ASUS TUF Gaming F15
Berita Smartphone

Lolos TKDN, Bocoran Desain Samsung Galaxy A35 dan Galaxy A55 Mulai Beredar

Samsung Galaxy A24 - HalfBack Samsung Logo

Gadgetren – Samsung Electronics tampaknya akan segera menghadirkan dua ponsel barunya di pasar global dalam waktu dekat melalui Galaxy A35 dan Galaxy A55.

Diketahui keduanya merupakan generasi terbaru dari seri Galaxy A yang diminati oleh penggemar Samsung untuk pengguna ponsel segmen menengah.

Meskipun belum ada informasi resmi dari pihak Samsung, namun kehadiran Galaxy A35 dan Galaxy A55 mulai marak lewat rumor yang beredar. Salah satunya melalui Evan Blass atau @evleaks yang pada tanggal 9 Februari 2024 telah mengungkap dua gambar yang diyakini merupakan Galaxy A35 dan Galaxy A55.

Dari bocoran foto Evan Blass, kedua ponsel baru ini terlihat akan tampil dengan warna baru lebih segar mencakup black, lime, pink, dan white. Di bagian depan terdapat desain punch hole sebagai kamera depan untuk mengakomodasi kebutuhan foto selfie maupun wefie. Dengan desain punch hole, Galaxy A35 tampil lebih baru dibandingkan generasi sebelumnya yang memiliki desain tetesan air.

Bocoran-Samsung-Galaxy-A35-2@evleaks

Selain itu, kedua ponsel ini dari bocoran poster yang beredar juga sepertinya akan mendukung IP Rating dengan ketahanan terhadap cipratan air dan debu. Di samping itu akan menyediakan dukungan keamanan berupa Samsung Knox agar data-data penting pengguna dapat tersimpan dan terkunci.

Dilansir dari Gadgets360, Galaxy A35 dan A55 sudah mengantongi sertifikasi TENAA dengan nomor model  SM-A5560 dan SM-C5560. Tak hanya itu, keduanya juga sudah mendapatkan izin untuk dipasarkan oleh Kementerian Perindustrian (Kemenperin) di halaman Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri (P3DN).

Dalam halaman P3DN Kemenperin, kedua ponsel sudah lolos uji dengan nilai TKDN 40,30% untuk Galaxy A35 dan 37,60% untuk Galaxy A55. Keduanya akan mendukung konektivitas 5G sama seperti pendahulunya. Sementara di situs Postel Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) belum tercatat resmi.

Bocoran-Samsung-Galaxy-A35@evleaks

Di sisi lain pihak Samsung juga belum mengungkap pengumuman terkait kehadiran duo ponsel Galaxy terbarunya itu. Menurut rumor yang beredar, Galaxy A55 akan menggunakan chipset Exynos 1480 yang dipadukan dengan RAM 8GB dan penyimpanan 256GB.

Sementara Galaxy A35 akan ditenagai Exynos 1380 yang akan didukung RAM berkapasitas 6GB. Keduanya diperkirakan akan memiliki kapasitas baterai 5.000mAh yang dilengkapi pengisian daya cepat 25W yang sama. Untuk Galaxy A35 akan tebar pesona dengan ukuran layar 6,6 inci yang mempunyai resolusi Full HD+ dan refresh rate 120Hz.

Kemudian Galaxy A55 dirumorkan akan memiliki ukuran 6,4 inci pada resolusi Full HD+, refresh rate 120Hz, dan berpanel AMOLED. Soal fotografi, Galaxy A35 akan memiliki lensa utama 50MP, lensa sudut lebar 8MP, dan lensa ketiga 5MP serta lensa depan 13MP.

Lalu untuk Galaxy A55 diprediksi akan menggunakan lensa depan 32MP, lensa utama 50MP, serta lensa sudut lebar 12MP. Galaxy A55 juga disebut-sebut akan mengantongi IP67 dan menggunakan sistem operasi One UI 5.1 berbasis Android 13.

Tentang penulis

Ageng Wuri

Reporter Gadgetren yang aktif menulis seputar berita terbaru di dunia smartphone, tablet, IoT, laptop, hingga peralatan elektronik rumahan.

Tinggalkan Komentar