ASUS TUF Gaming FX507
Berita Laptop / PC

ASUS ROG Zephyrus G14 (GA403) dan G16 (GU605) Terbaru Segera Hadir di Indonesia, Ini Keunggulannya

ASUS ROG Zephyrus G14 (GA403) dan G16 (GU605) Terbaru Segera Hadir di Indonesia, Ini Keunggulannya

Gadgetren – Setelah diperkenalkan dalam ajang CES 2024, akhirnya laptop gaming generasi terbaru dalam keluarga Zephyrus dari ASUS Republic of Gamers (ROG) resmi diperkenalkan di Indonesia yang terdiri dari Zephyrus G14 (GA403) dan Zephyrus G16 (GU605).

Laptop ini akan meramaikan pasar Indonesia mulai bulan Maret 2024 mendatang tapi sayangnya detail harga laptop ini belum diumumkan oleh pihak ASUS. Terkait keunggulannya, kedua laptop Zephyrus terbaru ini menggunakan layar ROG Nebula Display dengan panel OLED.

ASUS melalui kedua laptopnya ini tak lagi akan membawa AnimeMatrix melainkan diganti dengan fitur Slash Lighting yang mana sebuah lampu LED indikator yang terletak di balik layar laptop.

Fitur ini akan memberikan kesan modern pada kedua laptop gaming ini yang dapat dipersonalisasi untuk menampilkan pola tertentu melalui aplikasi Armoury Crate yang sudah terpasang di ROG Zephyrus G14 (2024) dan Zephyrus G16 (2024). Tak hanya itu, performa pacu yang mendukung keduanya sudah menggunakan hardware terbaru.

Adapun untuk Zephyrus G14 menggunakan prosesor hingga AMD Ryzen 9 dan hingga NVIDIA GeForce RTX 4070. Sedangkan Zephyrus G16 ditenagai prosesor hingga Intel Core Ultra 9 185H dan hingga NVIDIA GeForce RTX 4080. Keduanya sudah dibekali fitur MUX Switch dan NVIDIA Advanced Optimus.

Baik prosesor Intel dan AMD pada kedua laptop ini sudah mendukung Neural Processing Unit (NPU) berbasis AI yang disebut dapat mengakselerasi sekaligus memastikan pemrosesan AI berjalan lebih optimal sehingga berbagai aplikasi dan aplikasi yang menggunakan fitur berbasis AI akan dapat dijalankan dengan lebih cepat, optimal, dan sekaligus dayanya lebih efisien.

Pada bagian keyboard, Zephyrus G14  dan Zephyrus G16 akan memiliki desain edge-to-edge keyboard yang memiliki ukuran tombol lebih besar dan jarak antar tombol lebih rapat sehingga dapat meningkatkan kenyamanan penggunanya. Terdapat pula touchpad yang kini ukurannya akan lebih besar dari generasi sebelumnya.

 ASUS-ROG-Zephyrus-G14-2024-

Konten pada layar berukuran 14 inci untuk Zephyrus G14 dan 16 inci untuk Zephyrus G16 akan semakin memanjakan pengguna dengan dukungan sistem audio dari Dolby Atmos dengan speaker yang ukurannya 25% lebih besar dari generasi sebelumnya sehingga disebut dapat menghasilkan suara 40% lebih kencang.

Layar Zephyrus G14 akan mempunyai refresh rate 120Hz dan layar Zephyrus G16 akan memiliki refresh rate 240Hz. Keduanya memiliki tingkat kecerahan hingga 500 nits. Layar Zephyrus G14 akan menampilkan resolusi 3K sedangkan Zephyrus G16 akan menampilkan resolusi 2,5K.

Keduanya akan dibekali dengan fitur VRR (Variable Refresh Rate) melalui NVIDIA G-SYNC sehingga konten dapat terlihat sesuai dengan kualitas bawaan grafisnya

Soal konektivitas, Zephyrus G16 mendukung slot SD Card dan port lainnya seperti 2x USB 3.2 Gen 2 Type A, USB 3.2 Gen 2 Type C (dukung Display Port dan Power Delivery), DC in, HDMI 2.1, Thunderbolt 4.0 (dukung Display Port dan Power Delivery), dan 3,5mm audio jack.

Sementara itu Zephyrus G14 itu mendukung port power ASUS slim power jack, HDMI 2.1, USB 4 (dukung Display Port dan Power Delivery), 2x USB 3.2 Gen2 Type A, micro SD Card Reader, USB 3.2 Gen2 Type C (dukung Display Port), dan 3,5mm audio jack.

Tentang penulis

Ageng Wuri

Reporter Gadgetren yang aktif menulis seputar berita terbaru di dunia smartphone, tablet, IoT, laptop, hingga peralatan elektronik rumahan.

Tinggalkan Komentar