ASUS TUF Gaming FX507
Berita Tekno

Bos MediaTek Pamer Keunggulan Chip Barunya di Jakarta, Apa Saja?

MediaTek Pamer Keunggulan Chip Barunya

Gadgetren – Beberapa waktu lalu, perusahaan semikonduktor asal Taiwan yakni MediaTek datang ke Jakarta yang mana memperkenalkan chipset terbarunya untuk perangkat handphone, laptop Chromebook, dan Internet of Things (IoT).

Adapun chipset yang dipamerkan oleh MediaTek antara lain chipset Dimensity 9200+ untuk handphone, Kompanio untuk Chromebook, dan Genio untuk perangkat IoT.

Acara tersebut dihadiri oleh tiga petinggi MediaTek yakni Finbarr Moynihan selaku Vice President, Corporate Marketing, Chinlin Low selaku Technical Account Manager, APAC, dan Cedric Chang selaku Deputy Director of Corporate Sales, Southeast Asia.

Chipset terbaru untuk tiga varian perangkat berbeda yang dibawa MediaTek ini menawarkan keunggulannya masing-masing. Spesifikasi lengkap dari chipset tersebut bisa kamu simak melalui penjelasan di bawah ini.

Dimensity 9200+

 MediaTek-Media-Gathering-2

Bagi kamu yang belum tahu, Dimensity 9200+ merupakan penerus dari Dimensity 9200 yang telah mendukung perangkat vivo X90 Series. Chipset tersebut mempunyai Octa-Core yang melalui pemrosesan fabrikasi 4nm dengan kecepatan maksimal 3.35GHz.

Dukungan AI pada chipset ini menurut Finbarr Moynihan selaku Vice President, Corporate Marketin tak hanya meningkatkan kemampuan kamera untuk mengambil foto tetapi juga hasil video.

Dengan AI Processing Unit (APU 690) generasi ke-6, Dimensity 9200+ memiliki fitur AI-noise reduction dan AI-super resolution untuk mengoreksi gambar serta membuat video menjadi sinematik, serta bokeh.

Kemudian chipset Dimensity 9200+ didukung MediaTek Imagiq 890 yang merupakan prosesor sinyal gambar yang diklaim menghasilkan foto atau video lebih cerah dan tajam. Bahkan untuk mengambil dalam pencahayaan minim.

MediaTek-9200-spek

Selain itu memiliki fitur MediaTek MiraVision 890 yang disebutkan bisa menghadirkan kecepatan refresh adaptif dan pengurangan blur. Kemudian, mempunyai fitur HyperEngine 6.0 untuk mengoptimalkan pengalaman bermain game pengguna dengan yang digadang mampu mempertahankan frekuensi gambar tinggi dan meminimalkan latensi.

Tak hanya itu, fitur MediaTek 5G UltraSave 3.0 disebutkan bisa menghemat daya untuk penggunaan perangkat yang tahan lama pada kondisi di jaringan 5G. Chipset Dimensity 9200+ menggunakan modem 4CC-CA 5G Release-16 yang digadang bisa dengan lancar beralih antara frekuensi sub-6 GHz dengan mmWave.

Kompanio 

MediaTek-Kompanio-1380

Sementara chipset Kompanio yang dirancang untuk perangkat laptop jenis Chromebook. Prosesor Kompanio hadir dalam tiga segmen yang meliputi Kompanio seri 500 untuk kelas pemula, Kompanio seri 800 untuk menengah, dan Kompanio seri 1000 untuk premium.

Deretan prosesor Kompanio ini dikhususkan untuk perangkat laptop Chromebook tipis dan ringan yang menawarkan keunggulan berupa ketahanan baterai 1,9 kali lebih lama dari perangkat sejenisnya, terbuat dari bahan ramah lingkungan, diklaim menawarkan kinerja performa yang kencang untuk multitasking, dan mesin senyap.

Di tahun 2023, menariknya MediaTek akan melengkapi perangkat laptop Chromebook dengan prosesor Kompanio yang berkolaborasi dengan vendor lokal di  Indonesia dan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek). Vendor yang sudah MediaTek gandeng ialah Evercross, Advan Axioo, SPC, TSMID, dan Zyrex.

Genio 

MediaTek-Genio-700-EVK

Berbeda dengan dua chipset di atas, Genio merupakan chipset yang dirancang MediaTek untuk perangkat IoT yang ditujukan untuk pasar komersial. Chipset Genio menyajikan performa multi core yang sekaligus hemat daya.

Dengan dukungan pembaruan sistem operasi dan keamanan secara berkala, chipset Genio menjadi produk yang aman digunakan dalam jangka panjang. Fitur-fitur seperti menjangkau jaringan 5G, WiFi, APU Core, akselerasi AI, dan SDK Terpadu untuk mengurangi biaya pengembangan serta memungkinkan waktu pemasaran perusahaan yang lebih cepat.

Tentang penulis

Ageng Wuri

Reporter Gadgetren yang aktif menulis seputar berita terbaru di dunia smartphone, tablet, IoT, laptop, hingga peralatan elektronik rumahan.

Tinggalkan Komentar