ASUS TUF Gaming FX507
Tips dan Trik Handphone

Cara Cek Touchscreen HP realme Untuk Uji Sentuhan Jari

Cara Cek Touchscreen HP realme Header

Gadgetren – Ponsel realme masa kini sudah memiliki dukungan layar yang memenuhi bagian depan dan mampu menampilkan konten dengan jernih, baik menggunakan teknologi AMOLED maupun IPS.

Apalagi layar dari beberapa ponsel realme ini juga mempunyai sampling touch rate sehingga mampu mendeteksi sentuhan jari dengan responsif. Namun terkadang ada kalanya touchscreen dari layar ponsel realme sedang bermasalah, seperti tidak merespon sentuhan jari maupun terjadinya ghost touch.

Untuk mengetahui apakah touchscreen atau sentuhan pada layar ponsel realme sedang bermasalah, kamu dapat menggunakan kode bawaan yang dapat mengakses opsi Screen pada halaman Feedback.

Cara Cek Touchscreen realme

Melalui Fitur Feedback

  1. Buka aplikasi Phone atau telepon.
  2. Ketik Kode *#800# dan secara otomatis halaman Feedback muncul.
  3. Pilih opsi Screen.
  4. Pilih opsi Touch Screen.
  5. Tekan tombol Start pada halaman Capture Logs.
  6. Selanjutnya, tekan semua bagian layar ponsel realme.
  7. Setiap sentuhan kamu di layar akan membentuk garis yang menandakan bahwa sentuhan terdeteksi.
  8. Apabila telah selesai, maka tekan tombol Done.
  9. Nantinya pada halaman selanjutnya, kamu diminta memberikan feedback ke pihak realme mengenai pengujian touchscreen yang dilakukan.
  10. Tekan tombol Submit untuk mengirimnya.

Nantinya sistem akan memberikan notifikasi di layar yang meminta kamu untuk mengambil screenshot ketika sedang melakukan pengujian touchscreen yang nantinya untuk dijadikan bukti ketika memberikan feedback kepada pihak realme.

Sementara itu, fitur Screen recording juga dapat diaktifkan apabila kamu ingin memperlihatkan pengujian touchscreen secara interaktif dalam bentuk video. Dengan adanya bukti screenshot dan perekaman layar, tentunya bisa memberikan kondisi layar secara jelas ketika pengujian dilakukan.

Feedback yang diminta pun sangat penting karena untuk memudahkan pihak realme ketika ponsel kamu mengalami kerusakan pada layar. Jadi bisa menambah data mengenai kerusakan apa saja yang terjadi pada touchscreen.

Untuk membuat pengujian touchscreen lebih lengkap, kamu juga dapat mencoba menggunakan aplikasi bernama Touch Screen Test yang dapat diunduh dari Google Play Store.

Melalui Aplikasi Touch Screen Test

  1. Buka aplikasi di ponsel realme.
  2. Pada halaman utama, kamu dapat melakukan banyak pengujian.
  3. Untuk pengujian touch screen, kamu dapat menggunakan Single-touch test atau Multi-touch test.
  4. Sentuh seluruh area di layar ponsel realme.
  5. Apabila semua area dapat mendeteksi sentuhan jari, maka touchscreen pada layar ponsel realme dapat berfungsi dengan baik.

Single-Touch test merupakan pengujian sentuhan satu jari terhadap layar ponsel yang nantinya akan memunculkan kotak berwarna biru setiap kamu menyentuh area di layar perangkat. Apabila semua kotak berwarna biru berhasil memenuhi layar, maka touchscreen di ponsel realme dapat berfungsi dengan baik.

Sementara untuk Multi-touch test lebih ke pengujian seberapa banyak layar dapat mendeteksi sentuhan jari. Pada saat di layar terlihat 10 titik, maka secara otomatis layarnya dapat mendeteksi 10 jari sekaligus. Hal ini tentunya memperlihatkan bahwa touchscreen dari ponsel realme dapat berfungsi dengan baik.

Tentang penulis

Adhitya W. P.

Penulis pertama di Gadgetren yang biasa dikenal dengan Agan Adhit. Pengalaman belasan tahun menulis membuatnya hafal berbagai keunggulan dan kelemahan produk teknologi terutama handphone.

Tinggalkan Komentar