ASUS Vivobook S 14 OLED S5406
Smartphone

Bedanya ASUS ROG Phone 7 Vs ASUS ROG Phone 7 Ultimate – Tidak Banyak!

ASUS ROG Phone 7 Vs ASUS ROG Phone 7 Ultimate - Header

Gadgetren – Meskipun diganjar dengan selisih harga yang lumayan jauh, perangkat ASUS ROG Phone 7 dan ROG Phone 7 Ultimate memang mempunyai spesifikasi hingga dukungan yang sangat mirip.

Kedua ponsel gaming buatan ASUS tersebut misalnya sama-sama mengandalkan Qualcomm Snapdragon 8 Gen 2 (4nm) berkecepatan 3,2GHz sebagai dapur pacu. Keduanya pun menggabungkan RAM LPDDR5X dan media penyimpanan internal UFS 4.0 untuk mendorong kemampuan chipset ini.

ROG Phone 7 biasa dan Ultimate juga memakai sistem termal yang serupa. Bernama GameCool 7, proses pendinginan chipset dari kedua perangkat tersebut akan berlangsung dari kedua sisi baik itu depan maupun belakang dengan tambahan aksesori berupa AeroActive Cooler 7.

Kedua ROG Phone 7 juga sepakat untuk menggunakan baterai berkapasitas 5.000mAh yang kemudian mengombinasikannya bersama teknologi 65W HyperCharge yang diklaim mampu mengisi hingga penuh hanya dalam waktu 42 menit.

Untuk layarnya, ROG Phone 7 standar maupun Ultimate juga sama-sama menggunakan panel AMOLED berukuran 6,78 inci dengan resolusi gambar hingga Full HD+ (2448 x 1080 piksel). Keduanya pun mendukung animasi yang sangat halus berkat refresh rate yang mencapai hingga 165Hz.

Bagian kamera dari kedua perangkat tersebut juga tampak serupa. ROG Phone 7 reguler maupun Ultimate sama-sama mempunyai kamera utama dengan sensor Sony IMX766 50MP, sudut lebar 13MP, dan makro 5MP. Keduanya pun mendukung lensa depan beresolusi 32MP.

Dalam memberikan pengalaman bermain game yang lebih menyenangkan, ROG Phone 7 dan Ultimate juga sependapat untuk memakai sensor ultrasonik sebagai fitur AirTrigger. Kita pun dapat memakainya dengan fungsi lebih luas karena mendukung hingga 9 gesture alih-alih hanya sebagai tombol L dan R saja.

Namun dengan selisih harga mencapai Rp8 jutaan di mana ROG Phone 7 standar dijual mulai dari Rp10.999.000 sementara Ultimate senilai Rp18.999.000, kedua perangkat tersebut tetap meluncur dengan membawa sejumlah perbedaan.

Perbedaan ASUS ROG Phone 7 Vs ASUS ROG Phone 7 Ultimate

Perbedaan paling tampak dari kedua ponsel gaming tersebut terletak pada konfigurasi memori yang ditawarkan. ROG Phone 7 standar meluncur dengan RAM 8GB atau 12GB dan media penyimpanan internal sebesar 256GB sementara Ultimate 16GB dan 512GB.

ASUS ROG Phone 7 Vs ASUS ROG Phone 7 Ultimate - 1

ROG Phone 7

Dengan konfigurasi memori yang lebih tinggi, perangkat ROG Phone 7 Ultimate tentu lebih bisa diandalkan untuk menangani berbagai macam jenis game. Perangkat tersebut pun lebih mampu mengelola banyak tugas dan data secara bersamaan.

Selain perbedaan pada aspek konfigurasi memori ini, ROG Phone 7 Ultimate juga hadir dengan tambahan fitur AeroActive Portal pada sistem termalnya. Jadi kemampuan untuk menangani peningkatan suhu perangkat tersebut bisa lebih efisien.

Sedikit informasi buat kamu yang belum pernah mendengarnya, AeroActive Portal merupakan sebuah lubang kecil yang akan terbuka otomatis ketika kita memasang AeroActive Cooler di bodi belakang ROG Phone 7 Ultimate. Fungsinya untuk mengalirkan udara langsung ke pendingin Rapid-Cycle vapor chamber.

ASUS ROG Phone 7 Vs ASUS ROG Phone 7 Ultimate - 2

ASUS ROG Phone 7 Ultimate

Berdasarkan keterangan yang disampaikan oleh ASUS, fitur AeroActive Portal bisa tiga kali lebih efisien dalam menghilangkan panas yang dihasilkan oleh chipset. Jadi perangkat ROG Phone 7 Ultimate bisa mempunyai suhu yang relatif lebih stabil meskipun dipakai bermain game berat sekalipun.

Jika model reguler hanya membawa Aura RGB lighting, bodi belakang ROG Phone 7 Ultimate dilengkapi dengan ROG Vision sebagai pembeda selanjutnya. Fitur ini bukan hanya lampu pencahayaan saja melainkan sebuah layar OLED yang mampu menampilkan berbagai macam animasi gambar sesuai kondisi perangkat.

Ketersediaan pilihan warna dari kedua perangkat gaming ASUS tersebut pun sedikit berbeda. Jika ROG Phone 7 Ultimate hanya tersedia dengan balutan warna Storm White, versi regulernya juga mempunyai opsi Phantom Black sebagai alternatif.

Tentang penulis

Sukindar

Penulis Gadgetren yang aktif membuat konten tentang panduan teknologi mulai dari cara menggunakan hingga membahas istilah-istilah khusus di dalamnya.

Tinggalkan Komentar