ASUS TUF Gaming FX507
Berita Tekno

Kesan Awal Menggunakan Dyson V12s Detect Slim Submarine, Ngepel Rumah Jadi Mudah

Kesan Awal Menggunakan Dyson V12s Detect Slim Submarine, Ngepel Rumah Jadi Mudah

Gadgetren – Dyson belum lama ini merilis vacuum cleaner yang juga bisa digunakan untuk pengepel yakni Dyson V12s Detect Slim Submarine. Vacuum cleaner yang satu ini sebetulnya sangat mirip dengan adiknya Dyson V12 Detect Slim dengan perbedaan mencolok hanya pada aksesoris khusus mengepel di model terbaru.

Dyson V12s Detect Slim Submarine sendiri tampil dengan desain modern dan ukuran yang ringkas. Ada tiga bagian utama dari vacuum cleaner ini yakni mesin penyedot debu, pipa pemanjang, dan aksesoris untuk bersih-bersih.

Terdapat 6 aksesoris bawaan yang disediakan oleh Dyson untuk vacuum cleaner ini yang di antaranya adalah hair screw tool untuk menyedot rambut panjang dan bulu hewan, crevice tool untuk menjangkau area yang sempit, combination tool yang bisa berfungsi untuk menyedot sekaligus menyapu debu, dan direct drive cleaner head.

Dyson V12 Detect Slim Submarine - Aksesoris

Selain itu terdapat Fluffy Optic cleaner head untuk menyedot debu yang dibantu dengan teknologi laser serta submarine wet roller head untuk mengepel. Dalam boks penjualannya juga disediakan charger, dock untuk menggantung vacuum cleaner sekaligus mengecasnya, dan juga klip untuk menempel aksesoris di bagian pipa.

Tentunya yang membuat Dyson V12s Detect Slim Submarine spesial adalah aksesoris submarine wet roller head. Menggunakan aksesoris ini  cukup mudah, saya hanya perlu mengisi air pada bagian tangki dan menambahkan cairan pembersih lantai yang bisa saya gunakan.

Dyson V12 Detect Slim Submarine

Ketika vacuum cleaner dinyalakan, otomatis aksesoris submarine akan melakukan pengepelan dan membantu gerakan ke depan melalui motor yang ada di dalamnya. Sejauh ini vacuum cleanernya berhasil mengepel lantai rumah saya dengan baik di mana lantai memiliki tingkat kebasahan yang cukup sehingga cepat kering.

Namun begitu untuk noda-noda yang menempel kuat di lantai seperti misalnya coklat yang keinjek dan sudah lengket ke lantai agak susah dibersihkan oleh vacuum cleaner ini.

Mengepel manual juga sebetulnya sulit membersihkan noda seperti itu. Tapi saya bisa menekan pelan dengan kuat untuk mengangkat nodanya. Untuk Dyson V12s Detect Slim Submarine ini saya khawatir bisa merusak alatnya jika saya tekan terlalu kuat.

Sembari mengepel, aksesoris submarine juga dapat mengangkat debu-debu kasar di lantai seperti misalnya serpihan beras. Untuk debu-debu halus dan rambut perlu dibersihkan terlebih dulu sebelum mengepel agar tidak menjadi terseret-seret oleh aksesoris submarinenya.

Air kotor dan debu yang terangkat dikumpulkan dalam sebuah tangki pembuangan untuk kemudian dibuang. Ketika sudah tidak digunakan, aksesoris submarine tinggal saya copot dan diletakkan di dalam nampan yang sudah disediakan Dyson.

Ada satu hal yang menjadi perhatian saya yakni roller microfiber yang ada dalam aksesoris ini jika tidak dicopot sehabis pengepelan akan menimbulkan bau tidak sedap ketika saya menggunakannya untuk kembali mengepel . Oleh karena itu saya selalu mencopot roller microfiber tersebut dari aksesorisnya setelah digunakan agar mengering.

Dyson V12 Detect Slim Submarine

Tentunya selain dapat mengepel, Dyson V12s Detect Slim Submarine juga dapat digunakan untuk menyedot debu. Aksesoris yang paling sering saya gunakan untuk melakukan hal ini adalah Fluffy Optic cleaner head karena debu di lantai dapat diiluminasikan sehingga pembersihan debu bisa menjadi menyeluruh.

Kombinasi antara Fluffy Optic cleaner head dan submarine wet roller head membuat saya dapat menyedot debu dan mengepel lantai rumah saja secara efisien dengan satu alat saja. Saya tiap pagi tinggal menyedot debu di lantai terlebih dahulu lalu mengganti aksesoris untuk kemudian mengepel.

Berkat Dyson V12s Detect Slim Submarine, kini mengepel rumah terasa jauh lebih cepat dan mudah dibandingkan mengepel manual yang mana memerlukan tenaga dan waktu ekstra.

Saat ini saya masih aktif menggunakan perangkatnya dan dalam waktu dekat akan merilis review lengkapnya. Nah bagi yang tertarik dengan Dyson V12s Detect Slim Submarine sudah bisa membelinya seharga Rp16.999.000 di toko online maupun toko offline Dyson Indonesia.

Tentang penulis

Firman Nugraha

Editor-in-Chief Gadgetren yang sudah belasan tahun berpengalaman di dunia teknologi khususnya handphone. Awalnya ia pernah menjadi developer aplikasi Android di Nexian dan kini terjun ke dunia media.

Tinggalkan Komentar