ASUS TUF Gaming F15
Berita Smartphone

Hands-On OPPO Find N3 – Handphone Fold Flagship dengan Fitur Mumpuni

Hands-On Find N3 – Handphone Fold Flagship dengan Fitur Mumpuni

Gadgetren – Sebelum waktu peluncuran resminya di Indonesia, saya berkesempatan untuk melakukan hands-on dan menggenggam OPPO Find N3 secara langsung.

Meskipun ini merupakan generasi ketiga, namun OPPO Find N3 merupakan handphone fold resmi pertama OPPO yang masuk ke Indonesia. Dibandingkan generasi sebelumnya, Find N3 ini mengalami peningkatan dari sisi desain, kamera, dan tentunya spesifikasi hardware.

Pada saat perangkat ini dilipat, OPPO Find N3 tampak seperti handphone dengan bentuk yang proporsional dan tidak terlihat memanjang. Dengan begitu, saya merasa nyaman ketika melihat konten pada cover screen atau layar bagian depannya.

OPPO-Find-N3-HandsOn

Find N3 ini hadir dengan cover screen yang mempunyai lebar 6,31 inci dengan teknologi OLED, resolusi Full HD+ (2484 x 1116 piksel), Dolby Vision, 1,07 miliar warna, dan dilindungi Ultra-Thin Nanocrystal Glass yang mampu menampilkan konten dengan terang serta jernih sehingga memanjakan mata.

Bahkan dengan ketebalan 11,7 mm ketika dilipat membuat produk ini terasa nyaman ketika digenggam dengan tangan. Bisa dibilang ketebalan yang dimiliki Find N3 termasuk tipis untuk handphone jenis fold ketika dilipat.

Frame dan sebagian bodi dari perangkat ini menggunakan bahan logam sehingga membuatnya terasa kokoh ketika digenggam. Namun terdapat dua varian warna yang membuat permukaan belakangnya menjadi berbeda, yakni Classic Black dan Champagne Gold.

Classic Black ini mengusung warna hitam yang memberikan nuansa kalem ketika dilihat secara kasat mata. Apalagi bagian belakangnya menggunakan permukaan kulit sintetis yang terasa premium.

Sementara untuk Champagne Gold memberikan warna emas berkilauan yang memberikan kesan elegan. Meskipun menggunakan permukaan kaca pada bagian belakangnya, namun tidak terlalu licin ketika digenggam.

Masih di bagian belakangnya, terdapat tiga kamera belakang yang berada di dalam desain Cosmic Ring yang terlihat estetik dengan komposisi kamera utama, telephoto, ultrawide, LED Flash, dan tulisan H yang menjadi ciri khas Hasselblad.

Menariknya lagi, Find N3 ini akan menjadi lebih tipis lagi ketika direntangkan karena ketebalannya menjadi 5,8mm saja. Sementara layar utamanya akan terbentang dengan lebar 7,82 inci yang membuatnya menjadi bentuk tablet dengan area yang luas.

OPPO-Find-N3-Main Screen

Untuk menikmati hiburan, seperti menonton video atau memainkan game, pun terasa lebih nyaman karena layar utamanya ini memiliki teknologi OLED, resolusi QXGA+ (2440 x 2268 piksel), 1,07 miliar warna, Dolby Vision, dan dilindungi UTG.

Berkat penggunaan refresh rate 120Hz, membuat cover screen maupun layar utamanya dapat menampilkan gerakan transisi dan animasi game yang halus. Sedangkan touch sampling rate 240Hz mampu meningkatkan responsivitas sentuhan jari pada kedua layar di Find N3.

Dibandingkan generasi sebelumnya, Flexion Hinge generasi ketiga mengalami peningkatan menjadi lebih tipis, ringan, dan tahan lama. Bahkan Flexion Hinge ini mengadopsi desain baru dengan logam yang berbahan dasar zirkonium serta baja kelas pesawat terbang sehingga membuatnya kokoh dan mengalami pengurangan volume sebesar 15% dibandingkan generasi kedua.

Sistem lipatan pada Flexion Hinge pun mampu membuat lipatan di bagian tengah layar utamanya hampir tidak terlihat walaupun sering dibuka tutup. Pada saat saya membuka Find N3 pun, memang bagian lipatan dari layar utamanya hampir tidak terlihat sehingga membuat nyaman mata ketika menikmati konten.

Sementara dapur pacu dari OPPO Find N3 ini dipercayakan pada chipset Qualcomm Snapdragon 8 Gen 2 (4nm) Octa-Core 3,2 GHz yang memiliki performa cepat sehingga mampu menjalankan aplikasi maupun game dengan lancar.

OPPO Find N3 juga memiliki tiga speaker dengan dukungan Dolby Atmos yang mampu menghadirkan suara stereo dengan audio spasial yang membuat hiburan yang ditampilkan terasa lebih realistis.

OPPO-Find-N3- Bottom

Pada saat perangkat ini dilipat, terdapat lubang speaker, port USB Type-C, dan slot kartu SIM pada bagian bawahnya. Sementara pada bagian atas pun terdapat juga lubang speaker. Untuk bagian kanannya, terdapat tombol Alert Slider, Volume, dan Power.

Baterai 4.800mAh pun turut disematkan perangkat yang satu ini. Berkat hadirnya fitur 67W SUPERVOOC, membuat pengecasannya dari 0% ke 100% mampu berjalan hanya 42 menit saja.

OPPO Find N3 pun memiliki kemampuan fotografi yang dapat diandalkan karena memiliki tiga kamera belakang yang terdiri dari kamera utama 48 MP, ultrawide 48 MP, dan telephoto periskop 64 MP.

Apalagi OPPO bekerja sama dengan Hasselblad untuk dapat menghadirkan kamera yang mampu menghasilkan foto berkualitas bagus dan tajam pada OPPO Find N3 dengan berbagai macam jarak dan perbesaran.

OPPO-Find-N3- Mainscreen-Open

Untuk membuktikan kemampuan kameranya, saya pun mengambil beberapa foto dengan menggunakan perbesaran 0,6x (ultrawide), 1x (utama), 3x (telephoto), dan 6x (Lossless) pada menu Photo di aplikasi kamera bawaan Find N3.

Hasilnya foto yang dihasilkan pun terlihat tajam dan memiliki warna yang nyaman dilihat oleh mata. Pada 0,6x Zoom tentunya terlihat foto yang dihasilkan memiliki area yang luas.

Pada saat beralih ke 1x Zoom, hasil fotonya memiliki kualitas yang lebih meningkat dibandingkan 0,6x. Sementara pada saat menggunakan 3x Optical Zoom, hasilnya foto jarak jauh masih terjaga kualitasnya dengan sangat jelas. Bahkan pada penggunaan 6x Lossless Zoom, kamera Find N3 pun masih dapat menghasilkan foto yang bisa dibilang baik.

OPPO-Find-N3-Bianglala-Ultrawide-Zoom

0,6x Zoom (Ultrawide)

OPPO-Find-N3-Bianglala-1x-Zoom

1x Zoom (Utama)

OPPO-Find-N3-Bianglala-3x-Zoom

3x Optical Zoom (Telephoto)

OPPO-Find-N3-Bianglala-6x-Zoom

6x Lossless Zoom

Hadirnya telephoto periskop ini juga memungkinkan Portrait mode mampu melakukan 1x, 2x, hingga 3x Zoom. Terlihat bahwa kamera belakang Find N3 ini mampu menghasilkan foto Portrait dengan berbagai jarak yang menampilkan subjek dengan wajah yang cerah, namun memiliki efek bokeh yang dramatis.

Untuk itu, kamu dapat menilai sendiri hasil foto Portrait dari Find N3 pada gambar di bawah ini:

OPPO-Find-N3-1x-Portrait-fix

1x Portrait

OPPO-Find-N3-2x-Portrait

2x Portrait

OPPO-Find-N3-3x-Portrait

3x Portrait

Itulah pengalaman saya melakukan hands-on terhadap OPPO Find N3, namun kamu harus menunggu peluncuran resminya di Indonesia jika ingin mengetahui informasi lebih lanjut mengenai spesifikasi lengkap dan harga resminya.

Tentang penulis

Adhitya W. P.

Penulis pertama di Gadgetren yang biasa dikenal dengan Agan Adhit. Pengalaman belasan tahun menulis membuatnya hafal berbagai keunggulan dan kelemahan produk teknologi terutama handphone.

Tinggalkan Komentar