ASUS Vivobook S 14 OLED S5406
Berita Smartphone

Ini Rasanya Mencoba Handphone Layar Lipat Terbaru OPPO di Indonesia

Ini Rasanya Mencoba Handphone Layar Lipat Terbaru OPPO di Indonesia[Ilustrasi: OPPO Find N2]

Gadgetren – Sejak pertama kali muncul di dunia, handphone layar lipat menjadi salah satu inovasi yang menarik karena memungkinkan sebuah perangkat mampu menjadi handphone dan tablet sekaligus.

Apalagi seiring berjalannya waktu, peningkatan dari berbagai aspek pun telah dilakukan di handphone layar lipat, mulai dari sisi performa, ketebalan, desain, engsel, layar, kamera, dan lainnya agar dapat membuat penggunanya semakin nyaman.

Dalam sebuah sesi khusus, tim Gadgetren diajak oleh OPPO Indonesia untuk melihat dan memegang lebih dekat mengenai handphone layar lipat OPPO Find N3 yang mengalami peningkatan dibandingkan dengan generasi sebelumnya.

Sayangnya saya masih belum bisa memotret produknya, oleh karena itu saya akan menggambarkan mengenai pengalaman ketika melakukan hands-on perangkat tersebut.

OPPO Find N2 Design[Ilustrasi: OPPO Find N2]

Saya merasa bahwa layar utamanya dapat terlipat dengan rapat sampai cahaya yang diarahkan pun tidak dapat menembus sama sekali karena lipatannya terlihat tidak memiliki celah sama sekali.

Sementara pada saat layar utamanya direntangkan, lipatan layarnya hampir tidak terlalu terlihat karena engsel pada bagian tengah layar utamanya memiliki sistem yang dikembangkan dibandingkan generasi sebelumnya.

Adapun pada saat layar handphone ini dilipat, saya menemukan bentuk bodi dan cover screen proporsional seperti handphone pada umumnya dan tidak memanjang ke atas sehingga membuatnya terasa nyaman digenggam dengan satu tangan.

Pada saat layar utamanya dibuka pun ukurannya terasa proporsional ketika menjadi mode tablet sehingga masih terasa nyaman ketika dipegang. Sedangkan pada saat layar utamanya dilipat, handphone ini memiliki bodi yang masih terasa ringan ketika digenggam. Selain itu, perangkat yang satu ini juga tidak terasa sangat tebal ketika layar utamanya sedang dilipat.

Namun dalam acara khusus tersebut, saya sendiri tidak dapat mengukur lebar layar dan dimensinya secara pasti. Sementara apabila merujuk dari rumor yang telah beredar, handphone ini akan mempunyai layar utama 8 inci yang dapat dilipat dan cover screen 6,5 inci di bagian luarnya.

Rumor yang beredar juga menyebutkan bahwa handphone layar lipat ini akan menggunakan spesifikasi hardware dan fitur untuk kelas flagship. Satu hal lain menarik ketika saya lihat langsung, kamera yang dibawa oleh perangkat layar lipat ini tampaknya mengusung lensa telephoto periskop.

Dari perkembangan berita terbaru, OPPO Find N3 sendiri sebenarnya telah tercatat dengan nomor model OPPO CPH2499 pada situs sertifikasi TKDN (Tingkat Komponen Dalam Negeri) dengan nomor 5169/SJ-IND.8/TKDN/6/2023 dan mendapatkan nilai TKDN 37,05 persen.

Tak hanya TKDN saja, perangkat yang satu ini juga sudah berhasil lolos sertifikasi perangkat Pos dan Telekomunikasi (Postel) dari Direktorat Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika (SDPPI) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo).

Walaupun sudah lolos sertifikasi TKDN dan Postel, namun masyarakat Indonesia harus tetap bersabar untuk menunggu waktu peluncuran resmi handphone layar lipat di Tanah Air.

Tentang penulis

Adhitya W. P.

Penulis pertama di Gadgetren yang biasa dikenal dengan Agan Adhit. Pengalaman belasan tahun menulis membuatnya hafal berbagai keunggulan dan kelemahan produk teknologi terutama handphone.

Tinggalkan Komentar