ASUS TUF Gaming FX507
Operator Seluler

Apa Itu ADN Telkomsel? Sebenarnya Bukan Masalah

Apa Itu ADN Telkomsel - Header

Gadgetren – Berkenalan dengan apa itu ADN memang perlu dilakukan oleh para pelanggan Telkomsel. Istilah tersebut soalnya dipakai dalam ketentuan untuk sejumlah produk milik mereka.

Misalnya pada jajaran paket telepon yang mereka tawarkan, sebagian besar di antaranya mempunyai ketentuan untuk tidak mendukung panggilan ke ADN. Padahal di sisi lain biasanya sudah dipakai untuk PSTN (Public Switched Telephone Network) atau menghubungi telepon rumah.

ADN sendiri sebenarnya bukan sebuah istilah baru dan tidak hanya Telkomsel yang menggunakannya. Namun jika masih belum pernah mendengarnya, kamu dapat menyimak penjelasannya secara lebih ringkas sebagai berikut.

Apa Itu ADN Telkomsel?

ADN merupakan kependekan kata dari Abbreviated Dialing Number. Secara khusus apabila diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia, istilah tersebut kurang lebih akan merujuk kepada nomor-nomor telepon dengan digit angka yang lebih singkat.

Nomor-nomor ADN dalam hal ini umumnya hanya terdiri dari dua hingga lima digit angka. Jadi nanti bisa terlihat singkat dan bersifat universal. Kita pun dapat lebih mudah untuk mengingatnya saat perlu menghubungi layanan-layanan yang bersangkutan.

Karena bisa bersifat universal dan mudah diingat, nomor ADN maka biasanya dipakai untuk memfasilitasi layanan publik seperti emergency service atau contact center. Contohnya seperti 188 untuk menghubungi call center Telkomsel, 110 untuk kepolisian, 113 untuk pemadam kebakaran, atau 119 untuk ambulans.

Oleh operator seluler di mana termasuk Telkomsel, ADN menariknya tak hanya dijadikan sebagai nomor call center. Beberapa digunakan untuk mendistribusikan konten atau menjalankan sejumlah layanannya. Nomor 4444 untuk registrasi kartu SIM termasuk salah satunya.

Secara khusus untuk Operator Telkomsel, ADN juga dipakai sebagai layanan dalam memasukkan voucher. Sebagian di antara kita makanya mungkin akan menjumpai peringatan “Maaf, ADN ini belum aktif” saat sistem mereka mengalami gangguan atau sedang dalam pemeliharaan.

Oleh karena itu apabila muncul peringatan “Maaf, ADN ini belum aktif” ketika memasukkan voucher, kita pun tak perlu panik dan takut kodenya bermasalah. Kita hanya perlu menunggu perbaikan atau pemeliharaan sistem Telkomsel selesai dan mencoba memakainya di waktu lain.

Namun apabila masih muncul peringatan tersebut setelah kurun waktu lama, maka ada baiknya untuk mencoba memuat ulang perangkat atau menghubungi pihak Telkomsel melalui layanan call center atau media sosial mereka jika belum terselesaikan.

Tentang penulis

Sukindar

Penulis Gadgetren yang aktif membuat konten tentang panduan teknologi mulai dari cara menggunakan hingga membahas istilah-istilah khusus di dalamnya.

Tinggalkan Komentar