ASUS TUF Gaming FX507
Smartphone

Cara Mengganti Navigasi HP realme Jadi Tombol Virtual Atau Gesture

Cara Mengganti Navigasi HP realme Header

Gadgetren – Pada saat ponsel realme pertama kali dinyalakan, maka kamu akan dihadapkan pada pilihan navigasi apakah menggunakan tombol virtual atau gesture.

Tombol virtual akan memunculkan tombol Recent, Home, dan Back pada bagian bawah layar. Hal ini tentunya cocok bagi kamu yang memang terbiasa menggunakan tombol tersebut dari ponse-ponsel generasi sebelumnya.

Sementara Gesture memerlukan kamu untuk melakukan gerakan swipe dengan jari untuk mengaktifkan fitur Recent, Home, dan Back. Fitur ini bakal terasa cukup familiar bagi pengguna ponsel modern karena secara bawaan memang menggunakannya untuk navigasi.

Namun untungnya kamu dapat mengubah menjadi metode navigasi menjadi tombol virtual atau Gesture melalui menu yang disediakan pada pengaturan.

Cara Mengganti Tombol Navigasi realme

Mengganti dari Gesture ke Tombol Virtual

  • Buka aplikasi Settings.
  • Pilih kolom Search di bagian atas.
    realme - Navigasi - 1
  • Ketik kata kunci Navigation.
  • Pilih Navigation Button atau System Navigation yang muncul tergantung dari versi realme UI.
    realme - Navigasi - 2
  • Selanjutnya, pilih opsi Buttons.
    realme - Navigasi - 3
  • Nantinya akan muncul lagi pilihan posisi untuk tombol Recent, Home, Back atau Back, Home, Recent
    realme - Navigasi - 4
  • Pilih urutan tombol yang kamu inginkan.
  • Nantinya secara otomatis tombol virtual tersebut akan muncul di bagian bawah layar.

Tombol Recent akan berikon tiga garis yang nantinya berfungsi untuk memperlihatkan semua aplikasi yang telah dibuka. Sementara tombol Home akan berikon kotak di bagian tengah yang memiliki fungsi untuk keluar dari aplikasi dan langsung menuju halaman Home Screen.

Adapun tombol Back akan berikon segitiga yang berfungsi untuk kembali satu halaman dari aplikasi yang telah dibuka. Tentunya untuk memindahkan posisi Recent dan Back dapat perlu dilakukan karena ada yang lebih suka salah satunya.

Sementara itu kamu juga dapat menggantinya kembali menjadi Gesture dengan langkah-langkah serupa melalui menu Navigation Button atau System Navigation dan memilih opsi Gestures.

Agar kamu tidak bingung, sistem akan memberikan pelatihan singkat mengenai bagaimana menggunakan fungsi gesture dengan melakukan swipe layar. Misalnya swipe dari samping ke tengah layar akan mengaktifkan fungsi Back sementara swipe dari bawah ke tengah layar akan mengaktifkan Home.

Lalu kamu dapat menggunakan swipe dari bawah layar ke tengah dan menahannya sebentar untuk memunculkan fungsi Recent App yang memperlihatkan beberapa aplikasi telah dibuka.

Tentang penulis

Adhitya W. P.

Penulis pertama di Gadgetren yang biasa dikenal dengan Agan Adhit. Pengalaman belasan tahun menulis membuatnya hafal berbagai keunggulan dan kelemahan produk teknologi terutama handphone.

Tinggalkan Komentar