Berita Tekno

MediaTek Kembali Pimpin Pangsa Pasar Chipset Handphone Global

MediaTek-Header.

Gadgetren – MediaTek kembali unggul melewati kompetitornya seperti Apple dan Qualcomm dalam pangsa pasar chipset handphone secara global menurut laporan terbaru Counterpoint.

Meskipun mampu mempertahankan posisinya, MediaTek sebetulnya mengalami penurunan pangsa pasar dari 40 persen menjadi 35 persen pada kuartal ketiga tahun 2022 dibandingkan kuartal yang sama tahun 2021.

Di sisi lain pada kuartal pertama tahun 2023, MediaTek juga tampaknya akan mempunyai kontribusi pengiriman besar di tingkat premium berkat chipset Dimensity 9200 yang bakal hadir pada handphone seri vivo X90 dan seri OPPO Find terbaru.

Sedangkan rival MediaTek yang sudah memegang pasar chipset global yakni Qualcomm mengalami pertumbuhan pangsa pasar pada kuartal tiga tahun 2021 dibanding kuartal yang sama tahun 2022 dari 27 persen ke 31 persen.

Qualcomm diprediksi akan berpeluang mengalami peningkatan pengiriman untuk segmen handphone premium berkat kerjasama dengan Samsung dalam menghadirkan handphone Galaxy S23 terbaru yang diperkirakan akan hadir di kuartal pertama tahun 2023.

 Counterpoint-Chipset-Global-Smartphone-

Kemudian, Apple di kuartal tiga tahun 2021 dibanding kuartal yang sama di tahun 2022 mengalami pengiriman pasar yang stabil dari 15 persen ke 16 persen. Berbeda dengan produsen handphone lainnya,  Apple kemungkinannya di kuartal empat tahun 2022 akan mendapatkan pangsa pasar yang besar berkat chip Bionic A16 pada model Pro seri iPhone 14.

Kondisi ekonomi makro global dan melemahnya pasar di Tiongkok kabarnya tidak mempengaruhi pengiriman handphone untuk model Pro seri iPhone 14 sehingga kedepannya pangsa pasar chipset Apple diperkirakan akan semakin baik.

Tinggalkan Komentar

1 Komentar