ASUS TUF Gaming FX507
Tips dan Trik Aplikasi

Cara Blokir Kontak di Telegram Agar Akun Tidak Lagi Muncul

Cara Blokir Kontak di Telegram Header

Gadgetren – Banyaknya fitur yang dihadirkan membuat Telegram menjadi salah satu aplikasi chat yang digunakan oleh banyak orang dari berbagai negara, termasuk Indonesia.

Selain melalui username, kamu juga dapat menambahkan pengguna lain pada aplikasi Telegram dengan menggunakan daftar kontak. Hal ini tentunya membuat Telegram sangat mudah digunakan.

Namun ada kalanya terdapat kontak yang sering mengganggu dan melakukan spam pesan sehingga membuatmu tidak nyaman. Untuk itu kamu dapat memblokir kontak tersebut di Telegram dengan mudah melalui fitur yang disediakan.

Kamu tinggal memilih kontak pada halaman Chat atau Utama di aplikasi Telegram dan langsung menekan tombol Block User agar kontak tersebut langsung tidak lagi bisa menghubungi kamu untuk selamanya.

Cara Blokir Kontak di Telegram

  1. Buka aplikasi Telegram.
  2. Login akun.
  3. Pada halaman Chat, kamu dapat mencari kontak yang akan diblokir.
    Telegram - Blokir - 1
  4. Tekan dan tahan kontak yang diinginkan hingga muncul logo Centang hijau.
  5. Klik menu Options berikon tiga titik di bagian kanan atas.
    Telegram - Blokir - 2
  6. Pada menu pop-up yang muncul, tekan tombol Block User.
    Telegram - Blokir - 3
  7. Pada menu pop-up Block [kontak], kamu juga dapat memberikan Report Spam dan Delete this Chat.
    Telegram - Blokir - 4 fix
  8. Terakhir, tekan tombol Block User
    Telegram - Blokir - 5 fix
  9. Selanjutnya, kontak tersebut akan diblok selamanya.

Dengan pemblokiran tersebut, akun atau kontak tidak akan dapat berkomunikasi dengan kamu lagi sehingga cocok untuk digunakan pada akun yang biasanya melakukan spam. Selain itu, kamu juga harus tetap waspada terhadap kontak lain yang sering mengirimkan link melalui chat.

Kamu jangan menekan link yang diberikan melalui chat dari kontak yang tidak dikenal karena biasanya berisikan malware berbahaya yang bisa saja mengambil akunmu secara paksa atau bahkan bisa membuka akun perbankan.

Perlu dicatat bahwa jika kamu memberikan tanda centang Report Spam saat menu pop-up Block [kontak] muncul, maka kontak tersebut juga akan dilaporkan sebagai spam ke pihak Telegram.

Semakin banyak orang yang melaporkan kontak tersebut sebagai penyebar spam, maka akan lebih cepat akun tersebut dihilangkan dari Telegram. Sementara apabila kamu memberikan centang pada Delete this Chat, maka kamu juga akan langsung menghapus semua chat dari kontak yang diblokir.

Meskipun Telegram merupakan salah satu aplikasi chat yang multifungsi, namun banyak juga akun atau kontak tidak bertanggung jawab maupun yang mengundang ke grup-grup yang tidak jelas sama sekali. Jadi tetap berhati-hati ketika menggunakan Telegram karena kejahatan bisa terjadi selama ada kesempatan.

Tentang penulis

Adhitya W. P.

Penulis pertama di Gadgetren yang biasa dikenal dengan Agan Adhit. Pengalaman belasan tahun menulis membuatnya hafal berbagai keunggulan dan kelemahan produk teknologi terutama handphone.

Tinggalkan Komentar