ASUS TUF Gaming FX507
Smartphone

Samsung Galaxy A05 Vs Galaxy A04, Bawa Banyak Peningkatan

Samsung Galaxy A05 Vs Galaxy A04 - Header

Gadgetren – Setelah kurang lebih satu tahun, Samsung Indonesia akhirnya memperkenalkan perangkat bernama Galaxy A05 untuk menyegarkan lini Galaxy A04 yang meluncur pada Bulan Oktober 2022 silam.

Perangkat yang kini sudah bisa dipinang melalui halaman https://www.samsung.com/id/ tersebut menariknya membawa sejumlah peningkatan jika dibandingkan dengan pendahulunya. Dalam hal ini, sebagian bahkan membuatnya semakin layak untuk dipertimbangkan.

Dengan peningkatan-peningkatan yang diusungnya, Galaxy A05 sayangnya memang dibanderol sedikit lebih mahal ketimbang pendahulunya. Perangkat tersebut baru bisa dipinang mulai dari Rp1.499.000.

Perbedaan Samsung Galaxy A05 Vs Galaxy A04

Peningkatan paling signifikan dari Galaxy A05 pun terletak pada aspek kinerja. Perangkat baru tersebut kini menggunakan chipset MediaTek Helio G85 untuk menggantikan MediaTek Helio P35 yang menjadi dapur pacu Galaxy A04.

Secara teknis, Helio G85 menawarkan kinerja dan dukungan yang lebih baik. Chipset tersebut soalnya sudah dikembangkan memakai arsitektur ARM Cortex-A75 dan ARM Cortex-A55 yang notabene lebih mutakhir ketimbang ARM Cortex-A53 pada Helio P35.

Belum lagi pada Galaxy A05, Samsung memadukan chipset ini dengan RAM mulai dari 4GB. Sementara pada Galaxy A04 sebelumnya memasang Helio P35 dengan kapasitas mulai dari 3GB. Perlu diingat bahwa kedua model ponsel tersebut sebenarnya juga sama-sama mempunyai varian 6GB.

Selaras dengan peningkatan memori ini, media penyimpanan yang ditawarkan oleh Galaxy A05 juga dibuat menjadi sedikit lebih longgar. Perangkat tersebut kini tersedia dengan pilihan antara 64GB atau 128GB padahal Galaxy A04 dulunya hanya 32GB atau 64GB.

Selain peningkatan di sektor dapur dan pengolahan data, Galaxy A05 juga tercatat membawa layar dengan ukuran yang lebih besar. Perangkat tersebut mempunyai panel seluas 6,7 inci yang mana meningkat sekitar 2 inci ketimbang Galaxy A04 meski jenis dan resolusinya serupa.

Untuk memberikan pengalaman yang lebih baik dalam mengabadikan momen penting dalam kehidupan sehari-hari, Galaxy A05 kini juga telah mengadopsi kamera depan 8MP. Tercatat sedikit meningkat jika dibandingkan dengan Galaxy A04 yang sebelumnya hanya beresolusi 5MP.

Hadirnya teknologi 25W Super Fast Charging pada Galaxy A05 juga menjadi sebuah peningkatan yang sangat menarik. Karena sama-sama mengusung baterai berkapasitas 5.000mAh, perangkat tersebut pun bisa mengisi daya dengan waktu lebih singkat daripada Galaxy A04.

Tentang penulis

Sukindar

Penulis Gadgetren yang aktif membuat konten tentang panduan teknologi mulai dari cara menggunakan hingga membahas istilah-istilah khusus di dalamnya.

Tinggalkan Komentar