ASUS TUF Gaming FX507
Smartphone

Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy A05s, Layak Dipertimbangkan?

Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy A05s - Header

Gadgetren – Beberapa waktu kemarin, Samsung Indonesia kembali menyegarkan lini ponsel menengah ke bawah mereka dengan meluncurkan sebuah perangkat yang diberi nama Samsung Galaxy A05s.

Ponsel menengah tersebut pun dapat menjadi alternatif yang tak kalah menarik jika kita mempunyai dana di kisaran angka Rp2 jutaan. Galaxy A05s soalnya meluncur dalam varian memori tunggal yang mana sudah bisa dibawa pulang dengan harga Rp2.299.000.

Kita kini dapat meminangnya melalui halaman https://www.samsung.com/id/ maupun saluran penjualan yang lain. Hanya saja sebelum benar-benar melakukannya, ada baiknya untuk mempertimbangkan baik-baik kelebihan dan kekurangan perangkat tersebut supaya tidak menyesal.

Kelebihan Samsung Galaxy A05s

1. Didukung Sektor Daya yang Baik

Mirip seperti berbagai macam ponsel menengah ke bawah di masa sekarang, Galaxy A05s juga meluncur dengan baterai berkapasitas 5.000mAh. Kita makanya bisa beraktivitas dengan tenang tanpa khawatir perangkat bakal cepat kehabisan daya saat memakainya.

Dengan baterai berkapasitas 5.000mAh, kita secara teknis dapat memakai perangkat untuk menonton video, berjejaring sosial, hingga bermain game dengan durasi waktu yang lebih lama. Kita pun tidak perlu terlalu sering melakukan proses pengisian daya.

Apabila terpaksa untuk melakukan pengisian daya karena baterai habis ketika beraktivitas, kita hanya perlu menunggu sebentar agar perangkat bisa digunakan kembali. Galaxy A05s soalnya sudah mendukung teknologi 25W Super Fast Charging yang dapat mempersingkat durasinya.

2. Bawa Kapasitas Memori Besar

Berbasis Qualcomm Snapdragon 680 (6nm) berkecepatan hingga 2,4GHz, mesin utama Galaxy A05s pun dilengkapi dengan konfigurasi memori yang lumayan baik. Perangkat tersebut sudah membawa RAM maupun media penyimpanan internal berkapasitas besar.

Untuk RAM-nya, Galaxy A05s dilengkapi dengan kapasitas hingga 6GB. Sudah sangat cukup untuk menjalankan aplikasi sehari-hari atau melakukan proses multitasking. Perangkat tersebut di sisi lain juga mempunyai fitur RAM Plus yang dapat digunakan untuk mengekspansinya jika dirasa masih sangat kurang.

Sementara untuk media internalnya, ponsel menengah Samsung tersebut dibekali dengan ruang penyimpanan sebesar 128GB. Kita pun dapat lebih leluasa untuk menyimpan data atau memasang aplikasi tanpa khawatir akan cepat penuh.

Di samping itu, Galaxy A05s juga masih mendukung fitur slot kartu Micro SD yang mampu menangani kapasitas hingga sebesar 1TB. Jadi dapat menjadi salah satu solusi yang bisa dipakai untuk mengekspansi penyimpanan ketika media internal kepenuhan.

3. Usung Layar Beranimasi Tinggi

Meluncur dengan panel PLS TFT LCD, Galaxy A05s secara khusus menawarkan layar yang membentang hingga seluas 6,7 inci. Tampilan gambarnya pun akan terlihat dengan lebih baik karena perangkat tersebut sudah mendukung resolusi hingga Full HD+ (2400 x 1080 piksel).

Yang tak kalah menarik, layar Galaxy A05s juga mendukung setelan animasi tinggi yang dapat diatur menyesuaikan tayangan konten baik itu berupa video maupun game. Perangkat tersebut soalnya dilengkapi panel dengan refresh rate hingga 90Hz.

Panel ber-refresh rate hingga 90Hz ini memungkinkan kita menikmati tayangan animasi dari sebuah konten dengan gerakan-gerakan yang terlihat lebih halus. Jadi bisa tampak lebih natural saat menonton video, menggulirkan layar, atau bahkan bermain game.

4. Kamera Komplit

Meskipun menyasar kelas menengah ke bawah, Galaxy A05s menariknya masih disokong dengan kamera yang lumayan komplit. Perangkat tersebut makanya bisa diandalkan untuk mengabadikan berbagai macam momen penting dalam kehidupan sehari-hari.

Galaxy A05s dalam hal ini tercatat mempunyai kamera belakang berlensa tiga yang terdiri dari lensa utama beresolusi 50MP dengan tambahan sensor makro 2MP dan kedalaman 2MP. Sementara di bagian depan, terdapat lensa untuk selfie sebesar 13MP.

Kekurangan Samsung Galaxy A05s

1. Adaptor Dijual Terpisah

Dibanderol dengan harga Rp2.299.000, Samsung sayangnya memasarkan Galaxy A05s dengan adaptor pengisi daya terpisah dari paket penjualan. Artinya kita perlu menyisihkan sejumlah uang untuk membeli aksesori ini apabila belum memilikinya.

Perlu dicatat bahwa fitur 25W Super Fast Charging pun hanya dapat dimanfaatkan ketika kita menggunakan pengisi daya yang sesuai. Kita bisa membeli merek apapun tetapi sebaiknya mempertimbangkan produk-produk yang orisinal demi keamanan pemakaian.

Kabar baiknya selama masa promosi, pembelian Galaxy A05s melalui halaman https://www.samsung.com/id/ berkesempatan untuk memperoleh tambahan pengisi daya 25W Super Fast Charging asli Samsung yang mana setara dengan uang senilai Rp299 ribu. Jadi kita bisa lebih hemat.

2. Belum Ada NFC

Selain itu, dukungan yang diusung oleh Galaxy A05s juga bisa dibilang masih kurang lengkap. Perangkat tersebut salah satu di antaranya masih belum menyematkan fitur NFC (Near Field Communication) yang bisa memudahkan kita dalam beraktivitas.

Padahal jika mempertimbangkan sejumlah ponsel yang meluncur di rentang harga Rp2 jutaan dari manufaktur lain, fitur NFC pun sudah menjadi salah satu dukungan yang tak boleh dilewatkan. Kita soalnya dapat memanfaatkannya untuk mengerjakan beberapa hal seperti menghubungkan aksesori, melakukan transaksi nontunai, hingga mengecek saldo kartu e-money.

Tentang penulis

Sukindar

Penulis Gadgetren yang aktif membuat konten tentang panduan teknologi mulai dari cara menggunakan hingga membahas istilah-istilah khusus di dalamnya.

Tinggalkan Komentar