ASUS TUF Gaming FX507
Berita Laptop / PC

Dell Umumkan Jejeran Laptop XPS Baru dengan Intel Core Ultra, Ini Keunggulannya

Dell Umumkan Jejeran Laptop XPS Baru dengan Intel Core Ultra, Ini Keunggulannya

Gadgetren – Dalam ajang Consumer Electronics Show (CES) yang akan digelar pada tanggal 9-12 Januari 2024 mendatang di Las Vegas, Dell Technologies akan segera memperkenalkan tiga laptop terbarunya untuk segmen bisnis dan konsumen yang meliputi XPS 13, XPS 14, dan XPS 16.

Nantinya ketiga laptop ini akan tersedia di Indonesia pada bulan Mei 2024. Namun begitu mengenai harga baru akan pihak Dell informasikan menjelang tanggal ketersediaannya.

Menariknya melalui seri XPS terbaru ini, Dell akan membenamkan prosesor Intel Core Ultra yang juga membawa fitur baru berupa dukungan akselerasi AI yang sudah terpasang secara bawaan di bagian dalam jeroan perangkat.

Dengan adanya dukungan AI, pengguna akan sekaligus dapat menikmati asisten AI milik Microsoft yakni Copilot pada sistem operasi Windows 11 sehingga mereka dapat menyelesaikan beragam pekerjaan dengan lebih mudah dan cepat.

Akses fitur Copilot ini akan disediakan melalui satu tombol khusus pada laptop seri XPS sehingga pengguna dapat memiliki akses cepat ke AI untuk menjalani aktivitas seharian.

Disisi lain dengan penggunaan fitur AI pada prosesornya, kinerja seri XPS ini juga disebut akan turut memiliki ketahanan masa baterai yang lebih panjang.

Hal tersebut berdasarkan pengujian Benchmark dari Intel. Ditambah lagi ketiganya akan didukung fitur  ExpressCharge yang diklaim dapat mengisi ulang daya dari 0% menjadi 80% hanya dalam 60 menit.

Terkait performa pacu, masing-masing model XPS terbaru ini akan ditenagai varian prosesor Intel Core Ultra yang berbeda. XPS 13 akan ditenagai hingga prosesor Intel Core Ultra 7 yang dipadukan prosesor grafis Intel Arc.

Dell-XPS-16-ilustrasi

Dell XPS 16 Graphite

Sementara XPS 14 akan ditenagai prosesor Intel hingga Core Ultra 7 yang ditemani prosesor grafis NVIDIA hingga GeForce RTX 4050 yang dapat mendukung pengguna yang memiliki profesi pembuat konten maupun editor video dan pekerja kreatif lainnya.

Sedangkan untuk XPS 16 akan menggunakan prosesor Intel hingga Core Ultra 9 yang ditemani kartu grafis NVIDIA hingga GeForce 4070 yang juga akan cocok untuk pengguna yang sering membuat konten video dan membantu memudahkan pekerjaan dengan tugas serta beban kerja yang lebih kompleks.

Menurut situs Intel, prosesor Intel Core Ultra 9 juga mumpuni digunakan untuk bermain game berat, menghadirkan fitur AI-enhanced video editing atau peningkatan pengeditan video dengan AI, menyajikan aktivitas multitasking lebih cepat, dan memiliki efek AI untuk pengoptimalan panggilan video.

Dell-XPS-14-depan

Dell XPS 14 Graphite

Ketiga laptop seri XPS ini sama-sama akan menyediakan memori LPDDR5x hingga 64GB dan penyimpanan internal hingga 4TB. Kemudian seri XPS baru ini akan hadir dalam dua varian warna meliputi Platinum dan Graphite.

Sesuai namanya, XPS 13 akan tebar pesona dengan ukuran layar 13,4 inci, XPS 14 akan memiliki layar berukuran 14,5 inci, dan XPS 16 akan mempunyai ukuran layar 16,3 inci. Ketiganya akan menampilkan bingkai tipis yang disebut InfinityEdge dan menggunakan panel OLED.

XPS 16 juga akan mempunyai pilihan resolusi paling tinggi diantara kedua saudaranya yakni 4K+. Untuk panggilan video, ketiganya akan menggunakan kamera webcam 1080p yang dapat menawarkan kemampuan dapat meredam suara bising di sekitar pengguna dan menjernihkan kualitas video.

Laptop seri XPS baru ini juga akan memiliki empat speaker yang telah didukung Dolby Atmos untuk mengeluarkan suara yang hidup.

Selain itu, seri XPS terbaru ini disebut terbuat dari material bahan ramah lingkungan yang didesain dengan aluminium daur ulang dan aluminium rendah emisi yang terbuat dari sumber energi terbarukan sehingga dapat mengurangi jejak karbon hingga 89%. Kemasan setiap model seri XPS juga menyediakan boks yang dibuat dari bahan daur ulang.

Tentang penulis

Ageng Wuri

Reporter Gadgetren yang aktif menulis seputar berita terbaru di dunia smartphone, tablet, IoT, laptop, hingga peralatan elektronik rumahan.

Tinggalkan Komentar