ASUS TUF Gaming FX507
Berita Laptop / PC

Prosesor Intel Core Generasi 13 Resmi Rilis di Indonesia, Ini Keunggulannya

Prosesor Intel Core Generasi 13 Resmi Rilis di Indonesia, Ini Keunggulannya

Gadgetren – Setelah diumumkan secara global dan sudah hadir pada beberapa laptop baru di Indonesia, akhirnya prosesor Intel Core Generasi ke-13 resmi hadir di Indonesia.

Dalam acara peluncuranya yang digelar di Jakarta, Intel juga turut mengumumkan bahwa pihaknya telah bekerjasama dengan produsen laptop seperti Acer, ASUS, Dell, HP, Lenovo, dan MSI untuk menghadirkan lebih dari 40 laptop dengan prosesor Intel Gen 13.

Melalui Intel Gen 13, Intel mengungkapkan bahwa prosesor ini tak hanya mendukung perangkat laptop saja tetapi juga PC Desktop. Untuk PC Desktop sendiri Intel sebelumnya telah memperkenalkan varian prosesor Core i9-13900K.

Varian prosesor Intel Gen 13 untuk PC Desktop tersebut dirancang khusus untuk pengguna PC yang ingin mendapatkan pengalaman performa kencang untuk produktivitas, bermain game, dan produktivitas sekaligus memberikan efisiensi daya.

Lebih detailnya, prosesor Core i9-13900K mempunyai 8 P-core dan 16 E-core dengan jumlah thread sebanyak 32 dengan kecepatan P-Core hingga 5.8GHz serta mendukung L2 Cache berkapasitas 32MB, L3 Cache berkapasitas 36MB, fitur Intel Adaptive Boost Technology dan Thermal Velocity Boost.

Selain untuk PC Desktop, Intel Gen 13 juga menyasar laptop untuk para pemain game berat dan kreator konten profesional melalui Intel Gen 13 seri H dan seri HX. Varian prosesor Intel Gen 13 seri H dan HX ini dibangun oleh arsitektur hibrida dengan dua chip  yang saling terhubung melalui discrete Platform Controller Hub  untuk mengoptimalkan performa beragam aktivitas berat.

 Intel-Gen-13-Indonesia-2

Adapun seri HX mempunyai varian prosesor Intel Core tertinggi melalui Core i9-13980HX yang memiliki 8 P-core dan 16 E-core serta thread sebanyak 32. Sedangkan seri H menghadirkan varian prosesor Intel Core tertinggi melalui Core i9-13900HK yang mempunyai 6 P-core dan 8 E-core serta thread sebanyak 20.

Sementara itu seri HX memiliki kecepatan maksimal performance core hingga 5,6Ghz dan seri H mencapai 5,4GHz. Seluruh perangkat dengan dukungan Intel Gen 13 juga turut mendapatkan sertifikasi platform Intel Evo yang memberikan beberapa keuntungan.

Mulai dari mendukung pengisian daya cepat, daya tahan baterai lama, instant wake, teknologi Intel Connectivity Performance Suite dan Intel Bluetooth LE Audio untuk pengalaman konferensi video yang lebih baik, hingga Intel Unison yang memungkinkan perangkat bisa terhubung ke perangkat Android dan iOS untuk melihat pesan teks, panggilan telepon, notifikasi telepon, dan transfer file.

Bersamaan dengan perilisan Intel Gen 13 di Indonesia, Intel juga turut memperkenalkan prosesor Intel Xeon  Gen 4 dengan nama lain Sapphire Rapids yang dirancang untuk data center modern, AI, cloud, jaringan dan edge, serta superkomputer.

 Intel-Xeon-Gen-4

Keunggulan dari prosesor Intel Xeon Gen 4 ini disebutkan mampu menghadirkan pengalaman keberlanjutan untuk lingkungan hidup seperti mengurangi emisi karbon.

Selain itu prosesor tersebut didukung kecerdasan buatan berupa software Suite AI yang memungkinkan para penggunanya bisa menggunakan fitur AI untuk meningkatkan produktivitas dan mempercepat pengembangan AI.

Prosesor tersebut juga menggunakan jaringan dengan performa tinggi, berlatensi rendah, dan beban kerja edge. Disamping itu menyediakan fitur-fitur seperti memori DDR5, PCle 5.0 dan Compute Express Link (CXL) 1.1, aplikasi untuk komputasi data center yang bernama Intel Software Guard Extensions (Intel SGX).

Tentang penulis

Ageng Wuri

Reporter Gadgetren yang aktif menulis seputar berita terbaru di dunia smartphone, tablet, IoT, laptop, hingga peralatan elektronik rumahan.

Tinggalkan Komentar