ASUS TUF Gaming F15
Tips dan Trik Handphone

Cara Melihat Aplikasi Tersembunyi HP vivo Biar Bisa Dipakai Lagi

Cara Melihat Aplikasi Tersembunyi HP vivo - Header

Gadgetren – Saat ingin melindungi berbagai macam data pribadi atau sekadar merapikan tampilan layar sebuah ponsel, menyembunyikan aplikasi dapat menjadi salah satu metode yang digunakan.

Banyak manufaktur apalagi membekali perangkat-perangkat buatannya dengan dukungan khusus yang dapat digunakan untuk melakukan hal itu. Perusahaan vivo yang masih rajin meluncurkan ponsel baru ke Indonesia pun termasuk di antaranya.

Agar dapat mempermudah para pengguna, vivo membalut sistem operasi Android yang dipakai di berbagai macam ponsel buatannya dengan Funtouch OS. Antarmuka khusus ini menawarkan sejumlah fungsi tambahan di mana termasuk fitur untuk menyembunyikan aplikasi.

Sayangnya, semua aplikasi yang disembunyikan dengan fitur ini benar-benar tidak akan terlihat. Ikon dari layanan terkait tidak akan muncul baik itu di halaman utama, daftar aplikasi, maupun menu Recent Apps. Bahkan bisa saja berhenti menerima pesan pemberitahuan.

Jika mau mengakses berbagai macam aplikasi yang disembunyikan dengan fitur ini, kita pun perlu menempuh sejumlah langkah ekstra. Untungnya cukup mudah untuk dilakukan meskipun buat kita yang masih awam.

Cara Melihat Aplikasi Tersembunyi HP vivo

  • Buka halaman Settings.
  • Masuk ke menu Fingerprint, face and password atau Face and passwords.
  • Pilih menu pengaturan Privacy and app encryption.
  • Cari dan ketuk opsi View Hidden Apps.
  • Seluruh aplikasi yang disembunyikan akan muncul di sebuah jendela baru.

Perlu dicatat bahwa Funtouch OS sudah diperbarui beberapa kali. Setiap generasinya pun menawarkan antarmuka tampilan yang berbeda baik untuk penamaan maupun penempatan menu. Kita makanya kadang-kadang harus menyesuaikan beberapa langkah untuk melihat aplikasi yang disembunyikan.

Di samping itu, langkah-langkah di atas hanya dapat digunakan untuk mengakses aplikasi tersembunyi saja. Apabila ingin memunculkannya ke layar utama atau daftar aplikasi maka kita memerlukan metode yang cukup berbeda di mana mirip seperti saat kita menyembunyikannya.

Cara Memunculkan Kembali Aplikasi Tersembunyi HP vivo

  • Buka halaman pengaturan Privacy and app encryption seperti langkah sebelumnya.
  • Ketuk menu pengaturan Hide App.
  • Cari aplikasi yang ingin dimunculkan kembali.
  • Matikan tombol sakelar di samping aplikasi tersebut.
  • Tutup halaman pengaturan jika semua aplikasi sudah dimunculkan kembali.

Dengan mengikuti beberapa langkah di atas, aplikasi tersembunyi pun akan dimunculkan kembali ke daftar aplikasi maupun halaman utama. Kita pun bisa mengaksesnya seperti aplikasi-aplikasi yang terpasang di ponsel vivo biasanya.

Tentang penulis

Sukindar

Penulis Gadgetren yang aktif membuat konten tentang panduan teknologi mulai dari cara menggunakan hingga membahas istilah-istilah khusus di dalamnya.

Tinggalkan Komentar