ASUS TUF Gaming FX507
Berita Perangkat Pintar

Hands On DJI Air 3 – Drone Kelas Menengah dengan Kamera Tele 3X dan Wide

Hands On DJI Air 3 - Drone Kelas Menengah dengan Kamera Tele 3X dan Wide

Gadgetren – Setelah sukses menghadirkan drone untuk segmen premium, DJI kembali lagi membawa drone aerial untuk pembuat konten terbarunya ke Indonesia yang bernama DJI Air 3. 

DJI Air 3 merupakan suksesor dari DJI Air 2S yang pertama kali diluncurkan di Indonesia bulan April tahun 2021 silam. Melalui DJI Air 3, DJI pun memberikan banyak peningkatan yang signifikan dari generasi sebelumnya.

Untuk pertama kalinya dalam keluarga seri DJI Air, DJI Air 3 mendukung dua kamera yang mencakup lensa wide dan lensa telephoto medium hingga 3x. Keduanya pun sama-sama menggunakan sensor berukuran 1/1.3″ CMOS.

Namun keduanya memiliki focal length yang berbeda. Lensa wide menggunakan focal length dengan format 24mm dan lensa telephoto memiliki format focal length 70mm. Sementara itu aperture-nya juga memiliki besaran yang berbeda.

Lensa wide menggunakan aperture f/1.7 sedangkan lensa telephoto mempunyai aperture f/2.8. Dengan kombinasi tersebut drone DJI Air 3 diklaim mampu menghasilkan kualitas gambar yang konsisten dan memungkinkan hasilnya semakin dinamis.

Untuk membuktikannya, tim Gadgetren pun berkesempatan untuk mencoba langsung drone terbaru dari DJI yang satu ini dalam acara peluncuran resminya yang diselenggarakan di Central Park Mall Jakarta.

Saat menjajal drone tersebut, tim Gadgetren mendapatkan unit DJI dengan paket DJI Air 3 Combo RC 2 yang paling mahal dengan remote control yang dilengkapi panel untuk pengoperasian lebih lanjut. Dari segi fisik bobot DJI  Air 3 terasa berat di genggaman satu tangan.

 Hands-on-DJI-Air-3-Fly

Hal tersebut pun terkonfirmasi langsung bahwa DJI Air 3 ternyata memiliki bobot lebih berat ketimbang pendahulunya karena disebabkan adanya dua kamera. Pengoperasian drone ini dengan RC 2 terbilang sangat mudah dan menyenangkan karena kita dimanjakan dengan panel layar yang jernih berukuran 5″.

Navigasi fitur pada layar juga muncul dengan mudah untuk dipilih seperti mode memotret dengan ikon kamera atau video dengan ikon kamera lebih besar. Untuk hasil foto dengan lensa wide atau 1X terbilang jernih dan jelas dengan warna yang cerah.

Sementara untuk pengambilan foto dengan lensa telephoto sebanyak 3X mampu mempertajam objek yang disorot dengan hasil yang jelas. Drone DJI Air 3 juga mampu merekam video dengan mode lensa wide dan telephoto hingga 3X.

Namun untuk berpindah ke setiap tipe lensa saya harus keluar dari perekaman terlebih dulu baru mengganti ke lensa lainnya karena secara langsung ketika perekaman mengganti secara otomatis sistem akan mengunci ikon fitur di layar.

Hands-on-Foto-Tele-3x-DJI-Air-3

Selain itu, DJI Air 3 juga bisa mengambil foto dengan sudut-sudut menarik seperti pano, vertikal, sudut bulat, dan 180º. Secara teknis, kedua kameranya bisa menghasilkan foto beresolusi 48MP dan video dengan resolusi bervariasi yang tertinggi mencapai 4K pada 100fps atau 4K pada 60 fps dengan mode HDR atau hingga 2.7K dalam aspek rasio vertikal untuk keperluan media sosial.

Kita juga bisa mengedit hasil vide secara langsung dengan fitur grading warna yang meliputi 10-bit D-Log M dan 10-bit HLG. Selain itu tersedia fitur-fitur video untuk menghasilkan gambar lebih sinematik seperti FocusTrack, QuickShots, MasterShots, dan Hyperlapse yang tentunya untuk mengakomodasi kreativitas videografer pemula.

Kemudian DJI Air 3 masih mengusung fitur agar terhindar dari rintangan berupa omnidirectional Air 3 yang dilengkapi APAS 5.0 untuk menghasilkan gerakan lebih mulus di sekitar penghalang yang terdeteksi. Mode menghindari rintangan ini juga tersedia untuk fitur Smart RTH yang secara otomatis dapat membawa pulang drone saat dibutuhkan.

Baterai drone ini diklaim bisa bertahan hingga 46 menit yang didukung charging hub khusus sehingga kita bisa mengisi baterai di mana saja. Mengenai jangkauannya, DJI Air 3 disebut mampu terbang hingga jarak mencapai 12,4 mil atau 19 km.

Hands-on-Video-DJI-Air-3

DJI Air 3 saat ini bisa dipesan di Indonesia sampai tanggal 8 Agustus 2023 dengan harga banderol mulai Rp17.500.000 untuk paket Basix RC-N2 yang dibekali remote tanpa panel. Kemudian tersedia juga dengan paket Combo RC-N2 dengan harga Rp21.140.000 yang dibekali tas, 2 baterai, charging hub, dan remote tanpa panel.

Selanjutnya yang tertinggi dilepas Rp23.400.000 untuk paket Combo RC 2 dengan remote berlayar, charging hub, dua baterai, dan tas. Semua paket tersebut bisa dipesan melalui e-commerce yang menjadi partner resmi DJI di Tokopedia, Shopee, Blibli, dan Eraspace. Selain itu juga bisa dipesan di Urban Republic, iBox, dan Erafone.

Tentang penulis

Ageng Wuri

Reporter Gadgetren yang aktif menulis seputar berita terbaru di dunia smartphone, tablet, IoT, laptop, hingga peralatan elektronik rumahan.

Tinggalkan Komentar