ASUS TUF Gaming FX507
Smartphone

Kelebihan dan Kekurangan realme narzo 60 5G – Tak Hanya Andalkan Jaringan 5G

Kelebihan dan Kekurangan realme narzo 60 5G - Header

Gadgetren – Jika melihat pola pemasaran yang digunakan sebelum-sebelumnya, realme narzo 60 5G yang diluncurkan beberapa waktu lalu di India kemungkinan besar juga akan diboyong ke Indonesia.

Peluncuran ponsel menengah tersebut pun lumayan layak untuk dinantikan karena spesifikasi yang ditawarkan untuk wilayah India bisa dikatakan cukup menarik. Jika tidak banyak disesuaikan, realme narzo 60 5G tampaknya bisa menjadi alternatif baru di pasar Indonesia.

Di pasar India sendiri, ponsel keluaran baru tersebut dibanderol mulai dari 17.999 Rupee atau sekitar Rp3,3 Jutaan untuk media penyimpanan 128GB. Cukup senada dengan realme narzo 50 5G pendahulunya saat pertama kali diboyong ke Indonesia.

Kelebihan realme narzo 60 5G

Melanjutkan penetrasinya di pasar menengah, realme 60 5G pun membawa sejumlah keunggulan yang membuatnya semakin layak untuk dipertimbangkan saat mencari ponsel baru. Perangkat tersebut salah satunya dirancang dengan desain yang terlihat premium.

Tak hanya mengusung bingkai dengan sisi yang dibuat rata seperti kebanyakan ponsel di masa sekarang, realme 60 5G juga mencoba menggoda para pengguna dengan penutup belakang bernuansa kulit premium dengan bahan yang diklaim tahan gores dan penuaan.

Kesan premium dari realme narzo 60 5G pun akan semakin terasa dengan hadirnya fitur pemindai sidik jari terintegrasi di layar. Terima kasih kepada panel Super AMOLED Full HD+ 90Hz berukuran 6,43 inci yang ikut mempersenjatai perangkat menengah tersebut.

Sesuai dengan namanya, realme narzo 60 5G sudah mengusung teknologi jaringan generasi kelima (5G). Perangkat tersebut secara khusus mengandalkan MediaTek Dimensity 6020 (7nm) berkecepatan hingga 2,2GHz sebagai penunjangnya.

Kemampuan dari realme narzo 60 5G sendiri tak hanya disokong oleh chipset 5G dari MediaTek ini. Perangkat tersebut soalnya juga dilengkapi dengan RAM 8GB yang notabene bisa dipakai dengan lancar untuk melakukan multitasking atau menjalankan beberapa tugas sekaligus.

Ditambah lagi, varian tertinggi dari realme narzo 60 5G juga mempunyai media penyimpanan internal sebesar 256GB yang bisa diperluas memakai slot kartu Micro SD hingga 1TB. Kita makanya bisa lebih tenang saat perlu memasang banyak aplikasi atau menyimpan data.

Supaya bisa dipakai beraktivitas selama seharian penuh, realme narzo 60 5G pun dilengkapi dengan baterai berkapasitas 5.000mAh. Terdapat juga teknologi 33W SuperVOOC yang diklaim mampu mengisi daya hingga 50 persen dalam kurun waktu 29 menit.

Kekurangan realme narzo 60 5G

Di sisi lain, realme narzo 60 5G sayangnya juga mempunyai kekurangan yang perlu diperhatikan supaya kita tidak kecewa begitu saja. Salah satu di antaranya terletak pada bagian kamera yang notabene sebenarnya menjadi andalan dari perangkat tersebut.

realme narzo 60 5G memang meluncur dengan kamera 64MP yang secara teknis bisa cukup mumpuni untuk mengabadikan berbagai macam aktivitas tetapi sayangnya sensor penunjangnya kalah lengkap dibandingkan sejumlah ponsel di rentang harga serupa.

Untuk mendukung kamera beresolusi tinggi ini, realme narzo 60 5G hanya memakai sensor kedalaman 2MP yang mana bisa difungsikan untuk menghasilkan foto berlatar blur. Beberapa ponsel sekelasnya padahal sudah dilengkapi lensa ultra-wide yang bisa menambah opsi pengambilan gambar.

Selain itu, tidak ada informasi yang jelas apakah perangkat tersebut sudah mengusung NFC (Near Field Communication) atau belum. Dukungan ini cukup penting untuk ponsel menengah ke atas karena bisa mempermudah berbagai macam proses seperti pengecekan saldo e-money, bertransaksi secara nontunai, hingga menyambungkan aksesori.

Tentang penulis

Sukindar

Penulis Gadgetren yang aktif membuat konten tentang panduan teknologi mulai dari cara menggunakan hingga membahas istilah-istilah khusus di dalamnya.

Tinggalkan Komentar