ASUS TUF Gaming FX507
Aplikasi Berita

Dompet Dhuafa Kini Punya Aplikasi, Bisa Ikut Donasi Langsung dari Ponsel

 Dompet-Dhuafa

Gadgetren – Lembaga Dompet Dhuafa secara resmi telah merilis aplikasi pertamanya bernama DD Apps yang sudah bisa diunduh secara gratis di Google Play Store untuk Android dan Apple App Store untuk iOS.

Kehadiran DD Apps sendiri tentunya melengkapi portal Dompet Dhuafa yang sebelumnya hadir melalui website dompetdhuafa.org.

Di dalam aplikasi DD, pengguna tak hanya bisa bersedekah tetapi juga dapat melakukan donasi lainnya seperti zakat, infak, kemanusiaan, ibadah, wakaf, bantuan Palestina, hingga pendaftaran relawan dan akses laporan publik. Aplikasi DD juga melengkapi kebutuhan donatur yang didominasi oleh anak muda yang mana kerap menggunakan transaksi secara digital.

Dompet Dhuafa pun menyebutkan dengan kemajuan teknologi di era digital ini, donatur kaum anak muda pada aplikasi akan menjaring sebesar 44% dan generasi lebih mudah lagi sebesar 6% sehingga DD akan memiliki potensi peningkatan hingga 15%.

Untuk memudahkan donatur lewat aplikasi DD, Dompet Dhuafa bekerja sama dengan DANA menyediakan e-wallet agar pengguna dapat menyimpan saldo pada aplikasi. Saat melakukan sedekah, pengguna diberlakukan minimal nominal sebesar Rp10 ribu dan dapat melakukan proses pembayaran dengan beragam metode seperti OVO, GoPay, Virtual Account, Bank Transfer, maupun Credit Card.

Sementara untuk pembayaran zakat, pengguna dapat menjalankan zakat penghasilan, zakat maal, fidyah, dan zakat emas. Selain itu melalui fitur Kemanusiaan, pengguna dapat ikut serta dalam program donasi kemanusiaan seperti alat bantu teman tuli, membantu guru honorer, dan lain sebagainya.

Dompet-Dhuafa-UI

Di samping untuk berdonasi, pengguna aplikasi Dompet Dhuafa juga dapat mendapatkan bantuan untuk ibadah berkat tersedia fitur kalkulator zakat, Al-Quran, Tanya Ustadz yang langsung dari Ustadz pilihan, Aqiqah, Jadwal Shalat, DDTV, dan Care visit & Event.

Ke depannya aplikasi Dompet Dhuafa akan memperluas fitur-fiturnya lebih banyak lagi seperti menyediakan cara bayar dengan menggunakan e-wallet lainnya. Dari segi tampilan, DD Apps menurut pantauan tim Gadgetren mudah digunakan dan peralihan antar halaman terbilang cepat sehingga pengguna dapat beradaptasi dengan aplikasi ini dengan baik.

Etika Setiawanti selaku Sekretaris Pengurus Dompet Dhuafa menyampaikan bahwa aplikasi ini tidak hanya menjadi platform penghimpunan saja, tetapi juga menjadi pemenuh kebutuhan ibadah masyarakat. Pasalnya Dompet Dhuafa tidak hanya menghimpun dana semata, tetapi juga mengelolanya menjadi program-program pemberdayaan dengan transparansi pelaporan penggunaan dana yang turut disajikan di DD Apps.

“Sebagai Gerakan kebaikan, tentu Dompet Dhuafa tidak mampu menjalankannya sendirian. Melalui aplikasi ini, tentu membuka peluang semakin luas untuk masyarakat Indonesia berkontribusi dalam gerakan kebaikan. Karena kolaborasi dari berbagai pihak terus kami jalin untuk menguatkan gerakan kebaikan, salah satunya melalui DD Apps,” terangnya.

Tentang penulis

Ageng Wuri

Reporter Gadgetren yang aktif menulis seputar berita terbaru di dunia smartphone, tablet, IoT, laptop, hingga peralatan elektronik rumahan.

Tinggalkan Komentar