ASUS Vivobook S 14 OLED S5406
Smartphone

Ini 6 Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy Z Fold 5 – Ponsel Lipat yang Semakin Sempurna

Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy Z Fold 5 - Header

Gadgetren – Samsung kembali meluncurkan lini keluarga ponsel lipatnya pada ajang Galaxy Unpacked 2023 kemarin. Mereka salah satunya memperkenalkan model perangkat bernama Samsung Galaxy Z Fold 5.

Tidak seperti lini keluarga Samsung Galaxy Z Flip yang membawa desain cangkang kerang (clamshell), Galaxy Z Fold 5 lebih mirip seperti buku. Perangkat tersebut pun dapat menjadi pilihan apabila kita memerlukan ponsel lipat dengan layar utama berukuran lebih besar.

Di sisi lain, Galaxy Z Fold 5 sendiri memang mempunyai beberapa kelebihan dan kekurangan yang membuatnya sangat layak untuk dipertimbangkan. Kita yang masih ragu-ragu pun bisa menjadikan hal ini sebagai sebuah acuan sebelum meminang perangkat tersebut.

Kelebihan Samsung Galaxy Z Fold 5

1. Usung Chipset Generasi Baru

Galaxy Z Fold 5 meluncur dengan membawa peningkatan di sektor dapur pacu. Perangkat tersebut kini mengandalkan chipset Qualcomm Snapdragon 8 Gen 2 For Galaxy yang membawa clock speed hingga 3,36Ghz atau lebih tinggi daripada versi standarnya.

Dengan chipset generasi baru ini, Galaxy Z Fold 5 menawarkan kemampuan pemrosesan data yang lebih unggul jika dibandingkan dengan Samsung Galaxy Z Fold4 pendahulunya. Jadi bakalan mampu menangani tugas dengan semakin baik.

Dalam hal ini, chipset Snapdragon 8 Gen 2 For Galaxy diklaim secara teknis memiliki peningkatan kemampuan CPU hingga 18 persen, NPU hingga 25 persen, dan GPU hingga 32 persen ketika dibandingkan dengan Snapdragon 8+ Gen 1 milik Galaxy Z Fold4.

2. Kapasitas Memori Besar

Dibanderol dengan harga normal mulai dari Rp24.999.000 di Indonesia, Galaxy Z Fold 5 diperkenalkan dengan kapasitas memori yang sangat besar. Semua model dari perangkat tersebut tercatat membawa dukungan RAM sebesar 12GB untuk menunjang kemampuan pengelolaan datanya.

RAM berkapasitas besar dari Galaxy Z Fold 5 tentu akan terasa sangat membantu. Kita soalnya bisa dengan lebih leluasa untuk menjalankan beberapa aplikasi secara bersamaan selaras dengan salah satu kemudahan yang ditawarkan oleh perangkat tersebut.

Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy Z Fold 5 - Multi Windows

Guna mempermudah para pengguna, Galaxy Z Fold 5 dilengkapi dengan fitur multi window yang memungkinkan kita membuka beberapa jendela aplikasi secara bersaman. RAM berkapasitas besar tentu diperlukan agar dukungan ini bisa berjalan lancar.

Ditambah lagi, Galaxy Z Fold 5 pun mempunyai model dengan kapasitas media internal hingga 1 TB. Jadi kita bisa mengelola berbagai macam data atau memasang banyak aplikasi tanpa perlu khawatir perangkat akan cepat kehabisan ruang penyimpanan.

3. Layar Lipat yang Semakin Menawan

Meskipun terlihat tidak banyak berubah, Galaxy Z Fold 5 sebenarnya turut menawarkan sejumlah peningkatan pada sistem layar lipatnya. Perangkat keluaran anyar tersebut kini di antaranya memakai desain engsel atau Flex Hinge yang baru.

Desain Flex Hinge baru ini memungkinkan ponsel dapat terlipat dengan lebih sempurna. Jadi bisa mengurangi debu yang masuk ke sela-sela layar dalam di mana sebelumnya menjadi salah satu masalah utama dari engsel Galaxy Z Fold4.

Keuntungan lain dari pemakaian Flex Hinge baru ini juga terletak pada desain lipatan Galaxy Z Fold 5 yang terlihat semakin ramping. Selain itu, Samsung sendiri mengklaim bahwa engsel ganda di dalamnya lebih kuat dan tahan lama dibandingkan generasi sebelumnya.

Layar utama Galaxy Z Fold 5 juga 30 persen lebih cerah walaupun ukuran, resolusi, hingga refresh rate-nya masih serupa dengan Galaxy Z Fold 4. Samsung kini soalnya menggunakan panel dengan tingkat kecerahan maksimal hingga 1.750nits.

Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy Z Fold 5 - Layar

Tingginya tingkat kecerahan layar ini memungkinkan kita bisa melihat dengan lebih baik saat perangkat dioperasikan di luar ruangan atau bahkan di bawah terik matahari sekalipun. Panel Galaxy Z Fold 5 apalagi juga mendukung rasio kontras hingga 1:3.000.000.

Jangan dilupakan juga, Galaxy Z Fold 5 pun mendukung Galaxy S Pen Fold Edition yang mana versi terbarunya mempunyai ukuran lebih ramping dan padu. Bahkan bisa tetap nyaman untuk dikantongi ketika dipasang bersama Slim S Pen Case.

4. Dukungan Proteksi Lebih Bagus

Selain masih dilengkapi dengan fitur tahan air hingga kedalaman 1,5 meter selama 30 menit seusai standar IPX8, Galaxy Z Fold 5 juga mempunyai proteksi layar yang lebih baik. Perangkat tersebut kini dilengkapi dengan lapisan Corning Gorilla Glass Victus 2 untuk panel depan maupun utamanya.

Gorilla Glass Victus 2 merupakan teknologi terbaru Corning yang menawarkan proteksi lebih tangguh dibandingkan dengan generasi sebelumnya. Lapisan pelindung layar ini apalagi juga lebih ramah lingkungan karena memenuhi tingkat kandungan material daur ulang rata-rata hingga 22 persen sesuai Environmental Claim Validation.

Ditambah lagi, kita pun bisa memakai Galaxy Z Fold 5 dengan semakin nyaman karena Samsung pun menyematkan layanan perlindungan premium Samsung Care+ selama 1 tahun untuk perangkat tersebut. Mereka yang ikut sesi prapemesanan awal pun berkesempatan memperoleh pergantian Screen Protector gratis hingga kurun waktu 2 tahun.

Kekurangan Samsung Galaxy Z Fold 5

1. Pengisi Daya Tergolong Rendah

Yang sangat disayangkan, Galaxy Z Fold 5 masih menggunakan teknologi 25W Fast Charging padahal kebanyakan ponsel menengah hingga atas dari kompetitornya kini sudah membawa setidaknya 33W dan bahkan ada yang lebih dari 120W.

Samsung tampaknya masih sangat berhati-hati untuk dukungan ini mengingat pengisian daya cepat memang cukup berisiko jika tidak dikembangkan dengan baik. Kabar baiknya, baterai Galaxy Z Fold 5 hanya berkapasitas 4.400mAh yang mana sudah bisa terisi dengan dukungan ini sampai 50 persen hanya dalam 30 menit.

2. Tidak Mendukung Jack Audio maupun Micro SD

Absennya jack audio yang sudah sangat umum untuk ponsel-ponsel kelas flagship juga terjadi di Galaxy Z Fold 5. Untungnya kini ada banyak perangkat suara nirkabel yang beredar di pasaran sehingga kita pun tak perlu khawatir dengan hal itu.

Selaras dengan kebanyakan ponsel flagship, Galaxy Z Fold 5 juga tidak menghadirkan slot untuk memasang kartu Micro SD. Namun hal ini tentunya bukan masalah besar karena perangkat tersebut sudah mengemas media penyimpanan internal yang berukuran besar.

Tentang penulis

Sukindar

Penulis Gadgetren yang aktif membuat konten tentang panduan teknologi mulai dari cara menggunakan hingga membahas istilah-istilah khusus di dalamnya.

Tinggalkan Komentar