ASUS TUF Gaming FX507
Smartphone

6 Kelebihan dan Kekurangan OPPO Reno11 F 5G, Layak Jadi Pilihan?

Kelebihan dan Kekurangan OPPO Reno11 F 5G - Header

Gadgetren – OPPO Reno11 F 5G resmi meluncur di Indonesia. Kita yang sedang memerlukan ponsel baru dengan harga terjangkau pun dapat mempertimbangkannya sebagai salah satu pilihan.

Perangkat satu ini meluncur dengan harga yang relatif terjangkau dibandingkan dengan saudaranya, OPPO Reno11 5G. Tersedia dalam satu varian memori dan sudah dapat dibawa pulang dengan mengeluarkan dana sebesar Rp4.599.000.

Di atas kertas, perangkat ini apalagi juga mempunyai beberapa kelebihan meskipun masih ada kekurangan yang menyertainya. Bahkan sebagian di antaranya dapat membuat OPPO Reno11 F 5G semakin layak untuk dipertimbangkan.

Kelebihan OPPO Reno11 F 5G

1. Layar Memesona

OPPO Reno11 F 5G salah satunya hadir dengan layar AMOLED berukuran 6,7 inci dengan resolusi Full HD+ (2412 x 1080 piksel) dan rasio panel ke bodi hingga 93,4 persen. Tingkat kecerahannya dapat diatur maksimal sampai 1.100nits.

Kelebihan dan Kekurangan OPPO Reno11 F 5G - Layar

Dengan spesifikasi tersebut, OPPO Reno11 F 5G dapat menjadi pilihan pas jika kita menginginkan perangkat yang mampu menampilkan konten dengan baik. Perangkat ini apalagi juga mempunyai dukungan HDR10+ dengan cakupan hingga 1,07 miliar warna dan 100 persen DCI-P3.

Pengaturan refresh rate dari layar OPPO Reno11 F 5G juga bisa diatur hingga 120Hz. Animasi dari video hingga game makanya bakalan bisa ditampilkan dengan sangat mulus selama konten yang berkaitan mendukung setelan serupa.

Sebagai tambahan, layar OPPO Reno11 F 5G dilengkapi dengan lapisan Panda glass yang diperkuat hingga sebanyak dua kali. Terdapat juga dukungan pemindai sidik jari terintegrasi di panelnya untuk memudahkan kita membuka kunci perangkat.

2. Kapasitas Penyimpanan Luas

Guna memberikan keleluasaan kepada pengguna untuk melakukan berbagai macam aktivitas, perangkat ini juga dilengkapi dengan penyimpanan yang tergolong luas. Di dalamnya sudah memuat memori bertipe UFS 3.1 dengan kapasitas sebesar 256GB.

Kita pun dapat menggunakannya untuk menyimpan data hingga memasang aplikasi tanpa khawatir cepat penuh. Kalaupun memang dirasa masih belum cukup, OPPO Reno11 F 5G menariknya masih dilengkapi dengan slot kartu eksternal yang mendukung penyimpanan ekstra sampai kapasitas 2TB.

Media internal yang luas tersebut juga dapat menjadi salah satu opsi menarik saat kita memerlukan dukungan RAM lebih besar. OPPO Reno11 F 5G soalnya mempunyai fitur RAM Expansion di mana dapat dipakai untuk mengekspansi kapasitas bawaan yang hanya 8GB menjadi total 16GB dengan meminjam ruang kosong penyimpanannya.

3. Baterai Besar dengan Pengisi Daya Mumpuni

Baterai yang ditanamkan ke dalam OPPO Reno11 F 5G juga besar selayaknya berbagai macam perangkat masa kini. Secara teknis, ponsel keluaran baru ini kurang lebih mampu menampung daya dengan kapasitas sampai 5.000mAh.

Beraktivitas dengan menggunakan OPPO Reno11 F 5G makanya bisa lebih tenang tanpa perlu khawatir perangkat akan cepat kehabisan daya. Bahkan pengoperasiannya bisa semakin hemat apabila kita mengatur tingkat kecerahan maupun refresh rate-nya cukup rendah.

Apabila harus melakukan pengisian daya, perangkat ini pun sudah dilengkapi dengan teknologi 67W SuperVOOC. OPPO Reno11 F 5G dapat makanya hanya dalam waktu kurang lebih 48 menit untuk membuat baterai terisi penuh.

Meskipun mempunyai kecepatan yang tinggi, OPPO Reno11 F 5G dilengkapi dengan dukungan keamanan pengisian yang baik. Kesehatan baterai dari perangkat ini pun dijamin oleh pihak OPPO di mana bahkan diklaim bakalan mampu bertahan hingga 4 tahun dengan performa seperti baru.

4. Bodi Cantik dan Tangguh

Selayaknya ponsel-ponsel besutan OPPO pada umumnya, perangkat ini juga mengusung bodi yang terlihat cukup cantik. Desain bernama Natural Aesthetic Design yang dikombinasikan corak Magnetic Particle menawarkan tiga pilihan warna di mana meliputi Ungu Koral, Biru Laut, dan Hijau Palem.

Kelebihan dan Kekurangan OPPO Reno11 F 5G - Bodi

Selain cantik, bodi OPPO Reno11 F 5G juga tergolong sangat tangguh sehingga dapat digunakan pada berbagai macam kondisi. OPPO soalnya sudah menyematkan fitur tahan percikan dan debu tersertifikasi IP65.

Berdasarkan data yang diungkapkan oleh OPPO Labs, perangkat ini pun disebut-sebut mampu bertahan hingga 3 menit saat diuji dengan menggunakan semprotan jet air atau 60 menit ketika tes hujan.

Kekurangan OPPO Reno11 F 5G

1. Tidak Punya Jack Audio

Sayangnya mirip dengan sejumlah ponsel menengah ke atas di masa sekarang, OPPO Reno11 F 5G juga tercatat menghilangkan dukungan untuk memasang perangkat suara dengan jack audio 3,5mm. Perangkat ini hanya dilengkapi USB Type-C.

Kita yang ingin mendengarkan musik, menonton video, hingga bermain game dengan perangkat suara makanya perlu mengeluarkan dana lebih untuk membeli earphone nirkabel, TWS, atau konverter USB Type-C.

2. Belum Dilengkapi OIS

Selain itu, perangkat yang dilengkapi dengan kamera 4K depan dan belakang ini sayangnya juga belum mendukung sensor OIS (Optical Image Stabilization). Jadi secara teknis pengambilan gambar dari perangkat ini bakalan kurang stabil.

Padahal di sisi lain, spesifikasi kamera dari OPPO Reno11 F 5G sebenarnya sangat lumayan. Perangkat ini sudah membawa lensa utama 64MP bersensor OmniVision OV64B yang dikombinasikan dengan lensa ultrawide Sony IMX355 8MP, makro 2MP, serta kamera depan 32MP.

Tentang penulis

Sukindar

Penulis Gadgetren yang aktif membuat konten tentang panduan teknologi mulai dari cara menggunakan hingga membahas istilah-istilah khusus di dalamnya.

Tinggalkan Komentar