ASUS TUF Gaming FX507
Tips dan Trik Operator Seluler

Cara Mengatasi Error Login ke Jaringan Indosat IM3 yang Muncul

Cara Mengatasi Login ke Jaringan Indosat IM3 Header

Gadgetren  Meskipun Indosat IM3 sudah hadir lama di Indonesia, namun pada suatu waktu jaringan internetnya bisa saja menjadi tidak stabil.

Bahkan akan muncul notifikasi login ke jaringan Indosat IM3 pada di ponsel. Hal ini biasanya disebabkan karena kartu SIM gagal terhubung dengan jaringan seluler sehingga kamu tidak dapat mengakses internet untuk browsing atau aktivitas lainnya.

Tentunya notifikasi tersebut pun dirasa sangat mengganggu ketika muncul terus menerus dan tidak dapat mengakses jaringan internet dengan benar. Kamu pun dapat menggunakan beberapa berikut untuk mengatasi atau menghilangkan login ke jaringan Indosat IM3.

1. Pastikan Kuota Tersedia

Kamu dapat mengecek apakah masih memiliki kuota internet dari paket data yang dimiliki. Mudahnya, kamu dapat mengetik SMS dengan kata kunci USAGE dan kirim ke 363.

Alternatif lainnya dengan menggunakan kode USSD *123# yang dapat diakses dari aplikasi Phone. Nantinya kamu dapat mengikuti dan memilih menu-menu untuk mengecek sisa kuota internet.

Apabila kuota internet tidak ada sama sekali, maka kamu dapat membeli paket data terlebih dulu untuk menghilangkan notifikasi login ke jaringan Indosat IM3.

Perlu dicatat bahwa pengecekan melalui aplikasi MyIM3 tidak dapat dilakukan apabila kuota paket data kamu telah habis karena informasi hanya dapat ditampilkan aplikasi ketika ponsel memiliki akses internet.

2. Atur APN Ponsel

Biasanya APN (Access Point Names) akan diatur secara otomatis oleh operator ketika kartu SIM telah dimasukkan ke dalam perangkat. Namun ada kalanya terdapat masalah pada APN yang diatur secara otomatis tersebut sehingga menyebabkan muncul notifikasi Login ke Jaringan Indosat IM3.

Pengaturan APN Pada Android

  • Buka aplikasi Settings
  • Pilih menu Mobile Network Setting
  • Pilih opsi Access Poin Names
  • Isi pengaturan APN Baru

Pengaturan APN Pada iPhone

  • Buka aplikasi Settings
  • Pilih menu Cellular
  • Pilih opsi Cellular Data Options
  • Pilih menu Cellular Data Network
  • Isi Pengaturan APN

Sementara untuk data yang diisi pada pengaturan APN bisa diisi untuk kolom APN name: Indosatgprs, Username: Dikosongkan, dan Password: Dikosongkan.

3. Pindah Lokasi

Pada saat sedang berada di lokasi tertentu, jaringan seluler dari Indosat IM3 yang didapat bisa saja lemah atau tidak ada sama sekali. Hal inilah yang membuat kartu SIM tidak dapat mengakses internet sehingga memunculkan pesan error tersebut.

Hilangnya akses internet akan membuat sistem tidak bis terhubung dengan jaringan Indosat IM3. Nantinya saat kamu berpindah ke lokasi yang punya jaringan lebih baik, notifikasi akan menghilang dengan sendirinya.

4. Segarkan Jaringan Indosat IM3

Saat ponsel sudah digunakan cukup lama, terkadang sistem operasi mengalami error atau bug sehingga membuat kartu SIM menjadi tidak terkoneksi dengan server dan menampilkan notifikasi Login ke jaringan Indosat IM3.

Kamu pun dapat melakukan refresh dengan mengaktifkan Airplane mode untuk menonaktifkan sementara jaringan internet. Selanjutnya, kamu dapat mengaktifkan kembali fitur seluler agar kartu SIM dapat kembali terhubung dengan jaringan Indosat IM3.

Seharusnya notifikasi Login ke jaringan Indosat IM3 menghilang ketika akses internet sudah kembali didapatkan oleh ponsel. Selain itu, pastikan kamu memilih mode jaringan yang sesuai tergantung dengan dukungan seluler dari perangkat yang tersedia.

5. Pastikan Nomor Indosat IM3 Aktif

Notifikasi Login ke jaringan Indosat IM3 bisa juga terjadi ketika nomor Indosat IM3 dari prabayar kamu sudah melewati batas masa aktif dan sedang memasuki masa tenggang.

Sebaiknya kamu langsung membeli paket data agar masa aktif dapat diperpanjang jika notifikasi error tersebut muncul. Sementara bagi pengguna Indosat IM3 pascabayar, pastikan sudah membayar tagihan pemakaian setiap bulannya.

Tentang penulis

Adhitya W. P.

Penulis pertama di Gadgetren yang biasa dikenal dengan Agan Adhit. Pengalaman belasan tahun menulis membuatnya hafal berbagai keunggulan dan kelemahan produk teknologi terutama handphone.

Tinggalkan Komentar