menghadirkan API berbasis CAMARA di Indonesia yang dapat meningkatkan keamanan layanan industri untuk memudahkan verifikasi pelanggan dan penerapan verifikasi dapat dilakukan menggunakan aplikasi baik dengan nomor Telkomsel hingga operator lainnya.

Telkomsel-Solution-Day

Selain itu fungsi dari API CAMARA juga bertujuan untuk mencegah adanya perilaku fraud yang kerap digunakan pada industri finansial saat pelanggan ingin melakukan transaksi yang lebih dulu membutuhkan verifikasi data. Secara teknis API CAMARA akan memberlakukan proses verifikasi menjadi tiga langkah.

Pertama dengan pengecekan apakah kartu SIM sudah berpindah perangkat dan apabila kasusnya sudah berpindah perangkat maka layanan finansial bisa menerapkan metode layer keamanan lain.

API CAMARA juga akan menggunakan metode mobile number verification atau verifikasi nomor hingga device location atau lokasi perangkat. Semuanya akan membantu pelanggan Telkomsel di sektor bisnis dapat memverifikasi pelanggan dengan lebih aman.

Nugroho selaku Direktur Utama Telkomsel menyampaikan bahwa Solution Day 2024 akan menjadi wadah inspiratif berfokus pada penerapan inovasi solusi digital untuk mengakselerasi bisnis sekaligus menciptakan nilai tambah yang berdampak positif bagi para pelanggan Telkom Group di segmen korporasi.

Melalui ajang ini, hadir pula pelanggan sektor korporasi yang dapat berkontribusi memberikan masukan tentang solusi-solusi yang mereka butuhkan. Kemudian Telkomsel melalui solusi digital ini pihaknya dapat mengedukasi pelanggan korporasi mereka lewat kegiatan Industry Insight, Solution Updates, Booth Solution Experience, B2B Product Launches, dan Networking.

Tentang penulis

Ageng Wuri

Reporter Gadgetren yang aktif menulis seputar berita terbaru di dunia smartphone, tablet, IoT, laptop, hingga peralatan elektronik rumahan.

Tinggalkan Komentar