ASUS TUF Gaming FX507
Tips dan Trik Handphone

Cara Melihat Password WiFi yang Tersimpan di iPhone Buat Berbagi

Cara Melihat Password WiFi di iPhone yang Tersimpan - Header

Gadgetren – Di sistem operasi iOS generasi baru, kita dapat membagikan password dari berbagai macam sambungan WiFi yang sudah tersimpan di perangkat iPhone dengan lebih mudah.

Sistem iOS kini soalnya mempunyai opsi yang dapat dipakai untuk melihat sekaligus menyalin semua password WiFi tersimpan. Berbeda dari fungsi yang sudah ada sebelumnya, kita tetap dapat memakai dukungan ini untuk berbagi sambungan meski tidak memakai jaringan terkait dan saling menyimpan Apple ID.

Menggunakan opsi untuk melihat dan menyalin password WiFi yang tersimpan di iPhone pun sangat mudah. Namun supaya bisa memakainya, kita memang perlu memasang sistem iOS generasi baru karena tidak tersedia untuk versi lama.

Cara Melihat Password WiFi di iPhone yang Tersimpan

  • Buka halaman Settings.
  • Masuk ke menu pengaturan Wi-Fi.
  • Ketuk menu Edit di pojok kanan atas.
  • Lakukan autentikasi dengan passcode, Face ID, atau Touch ID jika diminta.
  • Setelah bagian Known Networks terbuka, cari nama sambungan WiFi yang ingin dilihat.
  • Ketuk tombol Info (ikon huruf i) di samping nama WiFi tersebut.
  • Ketuk kolom Password.
  • Gunakan passcode, Face ID, atau Touch ID sesuai pengunci yang digunakan.
  • Gunakan menu Copy jika ingin menyalin password dan membagikannya.

Yang sangat menarik, dukungan melihat password WiFi ini sebenarnya tidak hanya berlaku untuk jaringan-jaringan yang pernah tersambung dengan iPhone saja. Daftar Known Networks soalnya juga dapat menampilkan data dari perangkat Apple lain yang menggunakan iCloud Keychain.

Perlu diketahui bahwa tidak semua WiFi yang ditampilkan di daftar Known Networks akan dilengkapi dengan kolom Password. Beberapa sambungan soalnya memang diatur tanpa kunci supaya bisa diakses secara bebas oleh banyak orang.

Dalam hal ini, kita sebenarnya bisa melihat apakah jaringan WiFi dikunci atau tidak tanpa perlu membuka pengaturannya. Ada indikator berupa ikon gembok di samping nama sambungan yang dapat digunakan sebagai penanda.

Hadirnya dukungan untuk melihat password WiFi yang tersimpan di iPhone pun bakal sangat berguna bagi pengguna. Khususnya bagi kita yang ingin membagikan pengaturan jaringan ke perangkat di luar ekosistem buatan Apple.

Dukungan untuk melihat password WiFi yang tersimpan di iPhone sayangnya baru tersedia untuk sistem iOS 16 ke atas. Apabila memakai perangkat yang tidak mendukungnya, kita terpaksa memakai opsi berbagi yang sudah ada atau memanfaatkan aplikasi pihak ketiga.

Tentang penulis

Sukindar

Penulis Gadgetren yang aktif membuat konten tentang panduan teknologi mulai dari cara menggunakan hingga membahas istilah-istilah khusus di dalamnya.

Tinggalkan Komentar