Tips dan Trik

Cara Menghilangkan Getaran Keyboard Xiaomi Jika Merasa Terganggu

Cara Menghilangkan Getaran Keyboard Xiaomi - Header

Gadgetren – Secara mendasar, kita dapat menghilangkan umpan balik berupa getaran pada keyboard jika merasa terganggu saat mengetik dengan menggunakan handphone-handphone buatan Xiaomi apapun modelnya.

Getaran pada keyboard memang bisa menjadi salah satu fitur yang sangat bermanfaat bagi sebagian orang. Dengan adanya dukungan ini, kita misalnya bisa tahu apakah tombol-tombol huruf sudah tersentuh dengan baik atau belum.

Hanya saja di sisi lain, terkadang bisa juga berlaku hal yang sebaliknya. Tidak sedikit di antara kita justru mencari cara untuk menghilangkannya karena getaran yang muncul secara terus-menerus terasa cukup mengganggu.

Belum lagi, fitur getaran yang umumnya memanfaatkan motor penggerak juga mempunyai konsumsi daya lumayan tinggi. Jadi baterai handphone bisa cepat terkuras jika kita menggunakan handphone untuk membuat artikel, laporan, atau jenis tulisan lainnya.

Di handphone-handphone buatan Xiaomi, untungnya ada pengaturan yang bisa dipakai untuk mengaktifkan atau menonaktifkan fitur getaran pada keyboard sesuai kebutuhan. Kita pun dapat menemukannya dengan mudah sebagai mana berikut.

Cara Menghilangkan Getaran Keyboard di Handphone Xiaomi

  • Masuk ke halaman Settings
  • Buka bagian Additional settings
  • Ketuk menu Languages & input
  • Cari bagian Input Methods
  • Klik Manage keyboards
    Cara Menghilangkan Getaran Keyboard Xiaomi - 1
  • Ketuk pada Gboard
  • Pilih menu Preferences
  • Cari submenu Key press
  • Matikan opsi Haptic feedback on keypress
    Cara Menghilangkan Getaran Keyboard Xiaomi - 2

Secara mendasar, Gboard atau Google Keyboard akan menjadi keyboard bawaan dari antarmuka sistem MIUI. Hanya saja memang tidak menutup bahwa kemungkinan kita juga akan menjumpai aplikasi lain.

Metode di atas berlaku secara khusus jika kita memakai Gboard. Jika ternyata sudah menggantinya dengan keyboard lain, kita tentu saja perlu sedikit menyesuaikan beberapa langkahnya karena tampilan pengaturan setiap aplikasi berbeda-beda.

Misalnya jika kita menggunakan Microsoft SwiftKey, kita tidak akan menjumpai menu Preferences. Menu untuk menghilangkan getaran keyboard nantinya bisa kita temukan langsung pada bagian Sound & vibration.

Selain dapat mengatur getaran, kita yang merasa terganggu dengan suara ketukan keyboard juga dapat mematikannya di halaman yang sama. Kita dalam hal ini hanya perlu menonaktifkan opsi Sound on keypress untuk Gboard atau Keypress sound volume untuk SwiftKey.

Tinggalkan Komentar

1 Komentar