ASUS TUF Gaming FX507
Smartphone

8 Kelebihan dan Kekurangan itel P55 5G, Ponsel 5G Termurah!

Kelebihan dan Kekurangan itel P55 5G - Header

Gadgetren – Dengan banderol harga Rp1.799.000, itel P55 5G jelas dapat menjadi alternatif yang sangat bagus saat kita memerlukan ponsel berjaringan 5G tetapi hanya mempunyai dana sangat terbatas.

Apalagi sampai pada saat tulisan diterbitkan, belum ada manufaktur yang berani menghadirkan dukungan jaringan 5G ke pasar di bawah Rp2 juta selain itel melalui ponsel ini. itel P55 5G baru satu-satunya perangkat yang berkenan untuk membawanya.

Kita yang masih ragu-ragu untuk meminang perangkat ini pun dapat mempertimbangkan kelebihan dan kekurangannya. Perlu dicatat bahwa itel P55 5G sebenarnya tak hanya mengandalkan jaringan 5G untuk menggoda para pengguna.

Kelebihan itel P55 5G

1. Murah

Mempertimbangkan dukungan jaringan 5G yang dibawanya, itel P55 5G termasuk ponsel yang sangat terjangkau. Kita di sisi lain juga masih bisa mendapatkan harga yang jauh lebih murah dari banderol normalnya karena tersedia diskon hingga Rp200 ribu ketika melakukan pembelian selama promosi.

Paket penjualan dari itel P55 5G apalagi terbilang sangat lengkap. Di dalamnya, sudah mencakup pengisi daya, kabel data, casing, dan lapisan pelindung layar selain perangkat itu sendiri. Terdapat juga berbagai macam bonus pembelian seperti TWS T1 Neo, earphone N75, earphone IEP12, atau Powerbank Star-100PF selama persediaan masih ada.

2. Chipset Kenceng

Hadir dengan jaringan 5G mengartikan bahwa chipset yang digunakan oleh itel P55 5G sangat bertenaga dibandingkan perangkat-perangkat sekelasnya. Jadi bisa diajak melakukan aktivitas apa saja yang mana bahkan sangat mumpuni untuk bermain game.

Secara khusus, itel dalam hal ini sudah menggunakan MediaTek Dimensity 6080. Chipset yang mana umumnya masih digunakan untuk menyasar pasar dengan rentang harga mulai dari Rp2,5 jutaan tersebut menawarkan perpaduan antara ARM Cortex-A76 dan Cortex-A55 berkecepatan hingga 2,4GHz.

Chipset bermanufaktur 6nm tersebut mampu menembus skor lebih dari 400 ribu poin ketika diuji dengan aplikasi AnTuTu versi 10. Padahal untuk kebanyakan ponsel di bawah Rp2 juta, biasanya hanya berkisar 200 ribuan poin saja.

3. Dukungan Memori Bagus

Tidak hanya dari chipset-nya saja, dapur pacu itel P55 5G juga sangat bertenaga karena perusahaan itel menggunakan dukungan memori yang sangat bagus. Perangkat ini mengemas RAM maupun media penyimpanan dengan kapasitas yang besar.

Di Indonesia, itel P55 5G meluncur dengan membawa RAM berkapasitas sebesar 6GB. Kita pun dapat memperluasnya dengan tambahan memori virtual hingga 6GB menggunakan fitur Extended RAM apabila merasa masih kurang lancar.

Sementara untuk media internalnya, itel P55 5G menawarkan kapasitas hingga 128GB. Terdapat juga slot kartu Micro SD di mana bisa dipakai untuk menambah ruang penyimpanan apabila kumpulan data yang ingin disimpan terlalu besar.

Media penyimpanan internal dari itel P55 5G juga sangat menarik karena sudah menggunakan tipe UFS. Di atas kertas, kemampuan baca-tulis data dari perangkat ini pun dapat berlangsung lebih cepat daripada eMMC yang masih jadi andalan kebanyakan ponsel sekelasnya.

4. Baterai Besar

Agar dapat mengakomodasi setiap aktivitas pengguna, itel mempersenjatai perangkat buatannya ini dengan baterai yang besar. Kita pun tidak perlu takut akan cepat kehabisan daya ketika menggunakan itel P55 5G untuk menjalani rutinitas.

Baterai itel P55 5G secara teknis berkapasitas sebesar 5.000mAh. Dalam klaimnya, bakalan mampu bertahan hingga 8,4 jam untuk bermain game, 10 jam bercakap-cakap dengan aplikasi pesan, 17 jam menonton video, 31 jam melakukan panggilan telepon, atau 100 jam memutar musik.

Yang tak kalah menarik, itel P55 5G juga sudah dipersenjatai dengan teknologi 18W Fast Charge. Kita pun dapat mengisi baterai miliknya dengan waktu lebih singkat daripada pengisian standar ponsel seharga kurang dari Rp2 juta.

5. Kamera OK

Meskipun bukan dirancang sebagai ponsel untuk fotografi, dukungan kamera yang dibawa oleh itel P55 5G sudah tergolong bagus di kelasnya. Perangkat ini dipersenjatai dengan lensa utama beresolusi 50MP dengan tambahan lensa AI sebagai penunjang.

Dikombinasikan bersama chipset Dimensity 6080 yang mempunyai dukungan ISP (Image Signal Processor) cukup baik, kualitas gambar dari itel P55 5G pun sudah lumayan memuaskan. Perekaman video perangkat ini bahkan bisa diatur hingga resolusi 2K pada 30fps.

6. Masih Bawa Sensor Pemindai Sidik Jari

Dibekali dengan spesifikasi tinggi dan berbagai macam fitur unggulan, tidak membuat itel P55 5G menanggalkan dukungan pemindai sidik jari. Kita pun masih dapat membuka kunci layar atau aplikasi dengan sensor biometrik tersebut.

Kekurangan itel P55 5G

1. Belum Punya Sensor Proximity

Dengan berbagai macam keunggulannya, itel P55 5G pun meluncur dengan fitur yang terbilang kurang lengkap. Kita di antaranya tidak akan menemukan sensor proximity yang dapat membantu kita mengatur tingkat kecerahan layar secara otomatis.

Absennya fitur tersebut pun tentu mengharuskan kita mengatur tingkat kecerahan secara manual saat perlu berpindah-pindah tempat dengan kondisi cahaya berbeda. Untung, kita dapat melakukannya dengan praktis melalui pintasan di panel cepat.

2. Jaminan Pembaruan Dipertanyakan

Selain fiturnya yang kurang lengkap, jaminan pembaruan sistem untuk itel P55 5G perlu dipertanyakan. Perusahaan itel soalnya tidak mengungkapkan sama sekali sampai seberapa lama perangkat ini dapat mendapatkan pemutakhiran.

Kabar baiknya, itel P55 5G sudah meluncur dengan sistem operasi Android yang paling mutakhir saat artikel diterbitkan. Perangkat ini sudah menggunakan Android 13 yang dibalut dengan antarmuka itel OS 13.

Tentang penulis

Sukindar

Penulis Gadgetren yang aktif membuat konten tentang panduan teknologi mulai dari cara menggunakan hingga membahas istilah-istilah khusus di dalamnya.

Tinggalkan Komentar