ASUS TUF Gaming FX507
Tips dan Trik Aplikasi

Cara Pengaduan PLN Lewat WhatsApp yang Sangat Mudah

Cara Pengaduan PLN Lewat WhatsApp Header

Gadgetren – Sejak tahun 2020, pemerintah telah mengumumkan layanan pengaduan listrik melalui WhatsApp ke nomor 08122123123 sebagai pilihan akses lain menambah dari saluran telepon biasa ke 123 dan melalui aplikasi mobile PLN.

Selain itu proses pengaduan juga bisa melalui situs PLN dan akun media sosial resmi PLN di Twitter. Pelanggan yang ingin mengajukan pengaduan akan diminta nomor ID meternya untuk dideteksi adanya gangguan yang sedang dialami dalam penggunaan listrik maupun wilayah.

Biasanya pengaduan gangguan listrik bisa berupa gagal memasukkan nomor listrik untuk pelanggan token listrik, penggunaan elektronik yang melebihi kapasitas listrik sehingga harus ditambah, listrik yang diambil tanpa sepengetahuan pemilik, dan masih banyak lagi.

Cara Pengaduan Listrik PLN Lewat Layanan WhatsApp

  • Pastikan kamu memiliki kuota internet atau terhubung ke WiFi.
  • Simpan nomor layanan WhatsApp PLN 08122123123 di ponsel kamu.
  • Buka aplikasi WhatsApp di ponsel kamu.
  • Ketuk ikon pesan baru di WhatsApp dan cari nomor PLN yang sudah disimpan.
  • Kamu bisa ketik pesan apa saja misalnya dengan kata menyapa.
  • Kemudian kamu bisa mengikuti perintah admin selanjutnya seperti memasukkan ID meter PLN rumah kamu.
  • Kamu juga akan diminta untuk memberikan keluhan pengaduan.
  • Lalu admin akan memastikan data.
  • Setelah selesai, kamu akan menerima tanda bukti pengaduan berupa kode khusus yang harus dicatat.
  • Kamu bisa melacak status pengaduan kamu secara berkala melalui WhatsApp maupun aplikasi mobile PLN.

Untuk pengaduan listrik melalui saluran WhatsApp pada dasarnya sama seperti pengaduan melalui saluran telepon. Biasanya akan ada waktu pengecekan dari pihak PLN dalam waktu 1 x 24 jam atau seharian dan bisa hingga lebih dari satu hari.

Jika pengecekan selesai, maka petugas akan datang ke lokasi pengaduan atau rumah dengan nomor ID meter yang telah diajukan. Kamu bisa menyiapkan kode pengajuan yang telah diberikan untuk berjaga-jaga ketika diminta oleh petugas.

Setelah itu petugas akan melakukan perbaikan secara langsung. Bagi pengaduan gagal memasukkan nomor token listrik, biasanya kamu akan menerima WhatsApp dari petugas untuk memasukkan rangkaian nomor sebanyak tiga kali untuk dapat mengisi listrik lagi. Sementara untuk pengaduan gagal memasukkan nomor token listrik, biasanya petugas tidak harus datang.

Tentang penulis

Ageng Wuri

Reporter Gadgetren yang aktif menulis seputar berita terbaru di dunia smartphone, tablet, IoT, laptop, hingga peralatan elektronik rumahan.

Tinggalkan Komentar