ASUS Zenbook DUO UX8406
Berita Smartphone

Ini 3 Fungsi NFC di realme C67 NFC, Apa Saja?

Ini 3 Fungsi NFC di realme C67 NFC, Apa Saja?

Gadgetren – Sebagai handphone yang hadir akhir tahun lalu, realme C67 menawarkan beragam fitur-fitur yang cukup menarik di harga Rp2,5 jutaan seperti kamera depannya yang beresolusi 108MP dan dukungan fitur NFC yang tak hanya bisa untuk mengecek atau mengisi e-money saja tetapi juga fungsi yang telah ditingkatkan.

NFC atau Near Field Communication merupakan teknologi nirkabel yang memungkinkan dua perangkat berkomunikasi satu sama lain. Namun begitu tak banyak orang tahu bahwa selain mengisi e-money, NFC juga dapat sebagai kontrol akses ke apartemen, pembayaran nirkabel, dan transfer data.

Pada realme C67 menariknya NFC yang dihadirkan tak hanya sebatas pada fungsi mengecek dan mengisi saldo uang elektronik saja tetapi juga dapat sebagai duplikasi kartu akses kunci apartemen dan pairing antar perangkat untuk transfer data. Mengenai penjelasan dari tiga fungsi NFC yang tersedia pada realme C67 bisa kamu simak di bawah ini.

Cek Saldo dan Top-up Kartu Uang Elektronik

Kini kartu uang elektronik atau dengan sebutan e-money sangat dibutuhkan bagi kalangan pekerja kantoran maupun pejalan yang ingin mendapatkan akses transportasi resmi publik murah seperti kereta, MRT, dan Bus maupun angkot Jak Lingko.

Dengan e-money pengguna transportasi tersebut hanya tinggal melakukan tap in dan tap out saat naik dan sampai tujuan tanpa harus menggunakan uang fisik.

Melalui fitur NFC  di realme C67 pengguna dapat mengisi e-money melalui berbagai layanan aplikasi Bank tanpa harus membelinya ke supermarket dan di perangkat tersebut mereka juga bisa mengecek jumlah saldo mereka di mana saja.

Duplikasi Kartu Akses

Fitur NFC pada realme C67 juga dapat membantu pengguna menduplikasi kartu akses ke gedung kantornya, apartemen, hingga rumah mereka sehingga mereka lagi membutuhkan banyak kartu akses baik untuk mengakses gedung kantor atau apartemen bahkan rumah.

Dengan begitu penggunaan kartu akses akan lebih praktis dan efisien karena jika menggunakan lebih dari satu kartu bisa saja lupa atau hilang maupun rusak secara tidak sengaja. Jika hal tersebut terjadi maka pengguna akan tidak bisa masuk ke kantor, apartemen, maupun rumah mereka sendiri.

Untuk dapat menggunakan fitur ini, pengguna cukup menduplikasi kartu akses ke dalam realme C67 dan mendekatkannya ke alat deteksi pada pintu maupun gerbang untuk membuka akses.

Pairing Antar Perangkat

Kemudahan lainnya yang didapat melalui fitur NFC pada realme C67 ialah memungkinkan pengguna melakukan pairing atau menghubungkan antar perangkat baik itu handphone dengan handphone dan perangkat nirkabel lainnya. Dengan menghubungkan perangkat menggunakan NFC pengguna tidak harus memasukkan kata sandi dan kode apapun sehingga lebih cepat.

Untuk menghubungkan ke perangkat nirkabel dengan dukungan NFC, realme C67 cukup didekatkan pada perangkat AIoT di rumah maupun kantor dan pairing akan dilakukan secara otomatis.

Namun begitu fungsi NFC menghubungkan handphone ke perangkat AIoT di sini hanya untuk mempercepat proses pemasangan Bluetooth. Setelah proses pairing selesai maka handphone akan berkomunikasi dengan perangkat yang terhubung melalui Bluetooth.

Sebagai tambahan informasi, realme C67 hadir dalam dua varian warna mencakup Sunny Oasis dan Black Rock. Handphone ini masih tersedia secara online di realme.com/id dan offline di realme Brand Store maupun toko rekanan realme.

Harganya dibanderol mulai Rp2.599.000 untuk RAM8GB+8GB dan penyimpanan 128GB serta RAM 8GB+8GB dan penyimpanan 256GB dilepas Rp2.999.000.

Tentang penulis

Ageng Wuri

Reporter Gadgetren yang aktif menulis seputar berita terbaru di dunia smartphone, tablet, IoT, laptop, hingga peralatan elektronik rumahan.

Tinggalkan Komentar