ASUS ZenBook Pro 14 Duo OLED UX8402
Berita Smartphone

Hands-On Redmi Note 12 Pro 4G – Punya Kamera Utama 108MP

Hands-On Redmi Note 12 Pro 4G

Gadgetren – Setelah menghadirkan Redmi Note 12 Pro 5G pada akhir Maret 2023, Xiaomi dikabarkan siap membawa varian lainnya yakni Redmi Note 12 Pro yang mendukung jaringan 4G.

Untuk menyambut kehadiran handphone kelas menengah tersebut yang akan dirilis pada tanggal 31 Mei 2023, Xiaomi pun mengundang tim Gadgetren untuk mencoba langsung Redmi Note 12 Pro dalam acara Hands-On secara offline di Jakarta.

Saya sendiri kebagian unit Redmi Note 12 Pro varian warna Glacier Blue yang memiliki kapasitas RAM 8GB dan penyimpanan 256GB. Pada kemasan boks di bagian belakang terdapat keterangan yang sangat jelas bahwa Redmi Note 12 Pro ini membawa spesifikasi yang berbeda dari saudaranya dengan jaringan 5G.

Ada empat fitur andalan yang ditawarkan handphone baru ini yakni kamera utama 108MP, baterai 5.000mAh dengan pengisian cepat 67W, panel AMOLED dengan refresh rate 120Hz, dan ditenagai chipset Qualcomm Snapdragon 732G.

Setelah sekilas membaca fitur-fitur yang menonjol, kemudian saya membuka segel plastik boks Redmi Note 12 Pro yang di dalamnya terdapat kertas ucapan terima kasih dari Xiaomi, panduan, casing transparan, kepala charger, dan kabel charger USB Type C.

Redmi Note 12 Pro terasa pas di tangan saya yang mungil ketika dipegang. Meskipun mengusung bingkai datar pada setiap sisinya dengan sudut melengkung tidak terasa tajam di telapak tangan saya.

Bodi belakang Redmi Note 12 Pro warna Glacier Blue ini memiliki tampilan yang cukup menarik perhatian saya karena warna birunya yang bisa berubah bergradasi dari muda ke tua ketika terkena pantulan cahaya lampu maupun sinar matahari.

Xiaomi-Redmi-Note-12-Pro-unboxing

Soal fotografi, varian 4G ini menggunakan susunan modul kamera yang berbeda dibandingkan versi 5G. Redmi Note 12 Pro menawarkan konfigurasi empat kamera belakang dengan kamera utama 108MP di mana tersemat paling atas.

Di samping kanan modul kamera belakangnya tersedia LED Flash untuk membantu pencahayaan tambahan ketika menangkap gambar di malam hari atau kondisi pencahayaan yang minim. Hasil jepretan kamera utama 108MP buat saya cukup memuaskan baik dengan bantuan AI maupun normal.

Xiaomi-Redmi-Note-12-Pro-Kamera-108-MP-AI

Kamera 108MP AI

Dengan bantuan AI pada pengaturan kamera utama 108MP hasil gambar menjadi terlihat lebih berwarna atau hidup sedangkan tanpa AI lebih tajam dan detail. Saya juga mengambil beberapa foto bunga flamboyan dengan mode portrait menggunakan kamera belakang yang hasilnya sangat fokus dengan latar belakang buram atau blur.

Selain itu, saya mencoba mengambil foto makro makanan yang hasilnya menurut saya masih kurang begitu detail. Ketika merekam video, menariknya saya bisa memilih kualitas resolusi rekaman video yang saya inginkan mulai dari 720 pada 30fps, 1080 pada 30fps, 1080 pada 60fps, hingga 4K pada 30fps.

Redmi-Note-12-Pro-Kamera-Belakang-Portrait

 Mode Portrait

Menurut saya hasil dari rekaman video 4K pada 30fps dengan Redmi Note 12 Pro dengan perbesaran hingga 2x menghadirkan kualitas yang stabil dan baik dibandingkan dengan perbesaran sudut lebar yang mana menurun dengan perubahan pencahayaan.

Perekaman video dengan Redmi Note 12 Pro juga didukung Optical Image Stabilization (OIS) yang akan membantu pengguna mengambil video minim guncangan sehingga pergerakan video bisa mulus. Fitur-fitur perekaman video seperti slow motion, time-lapse, dan long exposure juga tersedia di handphone ini.

Pengguna yang ingin memotret di malam hari juga bisa menggunakan mode malam yang tersedia khusus di aplikasi kamera Redmi Note 12 Pro. Apalagi bagi yang senang mengulik foto bisa menggunakan menu Pro untuk penyetelan fotografi secara manual.

Xiaomi-Redmi-Note-12-Pro-di-meja

Secara fisik, Redmi Note 12 Pro di bagian sisi atas menyediakan port 3.5mm jack audio untuk menghubungkan dengan headphone serta lubang speaker.

Pada sisi sebelah kanan tersedia tombol volume dan pemindai sidik jari yang sekaligus sebagai tombol power. Lalu di sisi bagian bawah, Redmi Note 12 Pro dibekali slot SIM Tray dan MicroSD, USB Type C, dan speaker.

Berselancar di layar Redmi Note 12 Pro dari halaman satu ke lainnya juga terbilang mulus dan cepat. Begitu pula dengan tampilan layar yang cerah dan bisa membuka lebih dari satu aplikasi serta berpindah ke aplikasi lain, membuat handphone ini tidak mengalami jeda atau patah-patah.

Tentang penulis

Ageng Wuri

Reporter Gadgetren yang aktif menulis seputar berita terbaru di dunia smartphone, tablet, IoT, laptop, hingga peralatan elektronik rumahan.

Tinggalkan Komentar