ASUS Vivobook S 14 OLED S5406
Tips dan Trik Aplikasi

Cara Membuat Channel WhatsApp (WA) Untuk Bagikan Informasi

Cara Membuat Channel WhatsApp Header

Gadgetren – Sebagai salah satu aplikasi chat populer di berbagai negara, WhatsApp telah menghadirkan dan memperbarui fitur-fiturnya agar membuat penggunanya betah dalam berkomunikasi pada aplikasinya.

WhatsApp pun menghadirkan fitur Channel yang memungkinkan perorangan atau organisasi dapat menghadirkan update informasi, link, video, berita, dan lainnya kepada pengikutnya.

Perlu dicatat bahwa kamu harus memastikan bahwa aplikasi WhatsApp telah masuk ke versi terbaru agar bisa memunculkan fitur Channel. Nantinya fitur Channel akan berada di dekat Status pada tab Updates.

Untuk bisa membuat Channel WhatsApp sendiri saat ini masih dibatasi untuk organisasi, beberapa public figure, dan pengguna tertentu sehingga mungkin sebagian dari kalian yang sudah mendapatkan fitur hanya bisa mencari Channel milik orang lain atau organisasi saja.

Namun apabila memang sudah diizinkan untuk membuat channel WhatsApp dapat mengikuti langkahnya sebagai berikut.

Cara Membuat Channel di WhatsApp

  1. Pastikan versi aplikasi WhatsApp paling terbaru.
  2. Pilih tab Updates.
  3. Tepat di dekat Status, kamu dapat menemukan dan memilih Channels.
  4. Tekan tanda Add berikon + di sebelah bagian Channels.
  5. Pilih opsi Create Channel.
  6. Masukkan logo Channel, Isi Channel Name, dan Describe sesuai yang diinginkan.
  7. Tekan tombol Create Channel.

Setelah channel selesai dibuat, maka kamu dapat memasukkan berbagai informasi, link, dan video terbaru untuk dibagikan kepada pengguna WhatsApp lain pada channel yang telah dibuat tadi.

Selanjutnya orang lain dapat mencari channel milik kamu dengan memilih opsi Find Channel. Apabila tidak muncul pada halaman awal, maka pengguna lain dapat mencari nama channel melalui menu Search.

Perlu diketahui bahwa channel sudah diisi oleh organisasi atau media besar sehingga kemungkinan channel milik kamu muncul di halaman awal sangat kecil mengingat persaingan jumlah follower yang dimiliki oleh pemain besar memang sangat kompetitif.

Sementara itu di sisi lain, beberapa pengguna ada yang kurang menyukai kehadiran fitur channel yang dirasa mengganggu tampilan WhatsApp. Jika kamu salah satunya, maka bisa menghilangkan Channel WhatsApp dengan beberapa langkah mudah seperti yang sudah dibagikan sebelumnya.

Tentang penulis

Adhitya W. P.

Penulis pertama di Gadgetren yang biasa dikenal dengan Agan Adhit. Pengalaman belasan tahun menulis membuatnya hafal berbagai keunggulan dan kelemahan produk teknologi terutama handphone.

Tinggalkan Komentar