ASUS Vivobook S 14 OLED S5406
Berita Smartphone

POCO Indonesia Ungkap Keunggulan Chipset Snapdragon 7s Gen2 Pada POCO X6, Ini Dia

POCO Indonesia Ungkap Keunggulan Chipset Snapdragon 7s Gen2 Pada POCO X6, Ini Dia

Gadgetren – POCO Indonesia mengungkap keunggulan dari chipset Qualcomm Snapdragon 7s Gen2 yang mendukung handphone barunya yang baru-baru ini dirilis di secara global pada tanggal 11 Januari 2024 kemarin yakni POCO X6. 

Handphone tersebut masuk dalam keluarga seri POCO X6  yang memiliki saudara POCO X6 5G. Namun begitu pihak POCO belum membeberkan lebih jauh kapan tanggal kehadiran dari seri POCO X6 di Indonesia.

Kabar baiknya seri POCO X6 sudah mendapatkan sertifikasi TKDN dari Kementerian Perindustrian (Kemenperin) dengan nomor model POCO 23122PCD1G untuk POCO X6 5G. Sementara POCO X6 Pro 5G memiliki nomor model POCO 2311DRK48G.

Keduanya mendapatkan nilai TKDN sebesar 38,20 persen dan kompak mendukung jaringan 5G di Indonesia. Dengan begitu seri POCO X6 kemungkinan akan hadir di Indonesia dalam waktu dekat.

Diketahui POCO sendiri memang sudah rutin memasarkan seri X di Indonesia. Kini dengan pihak POCO menggelar diskusi keunggulan Snapdragon 7s Gen2 pada POCO X6 sehingga membuka kemungkinan bahwa handphone tersebut bakal segera diboyong ke Indonesia.

Lebih jauh  mengenai chipset Snapdragon 7s Gen2 yang hadir pada POCO X6 dijelaskan oleh Dominikus Susanto selaku Senior Manager Business Development, Qualcomm Indonesia merupakan handphone baru yang akan menawarkan performa yang lebih kencang dan sekaligus hemat daya.

Menurut Susanto Snapdragon 7s Gen2 merupakan chipset kelas menengah ke atas yang menggunakan fabrikasi 4nm. Chipset tersebut masuk ke dalam keluarga seri Snapdragon 7.

Sebagai informasi Qualcomm kini telah mengganti nama model yang tadinya tiga angka menjadi satu angka mulai dari kelas premium seri 8, kelas tinggi seri 7, kelas menengah seri 6, dan kelas entri seri 4.

Chipset ini memiliki kecepatan maksimal hingga 2,4GHz yang dibekali Qualcomm Hexagon NPU generasi terbaru dengan akselerasi Artificial Intelligence (AI) Qualcomm AI Engine yang telah dioptimalkan.

Dengan begitu pengguna bisa menjalankan beragam aplikasi maupun fitur dengan AI lebih cepat dan mudah seperti navigasi, fitur kesehatan, scan QR code, face unlock, dan masih banyak lagi.

Qualcomm

Chipset tersebut juga didukung fitur Snapdragon Elite Gaming  yang menyediakan fitur-fitur seperti Game Quick Touch yang berfungsi mereduksi latensi pada sentuhan di layar hingga tingkat serendah milidetik.

Kemudian fitur Variable Rate Shading yang dapat mengoptimalkan perenderan grafis agar lebih detail dan optimal saat pengguna sedang bermain game dalam rentang waktu yang panjang.

Selain itu, pada fotografi hadirnya akselerasi AI pada chipset ini akan memberikan fitur Qualcomm Low Light yang memungkinkan  hasil foto maupun video di dalam ruangan gelap atau minim cahaya dan malam hari bisa terlihat terang.

Di sisi lain, teknologi noise cancellation berbasis AI juga akan membuat suara pengguna bisa terdengar jelas saat melakukan panggilan video di mana pun.

Snapdragon-7s-gen-2

Pada sektor layar, chipset Snapdragon 7s Gen2 dapat menampilkan resolusi layar Full HD+ hingga refresh rate 144Hz sehingga memungkinkan pengguna berselancar di layar untuk menikmati konten dengan mulus dan lacar.

Di sektor audio, tak lupa chipset ini juga mendukung Snapdragon Sound Technology Suite dan Qualcomm aptX untuk meningkatkan kualitas suara yang didengarkan melalui Bluetooth.

Chipset Snapdragon 7s Gen2 juga sudah menjangkau koneksi 5G dan WiFi 6E sehingga pengguna dapat mengakses beragam konten lebih cepat dan mendapatkan jaringan internet semakin kencang. Sebagai informasi, Snapdragon 7s Gen2 merupakan varian terendah dalam keluarga Snapdragon 7 yakni Snapdragon 7+ Gen 2 dan Snapdragon 7 Gen 1.

Tentang penulis

Ageng Wuri

Reporter Gadgetren yang aktif menulis seputar berita terbaru di dunia smartphone, tablet, IoT, laptop, hingga peralatan elektronik rumahan.

Tinggalkan Komentar