ASUS TUF Gaming FX507
Berita Smartphone

Apple Pencil Baru Kini Hadir dengan Harga Ekonomis dan Usung USB Type-C

Apple Pencil Baru Kini Hadir dengan Harga Ekonomis dan Usung USB Type-C

Gadgetren – Selaras dengan hadirnya seri iPhone 15 yang menggunakan port pengisian daya USB Type C, Apple kini turut merilis Apple Pencil terbarunya dengan harga yang lebih murah dibandingkan Apple Pencil generasi pertama dan kedua.

Dibanderol dengan harga hanya $79 atau setara Rp1,2 jutaan, Apple Pencil dengan USB Type C ini akan tersedia pada awal November 2023 mendatang di pasar global dan akan secara bertahap masuk ke wilayah lainnya termasuk Indonesia.

Apple Pencil baru ini uniknya dilengkapi dengan kepala penutup yang bisa digeser di bagian atas untuk memperlihatkan port USB-C yang telah dibenamkan ke dalam bodinya. Dengan begitu memungkinkan pengguna mengisi daya dan memasangkannya melalui kabel USB-C ke sumber energi terdekat.

Dari segi desain Apple Pencil baru ini mengusung warna putih dengan sentuhan lapisan bodinya menggunakan finishing matte. Desainnya pun mirip seperti Apple Pencil generasi kedua yang bisa dilepas pasang dengan metode magnetik ke bagian samping iPad namun Apple Pencil baru ini akan memasuki mode tidur untuk menghemat masa pakai baterai.

Apple Pencil dengan USB Type C ini menawarkan latensi rendah dan sensitivitas kemiringan seperti model Apple Pencil lainnya. Akan tetapi kekurangannya tidak disediakan sensitivitas tekanan, pengisian daya nirkabel, ketuk dua kali untuk mengganti alat, dan pengukiran nama atau inisial secara gratis. 

Kekurangan yang tidak tersedia di Apple Pencil dengan USB Type C tersedia secara lengkap di Apple Pencil generasi kedua yang sudah dirilis sebelumnya. Menariknya Apple Pencil dengan USB Type C ini juga mendukung mode hover di iPad Pro terbaru yang mana tidak dimiliki oleh Apple Pencil generasi pertama.

Kompatibilitas Apple Pencil USB Type-C

Adapun semua model iPad yang dilengkapi port USB-C kompatibel dengan Apple Pencil terbaru ini termasuk iPad generasi ke-10, iPad Pro, iPad Air, dan iPad mini.

Bob Borchers selaku Apple’s vice president of Worldwide Product Marketing menyampaikan bahwa Apple Pencil telah merevolusi pencatatan, membuat sketsa, dan ilustrasi sehingga membuka kemungkinan tak terbatas untuk produktivitas dan kreativitas.

“Dikombinasikan dengan keserbagunaan iPad, Apple Pencil baru membuka opsi hebat lainnya untuk merasakan keajaiban tulisan tangan digital, anotasi, penandaan dokumen, dan banyak lagi,” terangnya. ?

Tentang penulis

Ageng Wuri

Reporter Gadgetren yang aktif menulis seputar berita terbaru di dunia smartphone, tablet, IoT, laptop, hingga peralatan elektronik rumahan.

Tinggalkan Komentar