Smartphone

iPhone 14 Vs iPhone 14 Pro – Banyak Perbedaan Yang Patut Dipertimbangkan

iPhone 14 Vs iPhone 14 Pro Header

Gadgetren – Seri Apple iPhone 14 secara resmi telah bisa dipesan di pasar global dengan beragam varian.

Sebagai generasi terbaru, justru Apple tidak memberikan banyak pembaruan khususnya pada versi standarnya. Namun tetap menghadirkan banyak pembaruan di lini Pro.

Hal tersebut pun membuat para penggemar iPhone di jagat maya menilai bahwa iPhone 14 sama seperti seri iPhone 13 yang dipasarkan tahun 2021. Tentunya sebagai generasi terbaru tetap membawa peningkatan walaupun tidak signifikan.

Dengan begitu bisa dibilang ada pembatas yang sangat tinggi antara versi standar dan Pro sehingga bisa dipastikan keduanya memiliki banyak perbedaan yang mencolok. Oleh karena itu sangat menarik kita bahas masing-masing perbedaan antara iPhone 14 versi standar versus Pro.

Perbedaan Apple iPhone 14 Vs iPhone 14 Pro

Dynamic Island 

Dynamic-Island-iPhone-14-Pro-dan-Pro-Max

Pembeda yang paling besar pada kedua perangkat ini terdapat pada fitur Dynamic Island. Fitur yang secara khusus dimiliki oleh iPhone 14 Pro dan Pro Max tersebut menjadi daya tarik tersendiri. Sementara iPhone 14 masih tampil dengan notch sebagai tempat kamera depan.

Dynamic Island merupakan fitur yang tersemat di sekitar kamera depan pada iPhone 14 yang secara otomatis akan muncul ketika pemberitahuan masuk. Di sana kamu bisa melihat beragam informasi seperti panggilan telepon, notifikasi dari aplikasi, dan masih banyak lagi.

Kamera 

Apple-iPhone-14-Pro-dan-iPhone-14-Pro-Max-Kamera-lebih-baik

Jika kamu lihat dari susunan modulnya saja, kedua perangkat ini menggunakan konfigurasi kamera belakang yang berbeda. iPhone 14 standar hanya memiliki dua lensa belakang sedangkan iPhone 14 Pro mempunya tiga lensa belakang.

Belum lagi resolusinya, lensa utama iPhone 14 Pro menggunakan resolusi 48MP dengan kemampuan piksel binning dibandingkan dengan iPhone 14 hanya menggunakan lensa utama 12MP.

Walaupun keduanya didukung lensa sudut lebar 12MP, namun iPhone 14 Pro yang diklaim mampu menghadirkan pemotretan minim cahaya tiga kali lebih baik, 3X pembesaran optik, dan Optical Image Stabilization (OIS).

Lensa sudut lebar iPhone 14 Pro sudah dibekali fotografi makro untuk memotret obyek kecil saat lensa sudut lebar iPhone 14 sayangnya belum menyediakan fitur tersebut. Tak hanya itu, LED Flash yang tersemat pada iPhone 14 Pro juga diklaim dua kali lebih cerah dibandingkan versi standar.

Modul kamera iPhone 14 Pro juga memiliki LiDAR (Light Detection and Ranging) Scanner yang bisa memindai beragam obyek bangunan dan juga bisa menghadirkan pengalaman AR. Terlebih lagi iPhone 14 Pro mempunyai fitur malam lewat teknologi LiDAR dan fitur fotografi canggih lainnya seperti mengambil gambar ProRAW dari lensa 48MP.

Perekaman video iPhone 14 Pro pun sudah ProRes video yang mana bisa menghasilkan resolusi 4K pada 30fps. Sementara iPhone 14 belum didukung ProRes video sehingga kualitas video pada versi Pro tentunya lebih baik.

Tampilan Layar

Apple-iPhone-14-Pro-dan-Pro-Max-Always-on-Display

Kedua perangkat ini memiliki tingkat kecerahan yang berbeda. iPhone 14 mampu menampilkan tingkat kecerahan dengan penggunaan normal 800nits, sedangkan iPhone 14 Pro mencapai 1.000nits. Di samping itu, iPhone 14 Pro lebih unggul pada mode tingkat kecerahan di luar ruangan yang bisa mencapai 2.000nits di mana iPhone 14 hanya 800nits.

Fitur Always on Display yang jadi pembeda berikutnya juga hanya tersedia pada iPhone 14 Pro. Saat pengguna tidur dan handphone dalam posisi terkunci, maka informasi tertentu masih bisa muncul. Lalu iPhone 14 Pro juga telah mendapatkan adaptive refresh rate dari 1Hz – 120Hz berkat ProMotion.

Performa Pacu

Chip-A16-Bionic-Apple-iPhone-14-Pro-dan-Pro-Max

Pada bagian dapur pacu, Apple memberikan tenaga terbaru pada iPhone 14 Pro dengan chipset A16 Bionic. Sementara iPhone 14 hanya mengandalkan chipset A15 Bionic yang sama dipakai generasi sebelumnya.

Lebih jauh, chipset A16 Bionic dibuat melalui fabrikasi 4nm, sedangkan chipset A15 Bionic dibuat melalui fabrikasi 5nm sehingga iPhone 14 Pro membawa peningkatan performa yang lebih kencang dibandingkan iPhone 14.

Di samping itu, chipset A16 Bionic telah berisi mesin pemrosesan gambar untuk menghadirkan fitur-fitur foto dan video lebih mutakhir. Menurut Apple, CPU dari chipset A16 Bionic diklaim memberikan penghematan daya hingga 20 persen.

Baterai

Dari segi ketahanan penggunaan, baterai iPhone 14 Pro dapat lebih bertahan lama dibandingkan dengan iPhone 14. Apple mengklaim bahwa untuk memutar video, iPhone 14 bisa digunakan 20 jam sedangkan iPhone 14 Pro bisa mencapai 23 jam.

Desain

Apple-iPhone-14-dan-iPhone-14-Plus-warna-

Secara fisik, tentunya iPhone 14 Pro memiliki bobot yang lebih berat mencapai 206 gram bila dibandingkan dengan iPhone 14 yang sekitar 172 gram. Material perangkat keduanya juga berbeda dimana iPhone 14 menggunakan aluminium sedangkan iPhone 14 Pro menggunakan stainless steel.

Berikutnya tak lupa warna yang ditawarkan juga berbeda. iPhone 14 memiliki varian yang berbeda sebut saja pada iPhone 14 Pro tersedia warna biru, ungu muda, putih, merah, dan hitam lalu untuk iPhone 14 Pro menyediakan warna ungu tua, hitam, putih, dan emas.

Tinggalkan Komentar