ASUS TUF Gaming FX507
Berita Tekno

Hadirkan Produk Inovatif, Inilah 3 Juara Kompetisi Samsung Solve for Tomorrow 2023

Hadirkan Produk Inovatif, Inilah 3 Juara Kompetisi Samsung Solve for Tomorrow 2023

Gadgetren – Setelah melalui aktivitas dan penjurian yang cukup panjang, Samsung Electronics Indonesia akhirnya mengumumkan tiga juara utama dari kompetisi Samsung Solve for Tomorrow 2023

Kompetisi ini adalah wadah anak muda menuangkan ide mereka menjadi solusi untuk masalah yang dirasakan di bidang pendidikan dan keberlanjutan lingkungan. Ide solusi dari anak muda ini dikompetisikan sekaligus juga dibimbing untuk mengembangkan ide tersebut menjadi sebuah program yang bisa bermanfaat untuk dijalankan.

Samsung Solve for Tomorrow 2023 di Indonesia sendiri berfokus pada edukasi dan lingkungan yang berkesinambungan dan selanjutnya akan menjadi pilot project Samsung untuk membangun masa depan yang lebih baik bagi generasi muda di Indonesia.

Samsung Solve for Tommorow Juara produk

Menariknya, kompetisi Samsung Solve for Tomorrow pertama di Indonesia ini dimenangkan oleh tim Dasher dari Madrasah TechnoNatura Depok – Jawa Barat sebagai juara pertama, RGB dari SMA Negeri 8 Jakarta sebagai juara kedua, dan Qalam Malaq dari SMA Negeri 78 Jakarta sebagai juara ketiga.

Diganjar dengan hadiah produk Samsung senilai Rp150 juta, tim Dasher menciptakan solusi bernama Biomass Gasification untuk memproduksi hidrogen dari biomassa sebagai solusi bahan bakar yang ramah lingkungan.

Samsung Solve for Tommorow Dasher

Sementara tim RGB dengan hadiah produk Samsung senilai Rp70 juta mengembangkan KeywordRGB yang merupakan aplikasi belajar dengan mengintegrasikan AI (Artificial Intelligence) dan gamification untuk membuat kegiatan belajar di kelas semakin menyenangkan.

Untuk tim Qalam Malaq dengan hadiah produk Samsung senilai Rp45 juta membuat solusi Microalgae Aquarium (Malaq) berisi microalgae yang efektif mengubah Karbondioksida menjadi Oksigen sehingga cocok untuk mengatasi masalah polusi udara di perkotaan.

Dari 309 ide yang diikutsertakan dalam kompetisi, terpilih 40 semi finalis yang mengikuti boot camp mentoring dan pelatihan design thinking untuk mempertajam idenya menjadi perencanaan yang efektif.

Samsung Solve for Tommorow Malaq

Barulah pada babak final, 15 tim finalis melakukan sesi presentasi dan interview oleh dewan juri yang mewakili Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi, Kementerian Agama, Pusat Penelitian Teknologi Informasi & Komunikasi, Institut Teknologi Bandung, dan tim dari Samsung.

Setelah penjurian ketat inilah, terpilihlah 3 juara dengan ide dan produk yang menarik tersebut. Sementara itu terdapat satu tim lagi yang mendapatkan People Choice Awards, yakni STARDUST dari SMA Ignatius Global dengan produknya yang bernama UNITES (Unparalleled New Innovations in Technology and Education Simulation).

Melalui ajang ini, Samsung berharap dapat mendorong siswa SMA, SMK, Madrasah Aliyah, dan yang sederajat di seluruh Indonesia untuk menciptakan inovator-inovator muda dengan memberikan ide yang dapat menjadi solusi-solusi inovatif berbasis STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics).

Tentang penulis

Adhitya W. P.

Penulis pertama di Gadgetren yang biasa dikenal dengan Agan Adhit. Pengalaman belasan tahun menulis membuatnya hafal berbagai keunggulan dan kelemahan produk teknologi terutama handphone.

Tinggalkan Komentar