ASUS TUF Gaming F15
Tips dan Trik Handphone

Cara Blokir SMS di HP Samsung Jika Merasa Terganggu

Cara Blokir SMS di HP Samsung - Header

Gadgetren – Jika merasa terganggu dengan pesan spam yang terus berdatangan, kita dapat memanfaatkan fitur blokir SMS yang kini hampir tersedia pada berbagai macam model ponsel untuk menguranginya.

Fitur untuk memblokir SMS pada ponsel apalagi sangat mudah untuk digunakan. Walaupun dalam hal ini, langkah-langkah untuk mengaturnya memang bisa berbeda-beda untuk setiap model di mana umumnya akan tergantung pada antarmuka sistem maupun versinya.

Samsung dengan antarmuka sistem One UI miliknya juga mempunyai fitur khusus yang mempunyai fungsi serupa. Kita pun dapat memakainya dengan mudah untuk memblokir SMS mengganggu dari nomor-nomor yang sudah tersimpan di ponsel maupun tidak dikenal.

Cara Blokir SMS di HP Samsung

  • Buka aplikasi Messages.
  • Ketuk tombol More options (ikon titik tiga) di sebelah kolom penelusuran.
  • Pilih menu Settings.
  • Masuk ke pengaturan Block numbers and spam.
  • Ketuk menu Block numbers.
  • Pilih opsi Messages atau Conversations di bawah kolom Add phone number.
  • Ketuk percakapan SMS yang mau diblokir.

Memblokir SMS di ponsel Samsung salah satunya dapat dilakukan secara langsung melalui layanan Messages. Kita pun dapat mengaksesnya lewat halaman pengaturan aplikasi tersebut sebagaimana langkah-langkah dalam penjelasan di atas.

Yang cukup menarik, aplikasi Messages di ponsel-ponsel Samsung sendiri sebenarnya juga akan langsung menyarankan sebuah opsi untuk memblokir SMS jika diterima dari nomor-nomor tidak dikenal atau belum pernah disimpan di perangkat.

Kita dalam hal ini biasanya akan langsung menjumpai tombol Block number di bawah nomor pengirim ketika membuka SMS terkait. Jika mau memblokirnya, kita pun hanya perlu mengetuk tombol tersebut lalu mengonfirmasinya dengan memilih Block. Jangan lupa mencentang Delete conversation apabila juga ingin menghapus seluruh percakapannya.

Sebagai alternatif lain, kita juga bisa memanfaatkan fungsi pemblokiran yang ada di aplikasi Contacts. Khususnya jika kita ingin memblokir pesan SMS dari nomor-nomor yang sebelumnya sudah pernah kita simpan di dalam penyimpanan perangkat.

Melalui Aplikasi Contacts

  • Buka aplikasi Contacts.
  • Cari dan pilih kontak yang ingin diblokir.
  • Ketuk tombol More options (ikon titik tiga) di pojok kanan bawah.
  • Pilih opsi Block contact.
  • Konfirmasi dengan mengetuk tombol Block.

Dengan menggunakan beberapa cara memblokir SMS di atas, ponsel Samsung milik kita tidak akan menerima pesan yang mengganggu dari nomor-nomor terkait lagi. Kita pun bisa sedikit terhindar dari spam, penipuan, maupun iklan yang mana sampai sekarang masih memakainya sebagai media.

Kita di samping itu kabar baiknya juga tidak akan mendapat panggilan telepon dari nomor-nomor tersebut. Di ponsel-ponsel buatan Samsung, fitur pemblokir SMS yang ditawarkan oleh One UI soalnya menjadi satu sekaligus dengan pemblokir kontak.

Tentang penulis

Sukindar

Penulis Gadgetren yang aktif membuat konten tentang panduan teknologi mulai dari cara menggunakan hingga membahas istilah-istilah khusus di dalamnya.

Tinggalkan Komentar