ASUS TUF Gaming FX507
Operator Seluler

Kuota Indosat IM3 Tidak Bisa Digunakan? Ternyata Ini Penyebabnya

Kuota Indosat IM3 Tidak Bisa Digunakan Header

Gadgetren – Sebagai salah satu operator di Tanah Air, Indosat Ooredoo Hutchison telah menghadirkan layanan Indosat IM3 yang dapat dinikmati oleh berbagai kalangan dengan harga terjangkau.

Indosat IM3 juga menawarkan paket internet yang dapat digunakan di berbagai daerah di Indonesia. Namun ada kalanya pada saat telah membeli paket internet, justru ada kuota Indosat IM3 yang tidak bisa digunakan sama sekali.

Namun perlu dipahami pasti terdapat beberapa sebab yang membuat kuota Indosat IM3 tidak bisa digunakan mulai dari pihak Indosat sendiri, kartu SIM, handphone, dan masih banyak lagi.

Kenapa Kuota Indosat IM3 Tidak Bisa Digunakan?

1. Terjadi Gangguan Jaringan

Hal yang paling sering kuota Indosat IM3 tidak dapat digunakan sama sekali dikarenakan telah terjadi gangguan pada server Indosat Ooredoo Hutchison sehingga membuat jaringan internetnya pun menjadi bermasalah dan sulit terhubung.

Kamu pun hanya bisa menunggu agar server kembali normal. Selain itu, sebaiknya kamu juga mengaktifkan Airplane mode untuk menonaktifkan selular agar tidak boros energi dan dapat coba menghubungkannya ke jaringan Wi-Fi terdekat.

2. Kartu SIM Belum Diregistrasi

Untuk saat ini, semua kartu SIM yang dibeli dan beroperasi di Indonesia diwajibkan untuk didaftarkan identitas penggunanya dengan menggunakan NIK (Nomor Induk KTP) dan Nomor KK.

Hal ini dimaksudkan untuk mengurangi penipuan yang terjadi. Biasanya walaupun paket internet dapat dibeli, namun kuota Indosat IM3 tidak dapat digunakan ketika NIK dan nomor KK belum didaftarkan.

Oleh karena itu kamu perlu mengaktifkannya terlebih dahulu melalui SMS dengan mengirimnya ke nomor 4444. Setelah registrasi identitas berhasil, seharusnya kuota internet Indosat IM3 dapat digunakan.

3. Setting APN yang Salah

Pada saat kamu menyematkan kartu SIM Indosat IM3, seharusnya APN sudah diatur secara otomatis oleh operator. Namun ada kalanya terjadi error atau kesalahan pada pengaturan APN yang tidak diketahui.

Apabila APN Indosat IM3 yang terpasang terjadi kesalahan, maka kamu dapat mengaturnya secara manual atau melakukan reset pengaturan jaringan agar kembali seperti semula.

4. Kartu SIM Tidak Terbaca

Ada kalanya justru kartu SIM tidak dapat terbaca menjadi penyebab utama. Hal ini bisa karena beberapa faktor seperti usia kartu SIM yang sudah lama, bagian kuningannya yang sudah terkikis, dan lainnya.

Pada saat kartu SIM tidak terbaca, maka mau tidak mau kamu harus ke Gerai Indosat terdekat agar dibantu oleh staff untuk penggantian kartu SIM ke yang lebih baru dengan nomor yang tetap sama.

5. Syarat Kuota Tidak Terpenuhi

Meskipun jaringan Indosat IM3 pada saat berada di rumah dapat berjalan dengan lancar, namun pada saat berpindah ke lokasi lain tiba-tiba jaringan internet tidak tersedia. Hal ini biasanya sering terjadi pada kuota lokal dimana wilayah penggunaannya terbatas di wilayah mengaktifkan paket.

6. Sistem Ponsel Error

Biasanya pada setelah ponsel digunakan lama dan belum pernah dimatikan sama sekali, maka terkadang bisa muncul error pada sistem yang membuat kuota internet Indosat tidak dapat digunakan. Kamu pun dapat coba melakukan restart ponsel terlebih dulu agar sistem disegarkan dan kembali dengan normal.

7. Salah Pengaturan

Kamu dapat coba untuk memasukkan ke kartu SIM pada ponsel lain terlebih dulu. Apabila berjalan dengan normal di perangkat lain, maka kamu bisa melakukan Network Reset yang tersedia di pengaturan agar kembali seperti semula.

Selain itu kamu juga bisa melakukan Factory Reset agar sistem operasi kembali ke pengaturan semula layaknya seperti ponsel digunakan pertama kali. Namun perlu dicatat bahwa seluruh data akan terhapus sehingga kamu perlu mencadangkan dan mempertimbangkan opsi ini dengan matang sebelum melakukannya.

Tentang penulis

Adhitya W. P.

Penulis pertama di Gadgetren yang biasa dikenal dengan Agan Adhit. Pengalaman belasan tahun menulis membuatnya hafal berbagai keunggulan dan kelemahan produk teknologi terutama handphone.

Tinggalkan Komentar