ASUS ROG G22CH
Berita Perangkat Pintar

6 Fitur Samsung Neo QLED 4K TV Ini Bikin Main Game Lebih Puas

6 Fitur Samsung Neo QLED 4K TV Ini Bikin Main Game Lebih Puas

Gadgetren – Hadirnya beragam perangkat game baik konsol, handheld, maupun PC gaming mendorong produsen TV untuk berinovasi menghadirkan fitur-fitur yang mengoptimalkan permainan game agar bisa lebih memuaskan.

Salah satunya ialah Samsung Electronic yang baru-baru ini telah memasarkan TV Neo QLED 4K ukuran 43″ (43QN90C) seharga Rp13.499.000 dan ukuran 50″ (50QN90C) seharga Rp17.999.000.

Sebelumnya pihak Samsung sendiri telah membeberkan lima fitur unggulan dari Neo QLED 8K, kakaknya yang menawarkan teknologi 8K AI Upscaling untuk meningkatkan resolusi kualitas gambar agar semakin hidup.

Kini giliran Neo QLED 4K yang diperkenalkan Samsung yang mana menyediakan enam fitur andalan untuk memanjakan pengguna yang gemar bermain game konsol seperti PlayStation 5, PC, Nintendo Switch, dan Xbox.

Tim Gadgetren pun berkesempatan menikmati konten film maupun bermain game di layar Neo QLED 4K yang mampu menyajikan gambar berkualitas, pergerakan mulus, dan didukung suara atau audio dengan fitur canggih.

Fitur Game Bar 3.0

Samsung-Neo-QLED-4K-Minimap-Zoom

Fitur Game Bar menjadi fitur andalan yang ada pada kedua TV baru dari Samsung ini yakni Neo QLED 4K dan 8K. Fitur ini mudah dioperasikan melalui tombol khusus yang tersedia pada remote control bawaan.

Gambe Bar akan muncul di bagian bawah layar ketika tombolnya ditekan dengan jeda agak lama. Secara visual Game Bar menampilkan pengaturan untuk mengoptimalkan permainan game di layar seperti melalui fitur Minimap Zoom yang menampilkan mini-map diperluas ke rasio 16:9.

Kemudian fitur Minimap Sharing untuk pengalaman gaming secara multiscreen, fitur Virtual Aim Point untuk membidik target dengan lebih baik saat bermain game first-person shooter (FPS) dengan dukungan tanda bidikan buatan berwarna merah di layar.

Hingga untuk menghasilkan pergerakan gambar pada permainan semakin mulus dan sinematis menggunakan fitur Motion Xcelerator Turbo Pro dengan resolusi 4K dan refresh rate 144Hz. Selain itu, pengguna bisa mengaktifkan fitur AMD FreeSync Premium Pro untuk membuat frame rate TV dan GPU tersinkronisasi dengan baik.

Screen Ratio

Samsung-Neo-QLED-4K-Screen-Ratio-ultrawide

Bermain game tentunya akan semakin seru jika luas pandang bisa semakin lebar sehingga pengguna bisa melihat musuh lebih awal. Samsung pun memberikan fitur Screen Ratio yang memungkinkan pengguna bisa memilih rasio gambar di layar mencakup 16:9, 21:9. dan 32:9.

Di samping itu jika ingin melihat konten dengan dua jendela layar pengguna juga bisa mengaktifkan  fitur MultiView untuk menonton konten yang berbeda secara bersamaan. Untuk fitur ini sayangnya tidak bisa menampilkan dua konten game sekaligus mengingat refresh rate akan diturunkan secara otomatis.

Empat Port HDMI 2.1

Samsung-Neo-QLED-4K-Game-Motion-Plus

Saat tim Gadgetren menjajal game pada layar Neo QLED 4K, TV ini bisa terhubung ke empat perangkat game secara bersamaan seperti PC, XBox, PS 5, dan Nintendo Switch. Jika ingin menggunakan salah satu perangkat tersebut kita hanya mengganti sambungan secara instan dengan remote. Fitur ini diklaim Samsung jarang hadir pada TV pintar lainnya.

Quantum Mini LED

 Samsung-Neo-QLED-4K-Quantum-Matrix-.

Untuk menghadirkan gambar yang nyata dengan kontras yang akurat hingga detail, Neo QLED 4K mengandalkan teknologi Quantum Mini LED yang berukuran 1/40. Selain itu dilengkapi 14 bit HDR Contrast untuk menampilkan objek secara detail.

Hingga fitur Shape Adaptive Light Control untuk menghasilkan kualitas gambar lebih tajam dan jernih serta warna-warna yang akurat dan sudah tervalidasi Pantone sehingga memungkinkan pengguna dapat bermain game dalam pencahayaan ruangan gelap maupun terang.

EyeComfort Mode

Samsung-Neo-QLED-4K-Smartthings

Fitur perlindungan untuk kesehatan terhadap mata juga telah diberikan dengan fitur EyeComfort mode yang memungkinkan pengguna bisa bermain game lebih lama tanpa lelah mata. Fitur ini bekerja menyesuaikan tone warna dan tingkat kecerahan berdasarkan kondisi pencahayaan di sekitarnya.

Pengguna juga bisa menghilangkan pantulan cahaya sekecil apapun di layar untuk kenyamanan menikmati visual tanpa gangguan apapun dengan fitur Anti Reflection.

 Audio Realistis dan Imersif

Samsung-Neo-QLED-4K-50QN90C

Elemen suara menjadi hal penting dalam bermain game. Samsung juga turut memberikan fitur-fitur audio yang dapat membuat suara yang keluar dari speaker semakin hidup hingga mampu mengeluarkan suara-suara detail.

Audio Neo QLED 4K didukung Dolby Atmos yang bisa menghadirkan suara surround tiga dimensi. Selanjutnya dengan fitur Q-Symphony TV memungkinkan suara yang dihasilkan lebih menggelegar melalui perangkat soundbar Samsung.

Pengguna juga akan dapat mendengarkan suara dari Neo QLED 4K lebih detail dan dinamis sesuai dengan gerakan yang ditampilkan di layar melalui fitur Object Tracking Sound+ (OTS+). Dengan fitur tersebut  dapat membantu pemain game membedakan antara suara yang datang dari arah yang berbeda.

Tentang penulis

Ageng Wuri

Reporter Gadgetren yang aktif menulis seputar berita terbaru di dunia smartphone, tablet, IoT, laptop, hingga peralatan elektronik rumahan.

Tinggalkan Komentar