ASUS TUF Gaming FX507
Aplikasi Berita

Browser Chrome Kini Memiliki 3 Fitur AI Baru, Bisa Bantu Menulis dengan Lebih Baik

Browser Chrome Kini Memiliki 3 Fitur AI Baru, Bisa Bantu Menulis dengan Lebih Baik

Gadgetren – Google kini menghadirkan fitur-fitur AI generatif baru untuk pengguna browser Chrome versi terbaru M121 yang terdiri dari Tab Organizer, AI Wallpaper, dan Help Me Write. Fitur ini tersedia untuk aplikasi Chrome pada komputer Mac dan Windows dan dimulai untuk wilayah Amerika Serikat terlebih dulu.

Untuk dapat mengakses Experimental AI di Chrome, pihak Google menyebutkan fitur tersebut dapat ditemukan pada menu ‘Settings’ yang bisa diketuk pada tombol ikon tiga titik di pojok kanan atas. Kemudian gulir ke bawah ketuk menu Setelan dan pada sisi kiri terdapat tab menu Experimental AI.

Berdasarkan pantauan tim Gadgetren, pembaruan Chrome versi M121 sendiri sudah bisa dinikmati di Indonesia namun sayangnya untuk kehadiran menu Experimental AI belum tersedia. Kemungkinan menu Experimental AI akan digelontorkan secara bertahap termasuk Indonesia.

Sebelum fitur ini benar-benar final dirilis, pihak Google menyebutkan Experimental AI yang masih tahap awal ini belum dapat digunakan untuk akun perusahaan dan pendidikan. Lantas apa saja fungsi dari 3 fitur AI Eksperimental yang ditawarkan Chrome ini, berikut penjelasannya.

Tab Organizer

Chrome - Tab Organizer

Tab Organizer sesuai namanya memungkinkan pengguna dapat mengelola banyak tab halaman Chrome mereka secara cerdas. Dengan Tab Organizer, Chrome akan dapat secara otomatis menyarankan dan membuat grup tab berdasarkan tab yang terbuka.

Hal ini akan dapat membantu pengguna dalam mengerjakan beberapa tugas di Chrome secara bersamaan seperti merencanakan perjalanan, mencari topik, dan berbelanja. Untuk menggunakan fitur ini, pengguna dapat mengetuk sebelah kanan pada halaman tab dan pilih menu ‘Organize Similar Tabs atau Atur Tab Serupa’ atau ketuk panah tarik-turun di sebelah kiri tab.

Selain itu Chrome juga bahkan akan menyarankan nama dan emoji untuk tab yang dikelola dalam grup sehingga pengguna sewaktu-waktu dapat menemukannya lagi dengan mudah saat membutuhkannya lagi.

AI Wallpaper 

Chrome - AI Wallpaper

Sebelumnya, fitur AI Wallpaper telah hadir pada perangkat  Pixel 8 dan beberapa perangkat Android 14, kini Google turut membawa ke Chrome sehingga pengguna akan dapat lebih mempersonalisasi browser mereka. Dengan AI Wallpaper, pengguna akan dapat dengan cepat membuat tema khusus berdasarkan subjek, suasana hati, gaya visual, dan warna yang mereka pilih.

Untuk membuat wallpaper dengan AI, pengguna dapat mengunjungi menu pada panel sebelah kana dan pilih ‘Customize Chrome’. Setelah itu ketuk ‘Change Theme’ dan kemudian ‘Create with AI’.

Selain tema yang dihasilkan AI, pengguna juga dapat menyesuaikan Chrome dengan foto yang mereka unggah atau tema dari koleksi yang di dapat dari Web Chrome store termasuk tema yang dipesan dari komunitas seniman.

Help Me Write 

Chrome - Help Me Write

Terakhir adalah fitur Help Me Write yang baru akan dirilis bulan depan di mana dapat membantu pengguna untuk menulis di situs web. Untuk menggunakan fitur Help Me Write, pengguna dapat mengetuk kanan kotak teks atau kolom di situs mana pun yang mereka kunjungi di Chrome dan pilih fitur ‘Help Me Write’.

Sebagai tambahan informasi, ke depannya tak hanya Experimental AI saja yang akan dihadirkan Google tetapi juga AI generatif lainnya yang akan memberikan opsi lain memudahkan penjelajahan di Chrome dan juga Machine Learning (ML) ke Chrome di tahun 2024 termasuk mengintegrasikan model AI baru  yang bernama Gemini.

Tentang penulis

Ageng Wuri

Reporter Gadgetren yang aktif menulis seputar berita terbaru di dunia smartphone, tablet, IoT, laptop, hingga peralatan elektronik rumahan.

Tinggalkan Komentar