ASUS Zenbook 14 OLED UM3406
Tips dan Trik Handphone

Begini Cara Mengembalikan Keyboard Xiaomi Seperti Semula

Cara Mengembalikan Keyboard Xiaomi Seperti Semula - Header

Gadgetren – Keyboard menjadi salah satu fitur penting di dalam sebuah ponsel. Tanpa bantuannya, kita mungkin akan sedikit kesulitan saat perlu mengetik pesan atau menyunting sebuah tulisan.

Kebanyakan ponsel untungnya membawa keyboard tersendiri sebagai fitur bawaan. Melalui antarmuka sistem MIUI, perusahaan Xiaomi misal mempersenjatai sebagian besar perangkat buatannya dengan aplikasi Google Keyboard atau sering disebut Gboard.

Hanya saja tidak bisa dipungkiri, setiap pengguna kadang-kadang mempunyai preferensi berbeda sehingga perlu menggantinya dengan aplikasi keyboard lain. Saya pribadi contohnya lebih suka memakai Microsoft SwiftKey pada ponsel apapun yang saya gunakan.

Meskipun begitu, keyboard bawaan biasanya mendukung secara penuh antarmuka sistem yang digunakan oleh ponsel terkait. Jadi kadang-kadang kita tetap perlu mengembalikan setelannya seperti semula supaya bisa menggunakan fungsi-fungsi tertentu dengan baik meskipun sudah mengandalkan aplikasi lain.

Bergonta-ganti keyboard kabar baiknya cukup mudah untuk dilakukan di ponsel-ponsel masa sekarang. Kita bahkan bisa mengembalikan setelannya ke aplikasi bawaan seperti semula jika dibutuhkan. Demikian juga buat kita yang menggunakan perangkat buatan Xiaomi.

Cara Mengembalikan Keyboard Xiaomi Seperti Semula

  • Aktifkan keyboard dengan mengetik pesan atau dokumen.
  • Tarik status bar ke bawah sampai panel notifikasi terbuka.
  • Ketuk notifikasi Choose input method.
    Cara Mengembalikan Keyboard Xiaomi Seperti Semula - 1
  • Ubah pilihan ke Gboard.
    Cara Mengembalikan Keyboard Xiaomi Seperti Semula - 2
  • Ketuk tombol OK.

Mengembalikan keyboard di ponsel Xiaomi seperti semula bahkan bisa dilakukan secara langsung saat kita sedang mengetik pesan atau membuat tulisan tanpa harus membuka halaman pengaturan. Jadi bisa sangat membantu jika kita hanya ingin memakai aplikasinya sementara waktu.

Namun jika mengalami kesulitan karena notifikasi Choose input method tidak muncul, kita pun terpaksa harus mengembalikan keyboard Xiaomi lewat halaman pengaturan. Setelan untuk melakukan hal itu untungnya cukup mudah untuk ditemukan.

Melalui Pengaturan

  • Buka halaman Settings.
  • Masuk ke bagian Additional settings.
    Cara Mengembalikan Keyboard Xiaomi Seperti Semula - 3
  • Ketuk menu pengaturan Languages & input.
    Cara Mengembalikan Keyboard Xiaomi Seperti Semula - 4
  • Cari bagian Input Method.
  • Ketuk menu Current Keyboard.
    Cara Mengembalikan Keyboard Xiaomi Seperti Semula - 5
  • Ubah pengaturan ke Gboard.
    Cara Mengembalikan Keyboard Xiaomi Seperti Semula - 6
  • Tutup halaman pengaturan setelah selesai.

Apabila tidak menjumpai Gboard pada pengaturan Current Keyboard maka kita perlu mengaktifkannya terlebih dulu. Caranya buka menu Manage keyboards lalu pastikan setelan untuk opsi tersebut dalam kondisi On. Ketuk tombol Off di samping aplikasi terkait untuk mengubahnya.

ASUS Zenfone 11 Ultra

Tentang penulis

Sukindar

Penulis Gadgetren yang aktif membuat konten tentang panduan teknologi mulai dari cara menggunakan hingga membahas istilah-istilah khusus di dalamnya.

Tinggalkan Komentar